Sukses

Food

Tanpa Margarin, Begini Cara Bikin Bakwan Sayur Krispi Tanpa Banyak Minyak dengan 2 Bahan Dapur

Fimela.com, Jakarta Bakwan sayur krispi menjadi salah satu kudapan favorit yang sangat disukai banyak orang. Rasanya yang enak dan teksturnya yang kriuk membuatnya menjadi pilihan yang tak hanya lezat tapi juga menggugah selera. 

Meskipun bakwan sayur tergolong mudah dibuat, namun untuk mendapatkan krispi yang sempurna dan minyaknya sedikit, diperlukan beberapa trik dan cara khusus dalam proses pembuatannya. 

Dengan sedikit trik dan penggunaan bahan yang tepat, bakwan sayur krispi yang memikat selera dengan sedikit minyak bisa dibuat. Biasanya, kebanyakan orang menggunakan margarin. Akan tetapi, terdapat trik lain yang dibagikan oleh pengguna TikTok @rizkaaprianifitri. Triknya ini hanya menggunakan dua bahan dapur. 

Penasaran dengan triknya? Berikut adalah cara membuat bakwan sayur krispi tanpa banyak minyak yang dibagikan oleh @rizkaaprianifitri di TikTok, dirangkum pada Jumat (22/12/2023). 

Langkah Pertama

Siapkan berbagai sayuran yang akan dijadikan bakwan. Pemilik video menggunakan wortel, kol, tauge, daun bawang, jagung, dan jamur enoki. Semua sayuran diiris tipis kemudian dicuci bersih. 

Pastikan semua sayuran sudah kering setelah ditiriskan. Sayuran yang masih basah dapat memengaruhi tekstur bakwan dan membuat permukaannya gosong meskipun dalamnya masih basah belum matang. 

Langkah Kedua

Langkah selanjutnya, campurkan semua sayuran yang telah diiris ke dalam wadah. Tambahkan bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai, dan garam yang sebelumnya telah dihaluskan. 

Masukkan tepung terigu dan satu bahan dapur lain, yaitu tepung beras. Perbandingan takarannya adalah dua (tepung terigu) banding satu (tepung beras). Takaran ini harus tepat supaya tekstur bakwan tidak alot. 

Langkah Ketiga

Sebelum campuran sayur dan tepung diaduk, tambahkan satu butir telur dan baking soda. Cukup masukkan baking soda secukupnya ke dalam adonan. Telur dan baking soda merupakan bahan dapur utama yang bisa membuat bakwan semakin renyah. Kemudian, aduk semua bahan hingga tercampur merata.

Langkah Keempat

Adonan bakwan yang telah tercampur sempurna sudah siap digoreng. Supaya bentuk bakwan bagus, cetak dengan sendok sup dahulu. Setelah bentuknya dirasa sudah jadi, masukkan ke minyak goreng panas dengan api sedang. 

Langkah Kelima

Saat bakwan sudah berwarna kecoklatan, angkat dan tiriskan bakwan hingga minyaknya berkurang dan bakwan sudah siap disantap. Tambahan tepung beras dan baking soda dalam adonan bakwan membuat bakwan krispi tahan lama dan tidak menyerap minyak banyak. 

Tepung Apa yg Di Pakai Buat Bakwan?

Bakwan Pontianak dibuat menggunakan beberapa varietas tepung, termasuk tepung terigu, tepung beras, dan tepung maizena. Kunci utama untuk mencapai kerenyahan bakwan terletak pada campuran tepung yang tepat dengan perbandingan yang sesuai.

Bakwan Terdiri dari Apa Saja?

Bakwan umumnya mengacu pada jajanan gorengan berisi sayuran yang sering dijajakan oleh pedagang keliling. Bahan-bahannya mencakup tauge, irisan kubis (kol), atau irisan wortel yang dicampur dalam adonan tepung terigu, kemudian digoreng dalam minyak goreng yang cukup banyak.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading