Sukses

Food

5 Tips Memasak Daging yang Dijamin Cepat dan Empuk

Fimela.com, Jakarta Daging sapi dapat diolah menjadi beragam makanan yang sedap. Di Indonesia, makanan berbahan dasar daging dikenal sebagai makanan yang sangat enak. Contohnya seperti semur daging, dendeng, rendang, gulai, dan masih banyak lagi.

Daging akan menjadi makanan yang nikmat apabila tidak alot. Daging dapat menjadi empuk apabila dimasak dengan benar. Dalam memasak daging, tidak jarang orang-orang mengalami kendala dalam membuat daging yang empuk untuk dikonsumsi. Untuk itu, Fimela akan merangkumkan 5 tips memasak daging dilansir dari cookist.com agar cepat empuk untuk Sahabat Fimela:

1. Pipihkan Daging

Sebelum memasak daging, memipihkan daging terlebih dahulu efektif untuk melunakkan daging lebih cepat. Daging yang pipih akan membutuhkan waktu yang lebih singkat untuk empuk daripada daging yang tebal. Daging dapat dipipihkan dengan 2 cara, yaitu dengan palu pemukul daging atau tangan.

2. Taburi dengan Garam

Apabila Sahabat Fimela ingin membuat steak, mungkin tips ini cocok untukmu. Sebelum mengolah daging, taburi daging dengan garam kasar secara merata dan diamkan minimal selama satu jam. Setelah itu, bilas dan keringkan daging sebelum dimasak. Semakin lama daging dibiarkan dengan taburan garam, maka daging akan semakin semakin empuk.

3. Marinasi dengan Buah

Enzim yang ada di buah dapat membantu daging agar cepat empuk. Haluskan buah dan marinasi daging dengan bubur buah tersebut. Diamkan selama satu hari di wadah yang tertutup. Buah yang direkomendasikan adalah buah yang mengandung asam, seperti kiwi, nanas, dan pepaya. Catatan jika menggunakan nanas, untuk tidak memarinasi terlalu lama agar daging tidak menjadi bubur.

3. Marinasi dengan Asam

Selain buah, Sahabat Fimela juga bisa menggunakan asam lainnya, seperti jus lemon, cuka, atau wine. Kandungan asam yang ada akan memcah serat otot daging sehingga akan lebih empuk saat dimasak. Caranya cukup mudah, hanya dengan marinasi daging dengan asam jus lemon, cuka, atau wine semalaman di wadah tertutup untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Gunakan Baking Soda

Bukan rahasia lagi apabila baking soda digunakan agar daging cepat empuk saat dimasak. Baking soda juga tidak akan mempengaruhi rasa daging. Tapi perlu diperhatikan takaran yang tepat agar daging empuk dengan maksimal. Cukup dengan setengah sendok teh baking soda setiap setengah kilo daging. Baking soda dapat ditambahkan saat merebus daging.

Nah, Sahabat Fimela sekarang sudah tahu tips memasak daging agar cepat lunak. Memasak daging yang empuk ternyata tidak sesulit itu. Ayo tunggu apalagi jangan lupa praktikkan sendiri di rumah ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading