Sukses

Food

7 Cara Menyimpan Bumbu Dapur Bubuk agar Tidak Mudah Menggumpal

Fimela.com, Jakarta Rempah-rempah dapat membuat hidangan apa pun menjadi lebih nikmat, tetapi tidak ada yang lebih membuat frustrasi daripada mendapati bumbu dapur ternyata telah berubah tekstur menjadi keras dan bagkan menggumpal.

Kerap kita menjumpai bumbu dapur berbentuk bubuk menggumpal saat lama tidak segera digunakan. Tentu, jika tak ingin membuang-buang bahan makanan ini, Sahabat Fimela perlu untuk memperhatikan cara menyimpan bumbu dapur dengan tepat. Nah, FIMELA berbagi tips menyimpan bumbu dapur bubuk agar tidak mudah menggumpak bahkan mengeras. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Simpan di Wadah Kedap Udara

Pindahkan bumbu dari wadah aslinya ke dalam stoples kaca atau plastik kedap udara. Segel yang tepat menjaga kelembapan dan udara keluar, menjaga tekstur dan rasa dari bumbu.

2.. Simpan Bumbu di Tempat Sejuk dan Gelap

Cahaya dan panas dapat mempercepat proses pengerasan. Simpan stoples bumbu di lemari yang sejuk dan gelap, jauh dari sinar matahari langsung dan sumber panas.

3. Hindari Menggunakan Peralatan Basah

Kelembapan adalah musuh rempah-rempah. Gunakan peralatan yang kering dan bersih saat menyendok bumbu untuk mencegah kelembapan masuk ke dalam wadah.

4. Jauhkan Bumbu dari Uap

Uap hasil masakan dapat masuk ke dalam wadah bumbu, sehingga menyebabkan penggumpalan. Simpan bumbu jauh dari kompor dan sumber uap lainnya.

5. Beli Bumbu Utuh

Bumbu utuh cenderung tetap segar lebih lama dibandingkan bumbu halus. Pertimbangkan untuk membeli bumbu utuh dan menggilingnya bila diperlukan.

6. Beli dalam Jumlah Sedikit

Rempah-rempah kehilangan khasiatnya seiring berjalannya waktu, dan umur simpannya dapat bervariasi. Pertimbangkan untuk membeli rempah-rempah dalam jumlah lebih sedikit, terutama yang jarang Sahabat Fimela gunakan. Hal ini memastikan kamu menggunakan rempah-rempah segar dan mengurangi kemungkinan rempah-rempah mengeras.

7. Gunakan Beras, Kacang Kering atau Bungkus Pengering

Menempatkan beberapa butir beras, kacang kering, atau bungkus pengering (paket gel silika) di dalam wadah bumbu dapat membantu menyerap sisa kelembapan.

Well, perhatikan cara untuk menyimpan bumbu dapur ya, Sahabat Fimela, pastikan untuk tetap menjaga kebersihan bahan makanan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading