Sukses

Food

Bahan-Bahan Dapur Bisa Jadi Obat Diare Paling Ampuh

Fimela.com, Jakarta Diare merupakan masalah pencernaan umum yang dapat mempengaruhi kesehatan sehari-hari. Diare ditandai dengan buang air besar (BAB) encer lebih dari tiga kali sehari.  Meskipun diare biasanya dianggap sebagai kondisi ringan, tetapi diare dapat menjadi sumber ketidaknyamanan dan menyebabkan dehidrasi jika tidak ditangani dengan baik. 

Mengatasi diare dapat dilakukan secara mandiri, meskipun dalam beberapa kondisi diperlukan pertolongan dokter. Upaya untuk mengatasi diare secara mandiri dapat dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan dapur yang mudah didapatkan. 

Berikut adalah bahan-bahan dapur yang ampuh mengobati diare seperti dirangkum dari berbagai sumber pada Rabu (6/12/2023)

Jahe dan Madu

Melansir dari Manipal Hospitals, jahe dan madu merupakan dua bahan yang dapat mengatasi diare. Jahe dengan sifat anti-inflamasi dapat membantu menenangkan sakit perut dan mengurangi kram. Sementara itu, madu memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu memerangi penyebab diare. 

Jahe dan madu sebagai obat alami diare dapat dikonsumsi dengan cara menyeduh jahe parut segar dalam air panas. Tambahkan satu sendok teh madu untuk menambah rasa manis. 

Air Mint dan Lemon

Perpaduan mint dan lemon juga ampuh untuk meringangkan gejala diare. Mint memiliki aroma yang menyegarkan dan lemon dengan sifat antispasmodik alaminya mampu meringankan gejala diare. Hal ini dapat membantu mengendurkan otot-otot di saluran pencernaan sehingga mengurangi kram. Cara membuat air mint dan lemon juga cukup mudah. Cukup masukkan segenggam daun mint segar ke dalam stoples dan tambahkan irisan lemon dengan sedikit air.

Air Kelapa

Saat diare menyerang, tubuh akan kehilangan banyak cairan dan elektrolit atau dehidrasi. Oleh karena itu perlu meminum cairan yang dapat menghidrasi tubuh untuk membantu mengisi kembali elektrolit yang hilang. 

Air kelapa mengandung mineral penting seperti kalium, natrium, dan magnesium. Air kelapa efektif untuk mengatasi dehidrasi. Minum air kelapa sedikit demi sedikit sepanjang hari untuk tetap terhidrasi dan membantu pemulihan.

Cuka Apel

Cuka apel juga mampu untuk mengatasi diare karena proses fermentasi dalam membuat cuka apel menghasilkan senyawa pektin. Melansir dari Siloam Hospitals, senyawa tersebut akan memicu pertumbuhan bakteri baik di dalam usus yang dapat melancarkan sistem pencernaan dan meredakan peradangan usus akibat diare. 

Pengolahan cuka apel untuk obat diare sangat mudah. Tambahkan 2 sendok cuka apel ke dalam segelas air putih dan tambahkan sedikit madu supaya tidak terlalu asam. Aduk hingga merata dan larutan siap diminum

Pisang

Pisang sangat dianjurkan untuk dikomsumsi saat diare menyerang. Buah yang sangat mudah didapatkan ini mengandung banyak senyawa pektin dan serat yang mampu menyerap banyak cairan dalam usus.Dengan kandungannya itu, mengonsumsi pisang saat mengalami diare akan membantu mencegah kram perut dan membuat tekstur feses menjadi lebih padat.

Apa Obat Alami Sakit Perut Mencret?

Beberapa bahan alami seperti teh jahe, teh chamomile, cuka apel, pisang, dan kayu manis direkomendasikan sebagai obat mengatasi diare secara alami.

Daun Apa yg Bisa Menghentikan Diare?

Daun jambu biji sudah cukup lama dikenal dan sering digunakan di berbagai belahan dunia untuk mengatasi diare. Mengonsumsi ekstrak daun jambu biji bisa membantu meredakan gejala diare.

Minuman Apa yang Bisa Menghentikan Mencret?

Oralit merupakan minuman untuk menghentikan diare yang mengandung glukosa dan elektrolit, termasuk natrium dan kalium. Oralit mudah diserap saluran pencernaan sehingga mampu mengembalikan cairan tubuh dengan cepat. Sebaiknya oralit diminum sesuai petunjuk atau mengikuti saran dokter.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading