Sukses

Food

Cara Praktis Menghilangkan Rasa Pahit Pada Sayur Pare

Fimela.com, Jakarta Sayur pare menjadi salah satu sayuran yang bisa dengan mudah kita temukan di sekitar kita. Meski memiliki cita rasa pahit yang kuat, sayur pare nyatanya menjadi salah satu sayur favorit banyak orang. Sayur pare paling umum diolah menjadi masakan tumis. Ditumis bersama telur, ikan teri atau udang, ini bisa jadi sajian yang begitu menggugah selera. 

Mengingat pare adalah sayur dengan cita rasa yang sangat pahit, kita harus mengolahnya dengan cara yang tepat untuk mengurangi atau menghilangkan rasa pahit tersebut. Lantas, bagaimana untuk menghilangkan rasa pahit berlebih pada sayur pare? Mari simak yang berikut ini.

Pemilihan Pare yang Tepat

Hal pertama agar pare yang kita masak tak terlalu pahit yakni pada pemilihan pare. Usahakan memilih pare yang masih muda, ukurannya sedang dan warnanya hijau segar. Pare yang sudah terlalu tua atau matang, berukuran terlalu besar dan berwarna kekuningan, ini rasanya justru lebih pahit. Semakin tua pare, banyak yang percaya jika rasanya akan semakin getir dan pahit.

Manfaatkan Garam

Rasa pahit pada pare juga akan cukup berkurang saat kita mengolahnya dengan tepat. Salah satu cara pengolahannya yakni dengan memanfaatkan garam. Pare yang sudah dipotong-potong sebaiknya beri taburan garam secukupnya. Diamkan beberapa saat kemudian remas-remas sampai mengeluarkan air yang cukup banyak. Cuci bersih pare yang telah diremas dengan garam. Usahakan agar mencuci pare ini di bawah air mengalir. Peras lagi pare yang telah dicuci.

Rendam dengan Air Panas

Cara selanjutnya untuk mengurangi rasa pahit pare adalah dengan merendamnya dengan air panas. Diamkan sampai air dingin kemudian cuci bersih dan peras airnya. Cara ini bisa terbilang sangat sederhana namun cukup ampuh menghilangkan rasa pahit berlebih pada sayur pare. 

Olah dengan Bumbu dan Bahan Lainnya

Pare yang diolah bersama bumbu dan bahan lain akan memiliki rasa pahit yang cukup berkurang. Biasanya bumbu pedas bisa menetralkan rasa pahit berlebih pada pare. Sementara bahan lain yang bisa dimasak dengan pare antaranya ikan teri, telur, daging dan udang. Ini sesuai selera masing-masing. 

Itulah sekian cara mudah mengolah sayur pare agar cita rasanya tak terlalu pahit. Semoga cara ini bermanfaat dan selamat mencobanya. Jadi, tak ada alasan untuk menolak kelezatan sayur pare hanya karena cita rasa pahitnya ya?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading