Sukses

Food

Sering Ditemukan di Dapur, Makanan-Minuman Ini Tanpa Disadari Bisa Memicu Darah Tinggi

Fimela.com, Jakarta Darah tinggi atau hipertensi adalah kondisi medis ketika tekanan darah dalam arteri tubuh meningkat melebihi batas normal atau melebihi 140/90 mmHg. Kondisi ini dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius, termasuk penyakit jantung, stroke, dan gangguan organ lainnya. 

Faktor penyebab darah tinggi meliputi gaya hidup yang tidak sehat, seperti kebiasaan merokok, kurangnya aktivitas fisik, dan pola makan yang tidak seimbang. Selain itu, pola makan dan minum memiliki dampak langsung pada tekanan darah. 

Beberapa jenis makanan dan minuman dapat memicu peningkatan tekanan darah. Oleh karena itu, penting bagi individu dengan risiko darah tinggi atau yang sudah menderita hipertensi untuk menjaga pola makan yang sehat dan membatasi konsumsi makanan dan minuman yang dapat memperburuk kondisi tekanan darah tinggi. 

Berikut adalah makanan dan minuman yang mampu memicu darah tinggi, dirangkum pada Selasa (19/12/2023). 

Gorengan

Menjadi kudapan kesukaan banyak orang, makanan satu ini bisa menyebabkan darah tinggi. Gorengan mengandung lemak trans dan kolesterol tinggi yang dapat memicu peningkatan tekanan darah serta menumpuknya plak pada pembuluh darah. 

Apabila pembuluh darah tersumbat, jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah. Kondisi tersebut yang memperbesar risiko tekanan darah tinggi. 

Daging Merah

Daging sapi, kambing, atau pun domba merupakan salah satu sumber protein hewani. Meskipun begitu, konsumsinya harus dibatasi. Konsumsi daging merah yang berlebihan akan memicu naiknya tekanan darah karena bahan-bahan makanan ini mengandung kolesterol dan lemak.

Makanan Manis

Makanan manis seperti kue kering dan aneka kue ternyata juga dapat meningkatkan risiko darah tinggi. Olahan makanan manis biasanya menggunakan gula dan zat pemanis lainnya. 

Konsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan asam urat di dalam darah dan menyulitkan produksi oksida nitrat (NO). Senyawa tersebut berfungsi merawat kesehatan pembuluh darah.

Kopi

Kopi jika diminum secara normal memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, bahkan minuman ini disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita darah rendah. Namun, apabila kopi diminum secara berlebihan, manfaat baiknya akan hilang dan justru meningkatkan tekanan darah karena kandungan kafeinnya. 

Minuman Soda

Kandungan gula dan kalori yang terdapat di minuman bersoda menjadi salah satu pemicu naiknya tekanan darah. Selain itu, minuman bersoda dapat meningkatkan risiko penyakit diabetes dan obesitas dalam jangka panjang. 

Apakah Makanan Manis Bisa Menaikkan Tensi Darah?

Mengonsumsi makanan asam dan asin, serta makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi, telah terbukti mampu memicu peningkatan tekanan darah atau hipertensi.

Apakah Darah Tinggi Tidak Boleh Minum Manis?

Seringnya mengonsumsi minuman manis dapat berbahaya bagi penderita hipertensi. Minuman dengan kandungan gula yang tinggi bisa merangsang produksi kolesterol jahat dan berisiko munculnya diabetes dan penyakit jantung.

Apakah Kecap Manis Aman untuk Darah Tinggi?

Penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi harus  membatasi konsumsi kecap manis dan bahan makanan lain yang mengandung natrium. Adapun batas aman konsumsi natrium yang disarankan, yaitu sebanyak 1.500–2.300 mg per hari.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading