Sukses

Food

Cara Membuat Rebusan Daun Pandan Penurun Asam Urat dan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta sebagai tanaman wangi yang bisa dijadikan bumbu aromatik berbagai makanan, kue dan minuman. Tapi sebenarnya daun pandan juga bisa dijadikan tanaman obat yang berkhasiat dalam menurunkan asam urat, kolesterol hingga gula darah. Sejak dahulu daun pandan sudah dijadikan bahan pengobatan Ayurveda untuk mengatasi konstipasi, batuk, pilek dan demam.

Namun ternyata kandungan vitamin A, beta karoten dan zat besi pada pandan bisa menjaga sistem kekebalan tubuh sekaligus mencegah anemia. Lebih jauh, kandungan antioksidan dan minyak kaya fitokimia pada ekstrak daun pandan yang direbus dapat menurunkan kadar gula darah dan mengurangi nyeri radang sendi. Antioksidan seperti vitamin C, thiamin, riboflavin dan niacin dapat membantu menurunkan kolesterol.

Jika ingin mendapatkan manfaat daun pandan, ini dia cara membuat rebusan daun pandan untuk kesehatan.

1. Diblender

Daun pandan paling mudah didapatkan sarinya dengan cara diblender. Cuci bersih daun pandan lalu iris tipis dan masukkan ke dalam alat blender dengan air matang secukupnya. Lalu saring airnya. Boleh direbus sebentar hingga mendidih kemudian angkat dan diminum selagi hangat.

2. Diiris tipis

Daun pandan juga bisa diiris tipis sebelum direbus dengan air. Cuci bersih lalu iris tipis agar aromanya lebih keluar. Jika air sudah mendidih, masukkan daun pandan. Kecilkan api dan biarkan mendidih perlahan hingga warnanya berubah hijau. Angkat lalu saring air rebusannya. Minum selagi hangat.

3. Ditumbuk

Jika ingin mencoba membuat rebusan daun pandan tradisional, boleh juga ditumbuk di dalam lumpang hingga cukup hancur dan ssrinya keluar. Tuang air secukupnya ke dalam tumbukan daun pandan lalu tuang ke dalam panci. Rebus hingga air mendidih lalu matikan api. Saring air rebusan pandan yang wangi, minum selagi hangat.

4. Dijadikan jamu

Jika ingin meningkatkan khasiat daun pandan dalam menurunkan kolesterol dan asam urat, bahkan bisa menurunkan gula darah adalah dengan dijadikan jamu. Tambahkan berbagai tanaman obat lainnya seperti jahe, kunyit, kayu manis, serai, cengkeh dan lain sebagainya. Caranya cuci bersih, kupas bahan yang memiliki kulit lalu iris tipis atau tumbuk. Rebus semua bahan lalu saring air rebusannya. Jamu pandan siap diminum.

Itu dia beberapa cara membuat rebusan daun pandan untuk menurunkan asam urat dan kolesterol.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading