Sukses

Food

6 Tips Menyimpan Garam agar Tidak Mudah Menggumpal atau Berair

Fimela.com, Jakarta Garam adalah salah satu bahan terpenting di dapur. Terlalu banyak atau terlalu sedikit dapat mengubah rasa hidangan secara keseluruhan. Menyimpan garam sama pentingnya menyimpan bahan makanan lain agar tetap awet dan tidak berubah bentuk. Kita kerap menjumpai garam yang berubah teksturnya menjadi air atau bahkan menggumpal. Hal ini biasa terjadi terutama pada musim hujan yang lembap dan juga jika Sahabat Fimela membiarkan toples garam berada di tempat terbuka terlalu lama.

FIMELA memiliki saran terbaik tentang cara menyimpan garam agar garam dapat bertahan lama dan mencegahnya berubah bentu menjadi menggumpal atau menjadi air. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Tambahkan Butiran Beras

Saat menyimpannya dalam wadah, tambahkan beberapa butir beras mentah agar garam tidak menggumpal. Butir beras diketahui dapat menyerap kelembapan dan menjaga garam tetap kering. Ini dianggap sebagai salah satu trik paling efektif yang bahkan dapat membantu memulihkan garam basah.

2. Gunakan Daun Peterseli Kering

Buatlah alas daun peterseli kering di bagian bawah hingga memenuhi setidaknya ¼ wadah lalu tambahkan garam di atasnya. Tidak hanya memberikan aroma segar pada garam tetapi juga mencegah efek lembab.

3. Soda Crackers

Agar garam tidak menyerap kelembapan dan mengeras menjadi potongan-potongan, beberapa orang memasukkan biskuit soda ke dalam wadah. Biskuit soda berbentuk biskuit tipis dan renyah yang dibuat dari tepung putih, ragi, dan soda kue. Pastikan mengganti mengganti kepingan soda dalam 10-15 hari.

4. Biji Kopi

Sama seperti butiran beras, Sahabat Fimela bisa menambahkan sedikit biji kopi ke dalam garam. Jika kamu bertanya-tanya, garam tidak menghilangkan rasa dari biji kopi dan membantu menjaga kualitas garam. Biji kopi tidak memberi rasa pada garam. Sebaliknya, biji kopi mempertahankan kelembaban garam.

5. Tusuk Gigi

Percaya atau tidak, tusuk gigi bisa membantu menjaga garam tetap kering. Jangan hancurkan, letakkan saja di dalam wadah garam. Meskipun ini mungkin berhasil, metode lain yang diberikan di atas lebih aman.

6. Cengkeh

Terakhir, kamu bisa memasukkan beberapa biji cengkih ke dalam stoples garam. Sama seperti peterseli, cengkeh dapat memberikan aroma hangat pada garam yang cocok dengan hampir semua jenis hidangan. Jadi, Sahabat Fimela tidak perlu khawatir.

Sebaiknya simpan garam dalam toples kaca kedap udara atau gunakan kotak garam yang terbuat dari kayu atau keramik. Ini memungkinkan aliran udara lebih baik dan menjaga kelembapan. Hindari penggunaan wadah plastik atau logam karena bahan kimia dari plastik dapat mencemari garam dan wadah logam dapat menyebabkan karat dan erosi yang juga dapat mempengaruhi kualitas garam.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading