Sukses

Food

Rekomendasi Makanan Penurun Berat Badan Paling Cepat, Cocok Buat Menu Diet Sehat

Fimela.com, Jakarta Makanan penurun berat badan merupakan salah satu alternatif yang bisa dipilih jika kamu ingin diet tanpa perlu bersusah payah. Untuk mengurangi berat badan sendiri, kamu nggak perlu kok sampai diet ketat atau menahan lapar dalam jangka waktu lama. Sebab, cara mengurangi berat badan yang sehat sebenarnya bisa diterapkan mulai dengan mengubah gaya hidup sehari-hari, salah satunya dengan pilah-pilih makanan yang rendah kalori dan tinggi nutrisi.

Nyatanya ada banyak menu makanan diet yang sehat dan efektif bantu bikin tubuh lebih ramping. Beberapa di antaranya juga ada yang memiliki kandungan protein dan multivitamin yang tinggi, namun rendah kalori. Selain itu, makanan diet tanpa olahraga ini ada juga yang bisa langsung disantap tanpa perlu diolah dulu, lho. 

Namun, jika kamu ingin mengolahnya menjadi sebuah hidangan yang lebih enak dan maknyus, maka itu jadi pilihanmu. Cukup ingat saja, kalau mengkreasikan bahan-bahan tersebut untuk menu diet sehat juga perlu diperhatikan keseimbangan gizi dan takarannya. Jangan terlalu sedikit, tapi juga jangan berlebihan.

Teruntuk kamu yang sudah siap dan bertekad untuk diet, berikut beberapa rekomendasi makanan penurun berat badan dengan cepat yang bisa dicoba. Apa saja pilihannya?

1. Telur

Tinggi akan protein, punya lemak sehat, dan memiliki kalori yang relatif rendah, nggak heran jika para pejuang diet memilih telur sebagai salah satu makanan penurun berat badan. Memakan telur dengan nggak berlebihan ini dapat mendukung aktivitas diet yang kamu lakukan. Apalagi karena telur bisa membuat rasa kenyang bertahan dalam waktu yang cukup lama.

Menu makanan diet seperti telur pun juga bisa diandalkan untuk menambah massa otot buat kamu yang mau membentuk tubuh. Manfaat ini bisa didapatkan karena telur mengandung protein, asam amino leusin, asam lemak omega-3, fosfolipid, vitamin B, serta vitamin D. Meski begitu, nggak semua bagian telur bisa kamu konsumsi. Untuk membesarkan otot sendiri, biasanya bagian putih saja yang dianjurkan untuk disantap. 

Walaupun, telur merupakan bahan makanan diet paling ampuh, tapi kamu juga perlu berhati-hati saat menyantapnya. Pasalnya, terlalu sering dan banyak mengonsumsi telur ternyata juga berpengaruh terhadap peningkatan kolesterol. Maka dari itu, disarankan untuk membatasinya dengan jumlah sebanyak 2-3 butir telur per harinya. 

Lalu, perhatikan juga cara memasaknya. Akan lebih baik jika kamu merebus telur yang akan disantap. Selain itu, sebisa mungkin hindari proses memasak seperti digoreng atau menggunakan tepung, ya.

2. Sayuran Hijau

Selain telur, kamu juga bisa mencoba aneka ragam sayuran hijau sebagai pilihan menu diet sehat. Makanan penurun berat badan ini merupakan salah satu alternatif santapan aman dan efektif untuk merampingkan bentuk tubuh. 

Beberapa jenis sayuran hijau seperti kangkung, bayam, dan brokoli bahkan diketahui memiliki kandungan kalori dan karbohidrat yang rendah. Selain itu, sayuran berdaun hijau juga biasanya kaya akan mineral kalsium yang telah terbukti membantu proses pembakaran lemak tubuh. Di sisi lain, makanan diet sehat seperti sayuran hijau mempunyai kandungan serat yang cukup tinggi. Jadi kamu bisa makan dengan tenang dan kenyang dalam waktu yang lama, tanpa perlu takut gemuk.

Untuk saran pengolahannya sendiri, kamu bisa langsung menyantap sayuran hijau dengan menjadikannya sebagai salad atau bisa juga dijus. Namun, kalau hal tersebut masih sulit dilakukan, kamu bisa kok merebus aneka sayuran hijau yang dipilih dengan tambahan sedikit garam biar rasanya nggak terlalu hambar.

3. Dada Ayam

Rekomendasi makanan penurun berat badan selanjutnya adalah dada ayam. Menu makanan diet ini memang salah satu yang paling populer di kalangan pegiat diet. Bahkan, banyak para selebriti Korea Selatan yang sering melakukan aktivitas diet hanya dengan menyantap dada ayam saja.

Dada ayam dipilih sebagai makanan diet paling ampuh karena terdapat beberapa kebaikan yang terkandung di dalamnya. Misalnya saja seperti zat besi dan protein yang tinggi. Meskipun demikian, untuk mendapatkan khasiat dari dada ayam ini, kamu perlu memperhatikan proses pengolahannya.

Sebaiknya hindarilah memasak dada ayam dengan cara digoreng. Sebab, hal tersebut justru akan merusak keseimbangan gizi yang ada di dalamnya. Alih-alih begitu, kamu bisa merebus dada ayam dan tambahkan sedikit garam dan lada sehingga rasanya lebih enak. 

Namun, beberapa orang juga mencoba mengonsumsi dada ayam dengan cara membuatnya menjadi jus. Adapun, jus ini terdiri dari dada ayam yang sudah direbus sebelumnya, 1 potong pisang ambon, kopi bubuk, dan air dingin atau susu coklat cair low fat secukupnya. Meskipun terdengar aneh, namun resep ini dipercaya sangat ampuh untuk diet dan meningkatkan massa otot.

4. Salmon

Salmon menjadi rekomendasi makanan penurun berat badan selanjutnya. Sama seperti telur dan dada ayam, salmon memiliki kadar protein yang cukup tinggi. Kandungan protein yang ada di dalam ikan ini dinilai dapat mengendalikan hormon nafsu makan dan membantu membuat kamu lebih mudah merasa kenyang.

Selain itu, ikan salmon juga merupakan makanan rendah kalori. Bahkan sebuah studi mengungkapkan bahwa kandungan lemak omega-3 di dalam ikan ini dapat membantu mengurangi lemak di perut. Itulah mengapa, salmon kerap kali menjadi pilihan diet yang tepat buat banyak orang. 

5. Alpukat

Dalam memilih menu diet sehat, buah-buahan biasanya menjadi opsi wajib dipertimbangkan karena nutrisi yang terkandung di dalamnya serta kandungan lemak yang rendah. Misalnya saja seperti alpukat, yang mengandung asam oleat tak jenuh tunggal yang sehat bagi tubuh. Alasan mengapa alpukat menjadi makanan penurun berat badan adalah karena kandungan air dan serta di dalamnya yang bikin kamu jadi lebih cepat kenyang.

Bahkan menurut sejumlah penelitian, buah penurun berat badan diungkapkan bisa meningkatkan rasa kenyang sebanyak 26% dan mengurangi keinginan untuk makan sebanyak 40%. Oleh karena itu, para pejuang diet cenderung menggunakan alpukat untuk melengkapi menu makanan harian mereka.

6. Yogurt

Makanan penurun berat badan lainnya yang bisa dipilih yaitu yogurt. Produk susu ini kaya akan kandungan probiotik yang bagus buat kesehatan organ usus. Nah, usus yang sehat sendiri ternyata dapat melindungi tubuh dari kondisi peradangan dan resistensi leptin, yang mana keduanya mampu memicu hormon utama penyebab obesitas.

Di samping kaya akan probiotik, yogurt juga mengandung protein yang tinggi, misalnya saja seperti Greek yogurt. Manfaat dari produk olahan susu ini pun nggak hanya sampai di situ saja. Sebab, dalam yogurt sendiri terdapat kandungan asam yang bisa membuat tubuh kenyang lebih lama. Makanya, banyak banget yang menganggap bahwa yogurt merupakan menu makanan diet yang sehat dan tepat.

Untuk menjadikan yogurt sebagai makanan diet sehat, cobalah untuk memilih jenis yang berlemak tinggi untuk menurunkan risiko obesitas dan diabetes tipe 2. Ini karena yogurt dengan rendah lemak biasanya justru memiliki kandungan gula yang banyak, sehingga kurang tepat jika itu dijadikan sebagai menu untuk diet. 

7. Kentang Rebus

Meskipun sering dianggap sebagai makanan sederhana, namun kentang ternyata memiliki sejumlah khasiat yang baik buat tubuh, lho. Salah satunya yaitu menjadi menu diet sehat, karena kentang sendiri merupakan sumber karbohidrat yang lebih baik untuk menggantikan nasi putih.  

Makanan diet paling ampuh ini memiliki sejumlah nutrisi yang bisa berikan khasiat pada tubuh. Di antaranya seperti kalium, vitamin B1, vitamin B9, vitamin C, dan vitamin B6. Kalori pada kentang pun juga cukup rendah, sehingga menjadikannya sebagai makanan penurun berat badan dengan cepat yang bisa dipilih. 

Meskipun demikian, kamu juga perlu mempertimbangkan cara mengolah kentang yang baik. Alih-alih digoreng, sebaiknya masaklah kentang dengan cara direbus. Sebab, cara masak yang seperti inilah yang dianggap lebih sehat dan efektif untuk bantu proses diet. 

8. Gandum Utuh

Menu makanan diet selanjutnya adalah gandum utuh. Jenis biji-bijian ini memiliki kandungan serat dan protein yang cukup tinggi, sehingga sering dimanfaatkan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Nah, salah satu jenis gandum utuh yang bisa kamu coba sebagai makanan rendah kalori yaitu oat. Selain itu, kamu juga bisa memilih beras cokelat dan quinoa sebagai alternatif menu untuk menurunkan berat badan.

9. Pisang

Pisang menjadi salah satu buah yang bisa digunakan sebagai menu diet sehat. Sama seperti alpukat, buah ini juga memiliki serat yang tinggi dan kalori yang rendah. Di dalamnya pun juga terkandung berbagai macam nutrisi, misalnya seperti vitamin C dan B6, kalium, serta antioksidan yang baik menurunkan berat badan.

Untuk memanfaatkan buah penurun berat badan ini, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Pertama, kamu bisa makan langsung pisang tanpa tambahan bahan apapun. Kedua, kamu bisa membuatnya menjadi smoothie dengan campuran yogurt atau madu. Apapun yang metode yang kamu pilih, pastikan lakukan hal tersebut dengan tepat agar bahan alami satu ini bisa menjadi makanan diet sehat bagi tubuh.

10. Kacang-kacangan

Makanan rendah kalori yang terakhir yakni kacang-kacangan. Ini bisa kamu jadikan sebagai camilan sehat di tengah program diet yang dilakukan. Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan biji chia mengandung protein, serat, dan lemak sehat. Selain itu, jenis kacang-kacangan ini juga diketahui memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga sangat baik untuk dikonsumsi.

Namun, jika kamu ingin mencoba alternatif kacang yang lainnya, mungkin memilih kacang hijau atau kacang merah bisa menjadi solusinya. Kamu bisa memasaknya dengan menjadikannya bubur, dan tambahkan sedikit madu ke dalamnya. Berbagai kacang-kacangan tersebut diyakini dapat memberikan rasa kenyang lebih lama dan memberikan energi secara bertahap. Konsumsi makanan diet pemula itu dalam porsi yang seimbang untuk mendukung diet sehat.

Perlu diingat, selain memilih makanan penurun berat badan tepat, penting juga untuk menjaga porsi makan, mengonsumsi air yang cukup, dan menghindari makanan olahan dan tinggi gula. Kombinasi antara pola makan sehat dan aktivitas fisik yang teratur akan membantu kamu mencapai tujuan penurunan berat badan dengan lebih efektif dan berkelanjutan. Sebelum mengubah pola makan atau memulai program diet baru, disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan atau ahli gizi. Jangan lupa dipraktikkan dan semoga bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading