Sukses

Food

Susu Kental Manis Bukan Susu, Benarkah? Cek Manfaatnya!

Fimela.com, Jakarta Susu kental manis (SKM), produk yang satu ini jelas sudah nggak asing lagi kan? Bagi para foodies, susu kental manis memang familiar banget digunakan untuk melezatkan berbagai makanan favorit. Misalnya menjadi bahan yang melezatkan berbagai hidangan seperti kolak hingga bubur tradisional, disajikan bersama roti tawar sebagai menu sarapan, atau topping martabak manis yang istimewa. Sayangnya, isu tentang susu kental manis bukan susu masih sering bikin banyak orang salah paham. 

Perdebatan terkait SKM memang sering memancing pro dan kontra dalam masyarakat terkait kegunaan produk yang satu ini. Jadi apakah benar kalau susu kental manis bukan susu? Cek dulu beragam manfaatnya! 

Mitos dan Fakta Seputar Susu Kental Manis

Susu kental manis bukan susu ternyata hanya isu tidak benar. Penjelasan tentang SKM sendiri bisa disimak lewat penjelasan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI yang menyatakan bahwa produk ini merupakan subkategori susu, bahkan regulasinya bisa ditemukan dalam Perka BPOM Regulasi No 21 Tahun 2016. 

Faktanya, peraturan tersebut menjelaskan bahwa susu kental manis adalah produk susu yang diproses dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga mencapai tingkat kekentalan tertentu. Inilah yang membuat SKM memiliki tekstur lebih kental bila dibandingkan dengan produk susu lainnya.

Komposisi dan Nutrisi dalam Susu Kental Manis

Komposisi susu kental manis melibatkan susu segar dan gula yang takarannya sudah sesuai dengan regulasi yang berlaku. Sebagai salah satu produk pangan, proses pembuatannya juga diawasi oleh BPOM sesuai dengan standar Codex Alimentarius yang diatur dalam Peraturan BPOM Nomor 34 Tahun 2019 tentang kategori pangan. 

Jika flashback pada sejarah pembuatannya, gula ternyata bekerja sebagai pengawet alami karena dapat menjadi penghambat pertumbuhan bakteri. Teknik pembuatannya juga berkembang dari masa ke masa yang diawali dari sebuah penemuan sederhana oleh Nicholas Appert pada tahun 1820. 

Dengan zaman yang semakin berkembang, kini proses pembuatan susu kental manis telah menggunakan mesin berteknologi tinggi. Hal ini bertujuan untuk menjaga kandungan nutrisi di dalamnya. 

Sementara itu, susu kental manis sendiri memiliki kandungan zat gizi makro seperti protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral yang bisa menjadi asupan nutrisi tubuh sehari-hari. Dari penjelasan di atas, bisa diambil kesimpulan nih kalau susu kental manis bukan susu biasa karena memiliki tekstur lebih kental bila dibandingkan kategori susu lainnya. 

Kandungan nutrisi dan komposisi tersebut biasanya bisa ditemukan dalam label kemasan produk yang ada di pasaran. Nah, perlu diketahui juga cara memilih produk SKM yang tepat dan memiliki kualitas baik. Secara umum, produk ini terbagi atas susu kental manis sachet, kaleng, dan pouch. Tinggal pilih saja mana yang sesuai dengan kebutuhan dan kemudahan dalam menyimpan. 

Jangan lupa untuk selalu mencermati kondisi kemasan. Pastikan yang masih utuh, tertutup rapat, dan tidak menggembung karena menjadi tanda kualitas dan cita rasa yang tetap terjaga. Cek juga ketika dibuka, pastikan aromanya khas dan memiliki tekstur yang kental. 

Manfaat dan Kegunaan Susu Kental Manis dalam Masakan

Kaum urban masa kini dengan gaya hidup aktif dari pagi hingga malam membutuhkan asupan kalori yang cukup untuk membantu aktivitas harian mereka. Jadi, penting untuk mempersiapkan energi lewat asupan sehari-hari yang tepat. Misalnya lewat menu sarapan atau camilan dari susu kental manis yang menemani aktivitasmu. 

Jadi, saatnya nikmati manfaat susu kental manis yang mengandung berbagai kandungan nutrisi dan komposisi yang diperlukan tubuh. Sebagai informasi, kalori susu kental manis adalah sekitar 130kkal dalam 1 porsi penyajian per sasetnya. Jumlah ini tentunya menjadi takaran yang ideal untuk menambah cadangan energi dalam tubuh. 

BPOM sendiri juga menyarankan konsumsi susu kental manis sebagai topping makanan favorit. Jadi, susu kental manis bukan susu yang diminum langsung, melainkan untuk melezatkan kreasi makanan di rumah. Seperti menjadikannya topping dalam menu roti bakar atau berkreasi dengan resep bolu susu kental manis yang bisa menjadi camilan lezat penambah energi. 

Resep Kreatif dengan Susu Kental Manis

Ada banyak resep kreatif dengan susu kental manis yang bisa menambah kelezatan makanan keluarga. Yuk, intip satu per satu rekomendasi menu sarapan lezat dengan SKM berikut ini!

1. Jasuke (Jagung Susu Keju)

Jagung menjadi bahan makanan mengandung karbohidrat yang bisa memberikan asupan kalori untuk tubuh. Jadi, cocok banget disajikan sebagai menu sarapan sehari-hari. Dikombinasikan dengan susu dan keju, kandungan nutrisinya pun makin lengkap. Yuk, cobain resep praktis berikut ini!

Bahan-bahan:

500 gr jagung pipil

100 gr keju parut

20 ml susu kental manis

1 sdm margarin per cup

Garam, sesuai selera

Langkah Memasak:

1. Parut keju

2. Tuang air ke dalam kukusan

3. Kukus jagung hingga matang

4. Campurkan jagung dengan mentega dan sedikit garam selagi panas

5. Tuang jagung ke dalam cup

6. Tambahkan susu kental manis

7. Taburkan keju parut

2. Pancake Pisang

Kalau ingin menu sarapan yang nggak terlalu berat, tapi tetap lezat, pancake pisang bisa jadi kreasi yang wajib dicoba. Cara membuatnya juga praktis banget, sehingga cocok menjadi menu sarapan keluarga di pagi hari. Berikut ini langkah demi langkah yang bisa kamu coba. 

Bahan-Bahan:

3 buah pisang matang

100 gr tepung terigu

½ sdt baking powder

½ sdt baking soda

¼ sdt kayu manis bubuk

1 sdt vanilla

1 butir telur

50 gr gula pasir

50 gr mentega

50 ml susu kental manis

Whipping cream, sesuai selera

Kacang / almond sebagai topping

Cara membuat:

1. Lelehkan mentega dengan api kecil, sisihkan.

2. Masukan tepung terigu, baking powder, baking soda dan kayu manis bubuk, aduk rata.

3. Haluskan pisang, lalu tambahkan gula, telur dan vanilla.

4. Tuang susu kental manis, aduk rata, lalu tambahkan mentega cair, aduk rata lagi.

5. Masukan campuran tepung, aduk rata.

6. Panaskan wajan, olesi mentega jika perlu, lalu Tuang adonan, masak hingga muncul gelembung lalu balik, masak lagi hingga matang.

7. Sajikan pancake dengan whipping cream dan kacang almond.

3. Strawberry Smoothies

Jus dan smoothies juga bisa menjadi menu sarapan alternatif. Buah yang kaya serat bisa membantu perut kenyang lebih lama. Sementara itu, kombinasi dengan susu kental manis bisa membuatnya terasa lebih lezat sekaligus menambah kalori yang diperlukan tubuh. Simak resepnya berikut!

Bahan-Bahan:

200 gr Strawberry

150 ml yogurt

1 buah pisang

1 gelas es batu

75 ml susu kental manis

100 ml air matang

Cara membuat:

1. Masukan strawberry yang sudah dibersihkan, yogurt, es batu, dan pisang yang sudah di potong-potong ke dalam blender. 

2. Masukan susu kental manis dan air matang. 

3. Blender hingga halus.

Sekarang makin paham kan kalau isu terkait susu kental manis bukan susu sebaiknya tidak ditelan mentah-mentah. Penting untuk cross check semua fakta yang ada, termasuk mempelajari manfaatnya sebagai asupan kalori yang mendukung gaya hidup aktif kamu. Yuk, saatnya berkreasi dengan resep dengan susu kental manis favorit!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading