Sukses

Food

Pastry Chef Kevin Zwygart Ungkap Keberhasilan Membuat Croissant, Salah Satunya dengan Butter

Fimela.com, Jakarta Pastry asal Prancis, croissant memang sudah populer di dunia termasuk Indonesia. Kue yang biasanya berbentuk bulan sabit ini juga mudah ditemui di toko roti atau di cafe sebagai pendamping minum kopi dan teh.

Jika dilihat croissant memiliki bentuk yang berlapis di bagian luar dan kopong di dalamnya. Jika digigit, teksture pun terasa garing dan renyah. Dan biasanya croissant diisi dengan berbagai rasa seperti coklat atau hanya plain.

Nah, tahukan sahabat Fimela ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membuat croissant. Menurut Pastry Chef Kevin Zwygart, keberhasilan pembuatan croissant ada pada adonannya. Mulai dari pemilihan tepung yang high protein dan butter yang tinggi lemak.

"75 persen tingkat keberhasilan croissant ada pada adonannya. Resting time ssat mengadon penting sebelum diolah. Pastikan setiap lapisan adonan diolesin butter maka penting pemilihan butter saat membuat croissant, misalnya mempertahankan suhu butter di angka 11-13 derejat celcius," ujar Pastry Chef Kevin Zwygart dalam acara peluncuran Elle & Vire Professionnel Select Butter Sheet, di Jakarta (1/11).

Pilihan butter untuk croissant

Salah satu pilihan butter yang cocok untuk pasty termasuk croissant, ialah Elle & VireĀ® Professionnel Select Butter Sheet. Butter iniĀ mengandung 84% kadar lemak dibuat dengan susu premium yang ideal untuk membuat croissant, puff pastries, danish pastries dan aneka viennoiseries & feuilletages.

Dengan memiliki konsistensi aroma butter yang segar serta tingkat kelenturan dan tekstur yang sangat baik. Sehingga mempermudah chefs & professional pastry untuk bekerja dengan adonan dalam kondisi apapun. Hasil yang konsisten untuk seluruh ragam kreasi viennoiseries

Country Manager Savencia Indonesia, Nessy Meghayani mengatakan Elle & VireĀ® Professionnel Select Butter Sheet untuk membantu menjawab tantangan para pengusaha pastry, professional pastry chef dan bakers di Indonesia.

"Select Butter Sheet ini produk keenam dengan beratnya 2kg ditujuan untuk para pengusaha roti untuk laminating saat membuat croissant menggunakan mesin dough sheeter. Namun bisa juga lembaran butter dipotong-potong sesuai kebutuhan untuk produksi rumahan," ujar Nessy.

Namun, menurut chef Kevin akan lebih rumit bila produksi di rumah yang dilakukan biasanya manual.

Ā 

Dengan menggunakan Elle & VireĀ® Professionnel Select Butter Sheet, Chefs & professional pastry dapat membuat beraneka macam produk viennoiseries yang inovatif dan serbaguna, mulai dari croissant, puff pastries sampai galette de rois. Hasil viennoiseries akan terlihat mengembang dengan baik, cantik, dan konsisten dengan lapisan atas yang renyah saat digigit.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading