Sukses

Food

Bahan-Bahan Dapur Bisa Jadi Obat Demam Paling Ampuh

Fimela.com, Jakarta Demam merupakan respons tubuh terhadap infeksi atau penyakit, yang ditandai dengan peningkatan suhu tubuh hingga lebih dari 38 derajat celcius. Gejala demam dapat mencakup tubuh yang terasa panas dan menggigil. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti infeksi virus atau bakteri, peradangan, atau bahkan reaksi terhadap obat-obatan tertentu. 

Mengatasi demam biasanya dilakukan dengan minum obat-obatan medis dan mendapat pertolongan dari dokter. Akan tetapi, bahan-bahan alami yang ada di dapur juga dapat membantu meredakan gejala demam dan mendukung proses penyembuhan. 

Berikut bahan-bahan dapur yang dapat mengatasi demam seperti dirangkum dari berbagai sumber pada Rabu (6/12/2023).

Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri. Mengutip buku Healing Foods oleh DK Publishing, bawang putih yang termasuk dari anggota allium memiliki senyawa diallylsulfides yang bersifat antibakteri dan antijamur.

Bawang putih juga bersifat hangat sehingga dapat menurunkan demam tinggi dengan meningkatkan keringat. Cara mengonsumsi bawang putih untuk mengobati demam adalah dengan menghancurkan 1 siung bawang putih dan tambahkan ke dalam 1 cangkir air panas. Diamkan selama 10 menit, lalu saring. Minum ramuan ini dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Teh Jahe Madu

Melansir dari Netmeds, jahe bersifat anti-inflamasi, antioksidan dan analgesik. Jahe mampu meredakan dan mengurangi gejala demam akibat virus dengan kandungannya. Sementara itu, madu dengan sifat antimikroba yang kuat membantu mengurangi infeksi dan mengobati batuk. 

Untuk membuat teh jahe dan madu dapat dilakukan dengan merebus satu sendok teh jahe parut dalam secangkir air selama 2-5 menit. Kemudian, saring ramuan dan tambahkan satu sendok teh madu. Teh jahe madu dapat diminum dua kali sehari untuk meredakan demam akibat virus.

Daun Ketumbar

Menurut The Complete Book of Ayurvedic Home Remedies yang ditulis oleh Dr. Vasant Lad, daun ketumbar juga bisa menjadi obat alami demam. Segenggam daun ketumbar diblender hingga halus dengan sekitar 1/3 cangkir air hingga halus. Setelah diblender hingga halus, saring dan minum cairan tiga kali sehari sebanyak dua sendok teh untuk membantu menurunkan demam.

Air Beras

Mengutip Netmeds, air beras atau air tajin adalah obat rumahan yang dikenal untuk mengobati infeksi virus. Air beras akan mendetoksifikasi sistem dan membersihkan racun dari dalam tubuh sehingga membantu mengobati demam akibat virus. Minumlah segelas air beras atau kanji saat perut kosong untuk meredakan demam.

Lada Hitam

Lada hitam banyak digunakan dalam Ayurveda, pengobatan tradisional India, karena khasiatnya yang luar biasa untuk penyembuhan. Lada hitam kaya akan sifat antibakteri dan antibiotik yang kuat. 

Selain itu, lada hitam juga memiliki kandungan Vitamin C yang melimpah. Lada hitam membantu membangun sistem kekebalan tubuh yang kuat dan mencegah penyakit. Untuk mengonsumsi lada hitam sebagai obat demam, rebus secangkir air dan tambahkan 1 sdt lada hitam yang telah dihaluskan serta masukkan beberapa lembar daun tulsi. Ramuan ini akan melawan demam akibat virus.

Apa Obat Penurun Panas Alami?

Untuk menurunkan panas secara alami, perbanyak istirahat dan kompres dengan air hangat pada bagian tubuh yang terasa panas. 

Minum Apa Agar Demam Cepat Turun?

Penderita demam tinggi dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih atau cairan elektrolit agar hidrasi tubuh tetap terjaga. Selain air mineral, kebutuhan cairan tubuh juga bisa tercukupi melalui minuman dan makanan hangat. 

Apakah Minyak Kayu Putih dan Bawang Merah Bisa Menurunkan Panas?

Ketika anak mengalami demam, bawang merah yang dicampur dengan minyak bisa mengobati demam. Bawang merah bisa menjadi obat penurun panas anak dengan cara mencampurnya dengan minyak, baik minyak telon atau minyak kayu putih.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading