Sukses

Food

Cara Membuat Rebusan Cengkeh untuk Menurunkan Gula Darah dan Kolesterol

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Cengkeh merupakan salah satu rempah yang memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan manusia, bukan hanya dijadikan bumbu masakan, campuran rokok, atau aroma parfum, cengkeh juga diolah untuk diambil minyaknya untuk diolah menjadi kosmetik atau produk kecantikan. Cengkeh banyak memiliki banyak khasiat untuk tubuh secara kesehatan, salah satunya adalah menurunkan gula darah.

Cengkeh memiliki kandungan karbohidrat, kalsium, mangan, magnesium, kalium, sodium dan vitamin K sehingga sangat baik dalam menjaga kepadatan tulang, menurunkan gula darah dan mencegah kanker. Sifatnya yang antimikroba sangat baik mencegah infeksi bakteri, sifatnya yang antiinflamasi mampu membantu mengurangi gatal-gatal kulit, dan sifatnya sebagai antioksidan mampu membantu menurunkan kolesterol.

Jika ingin mendapatkan manfaatnya, cukup direbus saja kemudian diminum air rebusannya. Ini cara membuat rebusan cengkeh untuk menurunkan gula darah dan kolesterol.

1. Ditumbuk lalu direbus

Ambil cengkeh kering secukupnya, lalu tumbuk atau ulek hingga hancur, tidak perlu terlalu halus. Siapkan air secukupnya untuk direbus, kemudian masukkan cengkeh yang sudah ditumbuk. Rebus dengan api kecil selama 10 menit atau hingga airnya beraroma cengkeh kuat. Angkat lalu saring ke dalam gelas, minum selagi hangat. Sebaiknya tidak menambahkan gula, madu atau pemanis lainnya agar khasiatnya lebih terasa.

2. Dibuat jamu

Cara kedua menggunakan rebusan cengkeh adalah dengan menyampurkan atau mengombinasikan dengan tanaman obat lainnya seperti kayu manis, kunyit, serai, jahe, daun salam dan lain sebagainya. Semua rempah dan tanaman obat tersebut mampu memperkuat kahsiat dalam menurunkan kolesterol maupun gula darah. Caranya mudah, cuci bersih bahan-bahan yang akan dibuat jamu lalu tumbuk halus. Kemudian rebus air hingga mendidih dan masukkan semua bahan jamu, didihkan dengan api kecil selama 10-15 menit. Angkat, saring dan nikmati jamu rebusan cengkeh selagi hangat.

3. Dibuat wedang

Jika ingin yang simpel, bisa juga dibuat wedang. Cukup tambahkan beberapa bahan yang perlu diseduh seperti teh atau daun mint. Pertama-tama, tumbuk cengkeh hingga hancur, rebus air hingga mendidih lalu masukkan cengkeh. Jika sudah mendidih selama 5 menit, angkat. Siapkan daun mint, teh hijau atau teh jenis apa pun yang disukai di dalam teko, kemudian siram dengan rebusan cengkeh. Diamkan selama beberapa menit lalu saring ke dalam cacngkir. Minum selagi hangat.

Itu dia beberapa cara membuat rebusan cengkeh untuk menurunkan gula darah dan kolesterol.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

What's On Fimela
Loading