Sukses

Food

Bahan-Bahan Dapur Bisa Jadi Obat Rambut Rontok Paling Ampuh

Fimela.com, Jakarta Rambut rontok adalah masalah umum yang dapat memengaruhi kepercayaan diri dan kesehatan kulit kepala. Rambut rontok dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk ketidakseimbangan hormon, kurangnya nutrisi yang tepat, stres, dan penggunaan produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia keras.

Untuk menghentikan rambut rontok yang terus menerus terjadi, perlu mencari cara mengatasi supaya rambut tidak rontok lagi. Bahan alami yang dapat ditemukan di dapur ternyata dapat membantu mengatasi masalah rambut rontok. 

Berikut adalah cara mengatasi rambut rontok dari bahan-bahan dapur yang dirangkum dari berbagai sumber pada Rabu (6/12/2023)

Minyak Kelapa

Mengutip PharmEasy, minyak kelapa merupakan salah satu obat kuno di India untuk mengobati rambut rontok. Minyak kelapa bertindak sebagai kondisioner dan mencegah hilangnya protein dari rambut sehingga rambut menjadi berkilau. 

Minyak kelapa juga mencegah kerusakan pada rambut dan mendorong pertumbuhan kembali rambut. Penggunaan minyak kelapa sebagai obat rambut rontok dapat diaplikasikan pada rambut secara langsung dan dioleskan ke kulit kepala.

Lidah Buaya

Lidah buaya mengandung protein kompleks yang mirip dengan keratin, protein yang membentuk rambut. Kandungan tersebut efektif dalam memperkuat folikel rambut, sehingga mencegah kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Selain itu, lidah buaya juga mampu melawan ketombe dan melembabkan rambut. 

Penggunaan lidah buaya sebagai obat rambut rontok dapat dioleskan dan dibiarkan di rambut. Alternatif lainnya adalah dengan dipijat atau disemprotkan untuk bekerja sebagai kondisioner.

Bawang Putih

Selain berguna sebagai bumbu masakan, bawang putih juga efektif untuk pertumbuhan kembali rambut. Cara mengolahnya adalah dengan menghancurkan bawang putih dan mencampurkannya bersama yoghurt sebelum mengoleskannya ke kulit kepala. Selain itu, dapat juga menggunakan minyak bawang putih untuk dioleskan pada kulit kepala.

Lemon

Melansir Healthline, jus lemon segar atau minyak lemon terbukti dapat meningkatkan kualitas dan pertumbuhan rambut. Minyak lemon bisa membantu menjaga kesehatan kulit kepala dan memicu pertumbuhan rambut. Cukup oleskan jus lemon segar ke kulit kepala dan rambut 15 menit sebelum keramas. 

Minyak Zaitun

Minyak zaitun sudah terkenal sebagai obat alami untuk rambut rontok. Kandungan vitamin E dan K yang tinggi dalam minyak zaitun membantu memperbaiki dan memperkuat rambut. Minyak zaitun juga melindungi rambut dari faktor eksternal yang keras, utamanya sinar matahari.

Tak hanya itu, minyak zaitun mampu melembabkan dan menutrisi rambut,  juga memperbaiki kulit kepala. Cara menggunakannya pun sangat mudah, hanya perlu mengoleskan beberapa tetes minyak zaitun pada rambut dan pijat dengan lembut selama lima belas menit.

Biar Rambut Ga Rontok Pakai Apa?

Minyak zaitun mampu mengatasi rambut rontok. Selain itu, menjaga pola hidup sehat dan jangan terlalu sering keramas juga akan membantu mencegah kerontokan rambut.

Rambut Rontok Disebabkan oleh Apa?

Rambut rontok dapat diakibatkan karena kurangnya konsumsi vitamin B. Kurangnya mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B akan berdampak pada kekuatan rambut sehingga jadi mudah rontok. Selain itu, pertumbuhan rambut juga menjadi terhambat.

Berapa Kali Keramas agar Rambut Tidak Rontok?

Keramas setiap hari bukanlah hal yang tepat bagi pemilik rambut rontok. Terlalu sering keramas menyebabkan rambut jadi lebih rapuh dan mudah rontok. Sehingga, waktu keramas yang ideal bagi pemilik rambut rontok adalah 2-3 hari sekali.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading