Sukses

Food

3 Cara Mengukus kue agar Permukaan Tidak Bergelombang

Fimela.com, Jakarta Terkadang ketika membuat kue kukus, salah satu masalah yang sering dialami banyak orang adalah permukaan kue yang bergelombang. Hal ini terjadi karena berbagai alasan, yang paling sering adalah kue terkena tetesan air dari tutup kukusan sehingga menjadi kurang indah dilihat, meskipun rasanya tetap enak dimakan. Ini cara mengukus kue agar permukaannya tidak bergelombang.

1. Lapisi tutup kukusan dengan kain

Masalah utama kue menjadi bergelombang adalah terkena tetesan air dari kukusan. Solusinya adalah membungkus tutup kukusan dengan kain kering, umumnya kain lap dapur. Selama proses pengukusan, jangan dibuka tutup agar uap airnya tidak menetes. Cara mengangakat tutup kukusan saat kue dirasa sudah matang juga berbeda, jangan dimiringkan. Angkat dalam posisi datar, sama dengan bibir kukusan. Jika tutup diangkat dengan memiringkannya, berisiko air akan menetes.

2. Adonan jangan terlalu cair

Agar permukaan kue tidak bergelombang, pastikan takaran airnya tidak kebanyakan. Beberapa kue cenderung menjadi bertekstur gelombang ketika sudah matang karena adonan terlalu cair. Jadi pastikan mengikuti resep yang tepat sehingga kue tidak bergelombang bagian atasnya dan tidak gampang hancur. Kue yang tidak terlalu basah akan cenderung mengembang cantik dan padat, tidak bergelombang.

3. Tutupi dengan alumunium foil

Jika adonan bukan tipe yang akan mengembang, boleh menutupi permukaan loyang dengan amumunium foil untuk mencegah tetesan air jatuh di atas kue. Jika kue tipe yang mengembang, sebaiknya gunakan cara pertama, seperti ketika membuat bolu kukus atau roti kukus tradisional. Menggunakan alumunium foil juga lebih diminati karena tidak harus hati-hati saat mengangkat tutup kukusan.

Itu dia cara mengukus kue agar permukaannya tidak bergelombang.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading