Sukses

Food

5 Resep Jamu Alang-Alang untuk Panas Dalam, Kolesterol dan Asam Urat

Fimela.com, Jakarta Minuman segar hangat maupun dingin di berbagai cuaca, sepertinya jamu alang-alang tidak pernah salah diminum kapan pun. Ada banyak manfaat kesehatan jika kita minum jamu alang-alang, seperti mengurangi nyeri sendi, meredakan panas dalam akibat makan makanan berminyak, menurunkan kolesterol hingga mengatasi asam urat dan menaikkan imun tubuh. Ada banyak resep jamu dengan bahan alang-alang yang mudah dicoba dan dibuat sendiri di rumah, enak diminum hangat maupun dingin. Yuk coba sekian resep ini di rumah!

1. Resep Jamu Alang-Alang Serai

Bahan:10 akar alang-alang2 batang serai2 cm kunyit500 ml airmadu secukupnya

Cara membuat:Cuci bersih alang-alang, serai dan kunyit. Iris tipis alang-alang, serai dan kunyit.Rebus dengan air hingga mendidih selama 10 menit.Jika aromanya sudah wangi, angkat.Saring ke dalam gelas, tambahkan madu secukupnya.Nikmati jamu alang-alang serai selagi hangat. Jika suka yang dingin, tunggu hingga suhu panasnya turun, tambahkan es batu secukupnya.

2. Resep Wedang Alang-Alang Jahe Secang

Bahan:

1 liter air10 buah akar alang-alang6 serut kayu secang2 lembar daun pandan4 cm jahe1 batang serai1 buah bunga lawang1 buah lemon/jeruk nipisgula secukupnyaCara membuat:Cuci bersih akar alang-alang, secang, serai, jahe, dan daun pandan.Iris tipis alang-alang, serai, jahe, dan daun pandan.Rebus air hingga mendidih, masukkan semua bahan termasuk kayu secang dan bunga lawang, kecuali gula dan jeruk lemon.Rebus jamu selama 10-15 menit. Angkat lalu saring ke dalam wadah gelas.Tambahkan gula atau madu dan sedikit perasan jeruk nipis.Nikmati jamu alang-alang secang selagi hangat. Simpan sisanya di kulkas, bisa dikonsumsi esok hari selagi dingin.

3. Resep Jamu Kunyit Asem Alang-Alang

Bahan:1 liter air100 g kunyit50 g jahe50 g asam jawa1 genggam alang-alang2 lembar daun sirih2 sdm gula merah gulapasir secukupnya

Cara membuat:Kupas kunyit dan jahe, parut atau iris tipis.Rebus air, masukkan kunyit, jahe, asam jawa, dan daun beluntas. Masak hingga mendidih selama 5 menit. Masukkan gula merah dan gula pasir, aduk hingga larut, angkat.Biarkan agar tidak terlalu panas, saring ke dalam gelas.Jamu kunyit asam beluntas siap dinikmati. Jika suka dingin, boleh tambahkan es batu secukupnya.

4. Resep Jamu Herbal Rempah

Bahan:5 cm jahe5 cm kunyit5 butir cengkeh5 butir kapulaga2 batang serai4 cm batang kayu manis1 sdt perasan jeruk nipisair secukupnyagula batu secukupnya

Cara membuat:Cuci bersih jahe, kunyit dan serai. Geprek dan iris tipis.Rebus air sekitar 500 ml hingga mendidih. Masukkan jahe, kunyit, serai, kapulaga, cengkeh dan kayu manis dan rebus selama 10 menit. Angkat.Tuang air rebusan sambil disaring ke dalam gelas.Tambahkan gula batu, aduk hingga larut. Sajikan.Nikmati jamu herbal rempah seduh yang hangat dan manis untuk menjaga kesehatan tubuh.

5. Resep Jamu Temulawak Alang Serai

Bahan:5 cm temulawak4 cm jahe3 cm kunyit1 genggam alang-alang2 batang serai

Cara membuat:1. Cuci bersih bahan-bahan. Parut temulawak, temu ireng, jahe dan kunyit.2. Masukkan alang-alang dan serai yang sudah digeprek ke dalam panci. Masukkan bahan parut. Tuang air hingga merendam bahan-bahan.3. Rebus hingga mendidih selama 10-15 menit, tambahkan gula merah secukupnya, aduk hingga larut dan mendidih lagi, angkat.4. Saring dan minum selagi hangat.

Itu dia sekian resep jamu herbal dari alang-alang yang cocok untuk meredakan panas dalam, kolesterol dan asam urat.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading