Sukses

Food

Cara Membuat Rebusan Daun Kemangi Penurun Kolesterol dan Gula Darah

Fimela.com, Jakarta Daun kemangi menjadi salah satu daun aromatik yang sering digunakan sebagai lalapan atau pun penghilang amis pada beberapa masakan. Tapi sebenarnya daun kemangi juga bisa dijadikan minuman aromatik yang mampu menghilangkan bau mulut, bau badan dan memberi efek relaksasi.

Bukan hanya itu, jika ditelisik lebih mendalam ternyata daun kemangi bisa melawan radikal bebas, menurunkan kolesterol, menurunkan gula darah, dan mengatasi peradangan karena kandungan antioksidan dan sifatnya yang antiinflamasi. Untuk mendapatkan manfaat dari daun kemangi, kita bisa membuat rebusan daun kemangi. Ada beberapa cara merebus kemangi, bisa dicoba di rumah.

1. Direbus segar

Petik daun-daun kemangi yang segar kurang lebih satu genggaman tangan dan cuci bersih. Rebus air hingga mendidih kemudian masukkan daun kemangi, kecilkan api dan biarkan mendidih dengan api kecil jangan terlalu lama agar aromanya tetap segar dan tidak hilang. Cukup 1-2 menit saja lalu angkat dan saring ke dalam gelas. Nikmati selagi hangat.

2. Dikeringkan

Jika susah mendapatkan daun kemangi di sekitar rumah atau pun di pasar, mungkin ketika menemukannya kamu bisa mengeringkannya di suhu ruangan. Karena daun kemangi mudah sekali busuk dan rusak, sebaiknya jangan dicuci dulu sebelum dikeringkan. Langsung saja petiki daunnya lalu tata di atas nampan yang sudah dilapisi kertas koran. Jika sudah kering, bisa diseduh atau direbus seperti teh. Jangan terlalu lama merebusnya agar aromanya tetap segar.

3. Ditambah rempah lain

Daun kemangi juga lebih kuat khasiatnya jika ditambahkan dengan bahan-bahan alami lainnya seperti kunyit, jahe, serai, kayu manis, pandan atau bahan lainnya yang dapat menurunkan kolesterol dengan baik. Caranya juga mudah, cuci bersih daun kemangi dan bahan lainnya. Ketika merebus air, masukkan dahulu bahan lain dan masukkan kemangi terakhir karena kemangi gampang sekali layu dan menghitam ketika direbus. Jangan direbus terlalu lama, begitu layu dan aroman kemangi keluar, langsung angkat. Saring dan nikmati hangat.

Itu dia cara membuat rebusan daun kemangi untuk turunkan kolesterol dan gula darah. 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading