Sukses

Food

4 Makanan khas Ramadan, Mana Favoritmu?

Fimela.com, Jakarta Bulan ramadan menjadi saat-saat yang dinanti umat muslim di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Bagaimana tidak? Dalam ajaran Islam sendiri, bulan ini adalah bulan yang penuh rahmat dan berkah.

Di Indonesia sendiri, terdapat budaya ngabuburit yang ramai dilakukan setiap bulan puasa tiba. Ngabuburit sendiri merujuk pada kegiatan yang dilakukan untuk menghabiskan waktu sebelum berbuka puasa.

Salah satu hal yang sering dilakukan masyarakat saat ngabuburit adalah jajan takjil. Berikut adalah daftar 4 makanan khas ramadan yang kerap kali menjadi favorit di bulan puasa!

Kolak

Siapa tak setuju kalau  kolak merupakan kudapan paling identik dengan bulan Ramadan? Pada umumnya, makanan yang satu ini menggunakan perpaduan pisang kepok dan ubi yang direbus dengan campuran kuah santan, gula merah, cengkeh, dan daun pandan. Perpaduan kuah ini akan memberikan rasa manis dan gurih yang lezat di lidah.

Bubur Pacar Cina

Takjil lainnya yang selalu beken saat bulan Ramadan adalah bubur pacar cina. Panganan khas Betawi ini terbuat dari tepung sagu. Pengolahannya juga sangat sederhana, yaitu dengan merebus biji pacar cina hingga matang, lalu mencampurkannya ke dalam olahan kuah santan, gula pasir, garam, dan daun pandan. Bubur pacar cina biasanya disajikan dengan tambahan es yang sangat melegakan dahaga setelah seharian berpuasa.

Bubur Candil

Makanan khas Ramadan yang ketiga adalah bubur candil. Teksturnya yang kenyal, berkuah kental, dan gurih menjadikan bubur candil kerap jadi takjil utamadi bulan Ramadan. Bubur candil terbuat dari ketan yang dibuat bola-bola. Kuahnya terbuat dari santan dan gula merah yang dikentalkan. Makanan ini sebagai simbol rasa syukur menikmati bulan Ramadan.

Es Pisang Ijo

Yang terakhir adalah es pisang ijo. Kudapan viral asal Makassar ini sangat penuh gizi karena mengandung santan dan buah pisang yang melimpah. Pisangnya terbungkus adonan tepung  hijau. Kemudian, dipadukan dengan es serut, sirup kelapa pandan, santan. Manisnya berkali lipat dengan campuran susu kental.

Sahabat Fimela, jadi yang mana nih makanan khas bulan Ramadan favoritmu? Apapun itu, jangan lupa berbagi keberkahan dan kebahagiaan selama bulan puasa, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading