Sukses

Food

5 Jenis Teh Terbaik yang Dipercaya Bantu Turunkan Hipertensi

Fimela.com, Jakarta Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah kondisi medis yang membutuhkan perhatian serius. Ketika kondisi ini dibiarkan atau diabaikan begitu saja, ini bisa berpengaruh pada kesehatan tubuh secara menyeluruh. Hipertensi bisa meningkatkan risiko stroke dan jantung yang bisa sangat berbahaya serta mengancam jiwa. 

Mengutip dari laman healthline.com, melalui pola hidup sehat dan konsumsi makanan atau minuman tertentu secara rutin, dipercaya bisa bantu turunkan hipertensi secara perlahan. Salah satu minuman yang memiliki efek cukup mengesankan pada turunnya hipertensi adalah teh herbal. Kali ini ada beberapa jenis teh herbal terbaik untuk turunkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Adapun teh tersebut antaranya sebagai berikut. 

Teh Hijau

Teh terbaik pertama untuk turunkan hipertensi ada teh hijau. Teh hijau dikenal kaya akan antioksidan, terutama katekin. Nutrisi ini bisa membantu relaksasi pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Senyawa-senyawa yang terdapat dalam teh hijau membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah kerusakan pembuluh darah. Ini juga bermanfaat turunkan kolesterol bahkan gula darah tinggi dalam tubuh.

Teh Oolong

Teh oolong mengandung senyawa polifenol yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh oolong secara teratur, berkontribusi besar pada pengurangan tekanan darah pada individu yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Teh Hitam

Teh hitam juga mengandung polifenol dan flavonoid yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Senyawa-senyawa di dalam teh hitam telah dikaitkan dengan penurunan tekanan darah, terutama pada individu dengan tekanan darah tinggi. Konsumsi teh hitam secara rutin dengan porsi tepat bahkan dipercaya akan lebih bahagia, fokus dan awet muda.

Teh Kamomil

Teh kamomil tidak mengandung kafein dan telah terbukti memiliki efek menenangkan. Teh ini bisa membantu menurunkan tekanan darah secara perlahan tapi pasti. Konsumsi rutin teh kamomil akan membantu meredakan stres, yang sering kali berhubungan dengan peningkatan tekanan darah. Ini juga meningkatkan efek bahagia dalam diri dan semangat lebih baik.

Teh Hibiscus atau Teh Rosella

Teh hibiscus atau teh rosella telah ditemukan memiliki efek menurunkan tekanan darah. Senyawa-senyawa dalam teh hibiscus seperti flavonoid dan asam organik, membantu mengatur tekanan darah yang bisa membantu menurunkan hipertensi secara cepat dan tepat. 

Meskipun teh memiliki potensi untuk membantu menurunkan tekanan darah, penting untuk diingat bahwa pengobatan hipertensi seharusnya tidak hanya bergantung pada minuman teh saja. Konsultasikan dengan profesional medis sebelum membuat perubahan signifikan dalam pola minum atau jika kamu memiliki kondisi medis tertentu sebelumnya. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading