Sukses

Food

Tanpa Daun Jeruk atau Pandan, Cara Simpan Beras Seperti Ini Anti Kutu dan Bau Apek - Cuma Pakai 1 Bahan Dapur

Fimela.com, Jakarta Beras merupakan sumber karbohidrat utama yang memiliki peran krusial dalam asupan gizi masyarakat Indonesia. Beras juga terdiri beragam jenis, seperti beras putih, merah, dan beras ketan, yang memiliki kegunaan dan keunggulan nutrisi masing-masing. 

Sebagai bahan makanan yang digunakan terus menerus, beras perlu disimpan dengan baik supaya tidak berkutu dan apek. Kualitas penyimpanan beras berhubungan langsung dengan kesehatan dan kebersihan makanan yang kita konsumsi. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengetahui cara menyimpan beras agar terhindar dari serangan kutu dan kelembapan yang dapat menyebabkan beras menjadi apek.

Biasanya, daun jeruk dan pandan menjadi senjata ampuh untuk menghindarkan beras dari kutu. Namun, ada kalanya kita tidak memiliki kedua bahan tersebut. Nah, sebagai alternatif lain, bisa mencoba metode yang dibagikan oleh @annepermata di TikTok. 

Cara yang dibagikannya menggunakan satu bahan dapur saja. Simak langkah-langkahnya seperti yang telah dirangkum pada Jumat (15/12/2023). 

Langkah Pertama

Cuci tempat penyimpanan beras dengan sabun dan air mengalir. Keringkan wadah untuk menyimpan beras hingga tidak ada air yang tersisa dan tidak lembap. Pastikan wadah benar-benar kering, jika sudah tuangkan beras yang akan disimpan ke dalam wadahnya.

Langkah Kedua

Masukkan beberapa lembar daun salam yang masih segar ke dalam wadah penyimpanan beras. Pemilik video mengatakan daun salam bisa diletakkan di atas atau pun disebar hingga ke bagian dalam beras. Setelah itu, tutup wadah penyimpanan dengan rapat. Letakkan di tempat yang kering dan teduh. 

Aroma Daun Salam yang Ampuh Usir Kutu

Melansir dari seriouseats.com, daun salam mempunyai aroma khas yang berasal dari unsur kimia bernama eugenol. Aroma khas dari daun salam ini sangat kuat dan tidak disukai kutu, sehingga beras yang disimpan akan terhindar dari kutu dan bau apek. 

Bahkan, aroma daun salam ini masih tetap kuat meskipun daunya sudah mulai kering dan tidak terlalu hijau lagi. 

Apakah Beras Merah Mengandung Zat Besi Tinggi?

Beras merah tidak hanya berfungsi sebagai sumber utama karbohidrat, melainkan juga mengandung protein, serat, beta karoten, dan zat besi dengan jumlah yang jauh lebih signifikan dibandingkan dengan beras putih.

Apakah Beras Mengandung Kalsium?

Beras putih memiliki beberapa unsur gizi, yang mencakup protein, karbohidrat, energi, kalsium, natrium, dan zat besi.

Berapa Lemak yang Terkandung dalam Nasi?

Dalam satu porsi nasi putih terdapat 2 persen lemak, 89 persen karbohidrat, dan 9 persen protein.

Beras Apa yang Tidak Mengandung Gula?

Beras hitam tidak mengandung gula. Walaupun memiliki tingkat karbohidrat yang tinggi, beras ini dicerna secara perlahan dan tidak menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading