Sukses

Food

Tips Jitu Memasak Baceman yang Enak dan Bumbunya Meresap Sempurna

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Ada banyak kuliner khas Indonesia yang bisa jadi inspirasi menjadi menu yang hadir di meja makan sehari-hari. Salah satunya adalah bumbu bacem khas Jawa Tengah yang dikenal dengan cita rasa manis dan gurih yang nikmat banget.

Namun, demi bisa menciptakan sajian dengan cita rasa mantap, teknik memasak olahan yang satu ini juga perlu diperhatikan. Bagi yang ingin berkreasi dengan menu bacem di rumah, berikut ini beberapa tips agar bumbunya meresap sempurna dan tentunya punya sensasi rasa yang disukai keluarga.

Pilih Bahan dengan Tekstur yang Padat dan Masih Baru

Dalam mengolah masakan dengan bumbu bacem, umumnya bahan utama yang digunakan adalah ayam, tempe, maupun tahu. Nah, pemilihan bahan ini sangat penting untuk menghasilkan masakan bacem yang lezat, meresap, dan tentunya tidak hancur selama proses ungkep bersama bumbu.

Pastikan bahan-bahan yang digunakan yang masih segar dan baru, serta memiliki tekstur padat. Hal ini penting supaya bahan tidak hancur selama proses ungkep bumbu yang biasanya memakan waktu lama. Biasanya hal ini lebih sering terjadi pada tahu. Hal pertama yang wajib dipahami adalah tidak semua tahu cocok diolah menjadi bacem.

Hindari menggunakan tahu sutera karena teksturnya terlalu lembut sehingga bisa pecah dan hancur saat direbus. Selain itu, tahu sutera juga cukup sulit menyerap bumbu bacem yang dibuat. Jadi, sebaiknya pilih tahu putih yang punya tekstur tebal dan padat untuk memudahkan proses penyerapan bumbu bacem.

Ganti Kecap Manis

Rasa manis dari olahan bacem yang dibuat memang biasanya datang dari kecap manis. Namun, jika ingin menciptakan olahan bacem yang enak dan legit, cobalah ganti kecap dengan gula merah dan air kelapa.

Kombinasi kedua bahan ini bisa membuat hasil baceman jadi lebih mantap. Gula merah bisa membuat warna baceman jadi lebih cokelat mengilap. Sementara itu, pemakaian air kelapa juga bisa menambah cita rasa legit dan gurih pada baceman yang dibuat.

Tutup Panci

Ketika proses memasak dan mengungkep bumbu bacem, pastikan tutup pancinya. Hal ini sangat penting untuk menghindari aroma baceman keluar. Selain itu, menutup panci juga bisa membuat bumbu lebih meresap ke dalam bahan-bahan yang diolah dan masakan juga lebih cepat matang.

Pakai Api Kecil

Jangan lupa perhatikan api yang digunakan saat memasak, karena bisa mempengaruhi hasil dari olahan yang dibuat. Sama ketika merebus bacem. Disarankan untuk menggunakan api kecil agar bumbu bisa lebih meresap sempurna ke dalam bahan-bahan yang diolah.

Hindari api yang terlalu besar karena bisa membuat air lebih cepat menguap. Hal ini bisa mengurangi proses penyerapan bumbu dalam bahan yang digunakan. Jangan lupa balik tahu, tempe, atau ayam yang digunakan untuk bacem sesekali supaya lebih menyerap dengan maksimal.

Rendam dengan Sisa Air Rebusan

Jika ingin menyimpan stok bacem hingga esok hari, perhatikan juga teknik menyimpan olahan tersebut. Disarankan untuk merendam tahu dan tempe di dalam sisa air rebusan selama semalaman. Masukkan ke dalam wadah tertutup dan simpan di dalam kulkas.

Trik penyimpanan ini bisa membuat bumbu baceman semakin menyerap sehingga cita rasanya semakin terasa lezat. Jadi, olahan bacem akan tetap terasa sedap meskipun disimpan selama beberapa hari ke depan.

Gimana, tertarik membuat olahan bacem untuk menemani sajian keluarga? Menariknya, sekarang kamu bisa memasak aneka bacem dengan bahan-bahan favorit keluarga yang lebih praktis karena sudah tersedia bumbu bacem instan. Cocok banget menjadi andalan para ibu di rumah yang punya sederet aktivitas padat. Yuk, buruan cobain resepnya!

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading