Sukses

Food

Resep Spaghetti Carbonara Keju, Hidangan Pasta Klasik yang Menggugah Selera

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Spaghetti carbonara merupakan pasta khas Italia yang dibuat dari spaghetti yang dimasak al dente (tidak terlalu empuk), dicampur dengan saus yang terbuat dari telur, keju parmesan, guanciale (jenis daging asap Italia), atau dalam variasi modern, pancetta (jenis daging asap Italia lainnya), dan lada hitam.

Cara membuatnya biasanya adalah dengan memasak spaghetti hingga al dente, sementara itu, saus carbonara dibuat dengan mencampurkan telur, keju parmesan, dan lada hitam. Spaghetti carbonara biasanya disajikan dengan taburan keju parmesan ekstra di atasnya untuk menambah rasa gurih dan kaya pada pasta ini.

Meskipun bahan-bahannya sederhana, namun carbonara adalah pasta yang lezat, kaya rasa, dan digemari di banyak restoran Italia maupun di seluruh dunia. Pernah mencoba membuat spaghetti carbonara? Ini dia resep mudah membuat spaghetti carbonara:

Resep Spaghetti Carbonara

Bahan-bahan:

  • 350-400 gram spaghetti.
  • 150 gram guanciale atau pancetta (dipotong dadu kecil).
  • 3 butir telur.
  • 1 ½ cangkir keju parmesan parut.
  • 2 siung bawang putih (dihaluskan atau dicincang halus).
  • Garam secukupnya.
  • Lada hitam secukupnya.
  • Peterseli cincang (opsional, untuk taburan).
  • Minyak zaitun.

Cara Membuat:

  1. Didihkan air yang sudah diberi garam secukupnya. Masukkan spaghetti dan masak hingga al dente sesuai anjuran kemasan. Angkat dan tiriskan, simpan sekitar setengah cangkir air rebusannya.
  2. Saat spaghetti dimasak, panaskan minyak zaitun sedikit dalam wajan besar. Goreng guanciale atau pancetta dengan bawang putih hingga dagingnya garing dan berwarna cokelat. Angkat dari wajan dan sisihkan.
  3. Di mangkuk besar, kocok telur sampai tercampur rata. Masukkan keju parmesan parut ke dalam mangkuk bersama telur, aduk rata.
  4. Kemudian, masukkan guanciale atau pancetta yang sudah digoreng ke dalam adonan telur dan keju, aduk rata.
  5. Taruh spaghetti yang sudah matang ke dalam wajan yang digunakan untuk menggoreng guanciale atau pancetta. Aduk perlahan dengan api yang agak kecil.
  6. Siram adonan telur, keju, dan guanciale atau pancetta ke atas spaghetti yang masih hangat. Aduk cepat dan pastikan pasta terlumuri dengan sausnya. Tambahkan air rebusan spaghetti sedikit jika terlalu kental.
  7. Taburi dengan lada hitam, peterseli (jika ada), dan keju parmesan ekstra di atasnya untuk penyajian.

Hidangkan spaghetti carbonara ini selagi hangat untuk menikmati rasa terbaiknya. Selamat menikmati!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading