Sukses

Food

Tips Menyimpan Cabai di Kulkas agar Tetap Segar dan Nggak Cepat Busuk

Fimela.com, Jakarta Cabai menjadi salah satu bahan makanan yang penting di rumah, terutama buat para pencinta pedas. Menambahkan cabai ke dalam masakan favorit bisa menciptakan sensasi pedas yang mantap. Selain itu, berbagai olahan sambal khas nusantara juga membutuhkan cabai sebagai salah satu bahan utamanya.

Nggak heran nih kalau para ibu di rumah sering menyiapkan stok cabai segar di kulkas supaya bisa dipakai sewaktu-waktu ketika memasak. Tapi, kok malah jadi cepat busuk ya? Kemungkinan karena cara menyimpannya kurang tepat nih, Sahabat Fimela. Yuk, cari tahu tips menyimpan cabai di kulkas agar terjaga kesegarannya dan tahan lama!

1. Bersihkan Tangkai Cabai

Masih sering menyimpan cabai dengan tangkainya? Eits, ternyata cara ini kurang tepat! Tangkai cabai yang masih melekat diketahui sebagai penyebab bumbu dapur tersebut jadi mudah busuk.

Jadi, ketika baru pertama kali membeli cabai, sortir satu per satu mana yang kualitasnya masih baik dan mulus karena hal ini juga mempengaruhi masa simpannya. Jika sudah, segera pisahkan cabai dari tangkainya agar lebih tahan lama saat disimpan.

2. Cuci Bersih dan Keringkan dengan Baik

Setelah memisahkan cabai dari tangkainya, jangan lupa untuk cuci bersih bumbu dapur ini sebelum disimpan. Setelah itu, tiriskan cabai hingga tidak ada air yang tersisa. Pastikan cabai yang disimpan sudah benar-benar kering dan tidak mengandung air. Jika disimpan dalam kondisi berair, cabai bisa kehilangan kesegarannya dan cepat membusuk.

3. Bekukan dalam Freezer

Salah satu alternatif yang bisa dilakukan untuk menjaga cabai agar tidak mudah busuk dengan membekukannya dalam freezer. Teknik ini dapat membantu menjaga kesegaran cabai lebih lama jika dibandingkan diletakkan di bagian kulkas biasa.

Setelah membersihkan cabai dari tangkainya dan mencucinya hingga bersih, keringkan dengan tisu agar tidak ada kandungan air yang tersisa. Masukkan cabai ke dalam kantong kedap udara dan masukkan ke dalam freezer. Nah, jika ingin mengolah cabai yang masih beku, keluarkan dulu dari freezer beberapa menit sebelum dimasak hingga mencair dan siap digunakan.

4. Gunakan Wadah Kedap Udara

Tempat yang digunakan untuk menyimpan cabai di kulkas juga perlu diperhatikan. Pastikan wadah yang dipakai kedap udara, misalnya saja toples kaca atau wadah plastik yang memiliki tutup rapat.

Pemakaian wadah kedap udara ini sangat penting untuk membuat cabai tetap awet dan segar. Selain itu, bisa mencegah bau dari berbagai bahan makanan lainnya yang ada di kulkas saling tercampur yang bisa menimbulkan aroma kurang sedap.

5. Lapisi dengan Tisu

Jangan langsung masukkan cabai ke dalam wadah. Lapisi terlebih dulu tempat yang akan digunakan dengan tisu. Hal ini karena cabai adalah bahan makanan yang mengandung cairan sehingga mudah busuk. Jadi, tisu digunakan untuk menjaga cabai agar tetap kering dan menghambat proses pembusukan yang umumnya terjadi.

6. Simpan di Area Kulkas Paling Dingin

Jika tidak ingin menyimpan cabai di freezer, maka pilihlah area kulkas yang memiliki suhu paling dingin. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesegaran cabai agar tetap fresh saat diolah.

Bagian terdingin di kulkas biasanya ada di bagian belakang, dekat rak paling bawah. Simpan di area tersebut dan pastikan cabai yang kamu simpan benar-benar berada dalam kondisi fresh supaya masa simpannya juga lebih panjang.

Dengan mengetahui trik menyimpan cabai yang tepat, kamu bisa menjaga bahan masakan yang satu ini agar tetap segar. Saat diolah pun bisa menghasilkan masakan yang pedasnya sedap dan mantap. Selamat mencoba ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading