Sukses

Food

5 Makanan Enak untuk Sarapan yang Bermanfaat Mencerdaskan Otak

Fimela.com, Jakarta Sarapan merupakan waktu yang penting untuk memberikan energi yang dibutuhkan tubuh. Termasuk memberi energi untuk otak agar lebih fokus dan cerdas. Memilih makanan yang tepat untuk menu sarapan bisa membantu meningkatkan konsentrasi, memori, dan fungsi kognitif secara keseluruhan. 

Beberapa makanan dipercaya sangat baik untuk mencerdaskan otak. Sementara beberapa makanan lainnya, justru cenderung bikin ngantuk dan hilangnya konsentrasi. Dari lamnn healthline.com, berikut adalah beberapa makanan enak yang bisa kamu tambahkan ke dalam menu sarapan untuk dapatkan otak lebih cerdas dan sehat. 

Buah Berry

Buah berry seperti blueberry, strawberry, dan raspberry mengandung antioksidan kuat yang disebut flavonoid. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan oksidatif dan merangsang pertumbuhan sel-sel saraf baru. Selain itu, buah berry juga mengandung vitamin C, yang penting untuk kesehatan otak secara keseluruhan. 

Memasukkan buah berry ke dalam daftar menu sarapan sehari-hari, akan membantumu memiliki kesehatan otak yang optimal. Ini juga membantu menjaga kecerdasan otak yang kamu miliki selama ini.

Telur

Telur adalah sumber protein berkualitas tinggi dan mengandung nutrisi penting seperti kolin, zat besi, dan vitamin D. Kolin khususnya penting untuk fungsi otak yang optimal, termasuk pembentukan neurotransmitter dan struktur membran sel otak. Memasukkan telur ke dalam sarapan sehari-hari, akan cukup membantu meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Ini juga sebagai sumber nutrisi terbaik dalam menjaga berat badan ideal.

Ikan Berlemak

Ikan berlemak seperti salmon, sarden, dan makarel mengandung asam lemak omega-3, terutama DHA (asam docosahexaenoic) dan EPA (asam eicosapentaenoic). Omega-3 ini merupakan nutrisi penting untuk menjaga sel-sel otak dan membantu meningkatkan fungsi kognitif, memori, pun suasana hati. Menambahkan ikan berlemak ke dalam sarapan, dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi kesehatan otak. Ikan berlemak juga dipercaya sebagai salah satu sumber makanan yang baik untuk menstabilkan kolesterol dalam tubuh. 

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan seperti almond, kenari, dan kacang Brazil kaya akan lemak sehat, serat, dan vitamin E. Lemak sehat ini membantu menjaga kesehatan sel-sel otak dan meningkatkan fungsi kognitif. Vitamin E juga memiliki efek antioksidan yang melindungi sel-sel otak dari kerusakan. Menambahkan segenggam kacang-kacangan ke dalam sarapan, bisa memberikan asupan nutrisi yang penting untuk otak.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, kale, dan brokoli kaya akan vitamin dan mineral, termasuk vitamin K, folat, dan beta-karoten. Vitamin K khususnya, telah terbukti berperan dalam meningkatkan kinerja kognitif dan memori. Sayuran hijau juga sebagai sumber nutrisi yang memiliki segudang manfaat untuk fungsi organ tubuh secara keseluruhan. 

Memilih makanan yang tepat untuk sarapan, akan membantu meningkatkan kesehatan otak dan meningkatkan kinerja kognitif secara keseluruhan. Pastikan untuk lebih bijaksana dalam memiliki makanan sehari-hari dan selalu perhatikan asupan nutrisi yang terkandung di dalamnya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading