Sukses

Food

Resep Bikin Singkong Goreng Renyah, Rekah dan Gurih Tanpa Direbus Dulu

Fimela.com, Jakarta Singkong goreng merupakan salah satu camilan yang memiliki tekstur renyah dan cita rasa yang memikat selera. Kelezatan cemilan yang gurih ini cocok dinikmati dalam berbagai situasi. Tidak hanya sebagai cemilan santai, singkong goreng juga dapat menjadi alternatif mengenyangkan sebagai pengganti nasi.

Dalam proses pembuatannya, singkong tidak langsung digoreng tanpa melalui tahap pengolahan awal untuk meraih tekstur yang empuk. Umumnya, langkah yang dilakukan untuk membuat singkong empuk adalah dengan proses merebusnya terlebih dahulu. 

Meskipun merebus singkong dapat memberikan tekstur yang empuk, namun cara ini seringkali memakan waktu yang cukup lama dan membutuhkan banyak gas. Selain itu, penggunaan peralatan dapur yang banyak juga dapat menumpuk cucian piring.

Padahal, untuk mendapatkan tekstur singkong yang empuk, tidak selalu harus menggunakan cara merebus. Ada cara lain yang dapat diterapkan agar singkong tetap empuk, renyah, dan berkulit renyah. 

Salah satu cara ini dibagikan oleh pengguna TikTok dengan akun @yuk_masakkk melalui video yang diunggahnya. Dalam video tersebut, ia mengungkapkan bahwa singkong hanya perlu digoreng, namun untuk mencapai tingkat keempukan yang lebih maksimal, singkong tersebut digoreng dua kali. Selama proses penggorengan, singkong direndam dengan bumbu di antara dua kali penggorengan untuk mendapatkan kelezatan yang optimal.

Yuk simak informasi selengkapnya, dirangkum dari salah satu pengguna TikTok, @yuk_masakkk, pada Senin (08/01/2024).

Langkah Pertama

Siapkan singkong terlebih dahulu, disarankan untuk memilih singkong yang masih segar agar dapat menjadi empuk dan renyah dengan cepat. Kemudian, kupas kulit singkong dan potong-potong menjadi beberapa bagian. Penting untuk membersihkan singkong dengan mencucinya sambil menggosok bagian luarnya agar tidak memiliki rasa pahit.

Langkah Kedua

Kemudian, persiapkan bumbu marinasi. Pada video TikTok tersebut, pengguna tersebut memanfaatkan 4 siung bawang putih yang kemudian dihaluskan.

Langkah Ketiga

Setelah itu, masukkan bawang putih yang sudah dihaluskan sebelumnya ke dalam mangkuk yang telah diisi dengan air dingin. Tidak hanya bawang putih, tambahkan juga garam, micin, dan ketumbar bubuk sesuai selera. Lalu, aduk hingga merata.

Langkah Keempat

Di dalam panci, tuangkan minyak secukupnya dan panaskan dengan api sedang. Setelah minyak panas, masukkan singkong yang telah dicuci bersih sebelumnya. Goreng singkong hingga berwarna kuning, pastikan untuk membalik-balik singkong.

Langkah Kelima

Kemudian, angkat dan tiriskan singkong. Setelah ditiriskan, celupkan singkong ke dalam wadah yang berisi air bumbu yang telah disiapkan. Aduk-aduk dan rendam singkong hingga merekah. 

Biasanya, singkong akan segera merekah karena perbedaan suhu yang signifikan dari proses penggorengan ke air dingin. Proses ini lah yang juga membuat singkong menjadi semakin empuk.

Langkah Keenam

Jika sudah ada beberapa bagian singkong yang telah merekah, segera angkat dan pindahkan ke dalam wadah lain. Jika masih ada bagian yang masih keras, kamu bisa merendamnya lebih lama.

Langkah Ketujuh

Kemudian, lakukan penggorengan kedua pada singkong yang sudah merekah dalam rendaman tadi kedalam wajan yang berisi minyak panas. Pada tahap ini, cukup goreng singkong dengan menggunakan api kecil hingga warnanya berubah menjadi coklat keemasan.

Langkah Kedelapan

Terakhir, setelah singkong matang, angkat dan tiriskan. Singkong yang sudah digoreng dapat segera disajikan, bisa dinikmati dengan sambal atau saus sesuai selera.

Apakah Singkong Bisa Dikonsumsi Secara Langsung?

Riset dari Frontiers in plant science (2017) menyarankan untuk menghindari konsumsi singkong mentah karena terdapat kandungan racun sianida yang dapat berakibat fatal. Penelitian lain menyatakan bahwa singkong dapat menyerap racun tanah jika ditanam di daerah industri.

Kenapa Singkong Harus Direndam Dulu?

Sebelum dikukus atau direbus, singkong bisa direndam terlebih dahulu untuk mempercepat proses pemasakannya. Lamanya perendaman dapat disesuaikan sekitar 15 menit atau disesuaikan dengan kebutuhan.

Berapa Kalori Dalam Singkong Goreng?

Jumlah kalori pada 100 gram ubi rebus adalah sebanyak 100 kkal. Sedangkan, kalori pada 100 gram singkong goreng mencapai 197,2 kkal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading