Sukses

Food

Tanpa Jeruk Nipis, Begini Cara Cuci Daging Ayam Agar Bersih dan Amisnya Hilang

Fimela.com, Jakarta Kaya akan protein dan mempunyai cita rasa yang lezat, daging ayam sering dipilih sebagai pilihan utama untuk hidangan. Ragam olahannya pun bervariasi yang menjadikan daging unggas ini diminati oleh berbagai kalangan. 

Walaupun begitu, masalah umum yang sering muncul saat menggunakan sumber protein ini adalah aroma amis yang terkadang mengganggu. Maka dari itu, banyak yang memilih menggunakan jeruk nipis untuk mencuci daging ayam karena dipercaya bahwa hanya dengan air saja tidak cukup untuk menghilangkan aroma tersebut. 

Namun, tidak hanya jeruk nipis, terdapat cara lain yang efektif untuk mengatasi aroma amis pada daging ayam! Arya Cahya membagikan cara ini melalui akun TikTok pribadinya, dilihat Rabu (28/2/2024).

1. Cuci dengan Air Mengalir

Langkah awal yang harus dilakukan saat ingin membersihkan daging ayam adalah mencucinya dengan menggunakan air mengalir. Penting untuk menggosok-gosoknya dengan lembut agar kotoran dan sisa darah yang menempel pada daging ayam dapat terangkat.

2. Menggunakan Tepung Terigu

Oleskan campuran tepung terigu dan garam secara merata di atas daging ayam, memastikan setiap bagian terbalut dengan baik. Tujuannya adalah untuk mengurangi aroma tidak sedap pada ayam, sesuai dengan informasi dari stale.ru yang menyebutkan bahwa tepung dapat menyerap bau yang tidak diinginkan dari daging ayam.

3. Bersihkan Baluran Tepung

Sesudah memastikan setiap bagian daging ayam telah dilapisi tepung secara merata, bilaslah lagi daging tersebut dengan air mengalir. Pastikan semua sisi daging benar-benar terbebas dari sisa tepung.

4. Keringkan dengan Tisu

Saat ayam telah dibersihkan, tiriskan dengan menggunakan tisu kering. Disarankan untuk menggunakan tisu dapur agar tidak menempel pada daging ayam. Penting untuk memastikan bahwa daging benar-benar kering untuk menjaga kesegarannya ketika disimpan di dalam lemari pendingin.

5. Marinasi Daging Ayam

Agar lebih praktis dan efisien saat hendak mengolahnya, daging ayam yang telah dibersihkan sebelumnya dapat direndam dengan bumbu marinasi dan kemudian disimpan dalam kulkas. Komposisi bumbu marinasi dapat disesuaikan dengan jenis hidangan ayam yang akan disiapkan. 

Dalam video tersebut, Arya Cahya memberikan resep bumbu marinasi untuk ayam goreng. Bumbu tersebut terdiri dari bawang putih yang sudah dicincang, bumbu instan, saus tiram, kecap, dan tepung bawang putih yang sudah dicincang, bumbu instan, saus tiram, kecap, serta tepung.

Bagaimana Menghilangkan Bau Amis?

Selain kaya zat gizi, jeruk nipis dan beberapa bahan makanan yang asam bisa digunakan sebagai cara untuk menghilangkan bau amis pada ikan, seperti lemon, cuka makan, dan tomat. Pasalnya, bahan-bahan asam ini bisa membuat senyawa TMA mengikat air lebih banyak.

Apakah Jahe Bisa Menghilangkan Bau Amis Ayam?

Jahe juga bisa menghilangkan bau amis pada ayam. Kamu cukup memarut jahe kurang lebih 5 cm, kemudian balurkan parutan jahe tersebut ke ayam. Pastikan ayam terbalur jahe sampai merata kemudian diamkan selama 30 menit.

Apakah Kunyit Bisa Menghilangkan Bau Amis?

Tidak perlu khawatir tentang rasa ikan, karena kunyit adalah bahan yang baik untuk menyingkirkan bau amis ikan dengan efektif.

Apakah Ayam Mentah Harus Dicuci?

Ternyata mencuci unggas mentah berpotensi memercikkan bakteri berbahaya ke dapur. Pilihan terbaik adalah memasak ayam sampai matang adalah tanpa dicuci. Memasak dengan cara ini juga sangat aman untuk dimakan.

Apakah Ayam Boleh Direndam Air?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, daging ayam tidak boleh didiamkan lama dalam suhu ruang karena bakteri akan berkembang biak dengan sangat cepat. Yang lebih parah, daging ayam tidak boleh direndam air sama sekali karena air adalah makanan bakteri di dalam daging ayam.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading