Sukses

Food

Tips Menggoreng Cireng agar Renyah Mengembang dan Tidak Meledak

Fimela.com, Jakarta Menyiapkan cemilan favorit keluarga bisa jadi salah satu cara menciptakan quality time yang menyenangkan saat di rumah. Banyak resep cemilan yang mudah dipraktikkan di rumah plus menawarkan rasa lezat yang pastinya bisa jadi favorit. Salah satu ide cemilan yang wajib dicoba adalah cireng, gorengan favorit sejuta umat.

Namun, sebagian ibu mungkin merasa ragu untuk membuat cireng sendiri di rumah. Alasan yang cukup sering jadi pertimbangan adalah karena saat proses penggorengan, cireng sering meledak yang membuatnya jadi tantangan tersendiri.

Tapi tenang dulu, ada kok tips menggoreng cireng yang bisa kamu ikuti agar hasilnya renyah mengembang dan nggak meledak. Intip dulu rahasia selengkapnya di sini, yuk!

Segera Goreng Cireng Setelah Adonan Dibuat

Setelah selesai membuat adonan cireng, sebaiknya segera digoreng dan jangan ditunda-tunda lagi. Jika dibiarkan terlalu lama, adonan cireng bisa mengeras mengingat makanan yang satu ini mayoritas terbuat dari tepung kanji. Selain itu, hindari menggoreng adonan dalam jumlah banyak sekaligus. Sisakan ruang di dalam penggorengan agar cireng yang dibuat bisa mengembang dengan cantik.

Masukkan Cireng Saat Minyak Masih Dingin

Untuk mencegah cireng meledak, kamu bisa memasukkan adonan sejak minyak masih dalam kondisi dingin. Setelah itu, nyalakan api kecil saja untuk mencegah adonan meledak saat proses penggorengan berlangsung.

Saat minyak sudah mulai terlalu panas, matikan api ketika menggoreng adonan berikutnya. Nyalakan api kembali ketika suhu minyak sudah semakin turun. Teknik seperti ini bisa menjaga suhu minyak agar tidak terlalu panas ketika proses penggorengan berlangsung.

Perhatikan Takaran Minyak yang Dipakai

Jika jenis gorengan lain memerlukan minyak dalam jumlah banyak agar bisa menghasilkan deep fried yang renyah, berbeda lagi saat menggoreng cireng. Adonan yang satu ini hanya memerlukan takaran minyak secukupnya untuk mencegah adonan meledak dan tidak menyerap terlalu banyak minyak. Jadi, tidak perlu sampai cireng tenggelam di dalam minyak, yang penting jumlahnya tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit juga.

Bolak-balik Cireng Selama Proses Penggorengan

Supaya cireng matang sempurna, jangan dibiarkan terlalu lama ketika proses penggorengan berlangsung. Kamu perlu membolak-balik cireng sesekali agar semua bagian cireng bisa matang dengan baik, sehingga teksturnya pun lebih renyah. Angkat cireng jika sudah mengembang dan matang, lalu tiriskan minyaknya agar tidak cepat melempem.

Hangatkan Cireng Lagi

Menggoreng cireng 2 kali bisa jadi alternatif kalau kamu merasa hasil gorengan sebelumnya kurang renyah. Caranya juga mudah, panaskan minyak, lalu masukkan cireng ke dalam penggorengan. Tidak perlu terlalu lama, cukup 2 menit saja lalu angkat dan tiriskan cireng. Teknik ini bisa membantu tekstur cireng lebih renyah dan lezat ketika disantap.

Berbekal tips di atas, menggoreng cireng nggak perlu takut meledak lagi. Ikuti cara mudah di atas agar bisa menciptakan cemilan cireng renyah favorit keluarga. Selamat mencoba ya, Sahabat Fimela!   

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading