Sukses

Food

5 Makanan yang Sebaiknya Tak Dipanaskan Ulang

Fimela.com, Jakarta Memanaskan atau memasak ulang makanan adalah salah satu cara paling praktis dan sering dianggap sebagai pilihan terbaik. Memanaskan ulang makanan dianggap bisa membuat makanan tahan lebih lama. Bahkan, beberapa orang percaya jika makanan yang dipanaskan ulang akan memiliki cita rasa yang lebih lezat dari sebelumnya. 

Makanan yang tidak habis dimakan dalam satu kali makan, tentu akan sayang jika dibuang. Dan sebagai solusi terbaik yang menjadi pilihan banyak orang adalah memanaskan ulang makanan tersebut. Tapi sayangnya, tidak semua makanan bisa dipanaskan ulang Sahabat Fimela. Ada beberapa makanan yang sebaiknya tak dipanaskan ulang karena ini berbahaya buat kesehatan. 

Apa saja kiranya makanan yang sebaiknya tak dipanaskan ulang? Simak daftarnya yang berikut ini.

Jamur

Jamur adalah makanan pertama yang sebaiknya tak dipanaskan ulang. Kandungan nutrisi pada jamur akan banyak berkurang saat dipanaskan dalam waktu lama bahkan terlalu sering. Jamur yang dipanaskan ulang juga berpotensi mengganggu sistem pencernaan. 

Sayur Bayam, Buat Bit dan Seledri

Ketiga makanan ini sebaiknya juga tak dipanaskan ulang setelah dimasak. Panas bisa mengubah nitrat dalam makanan tersebut menjadi racun, dan melepaskan senyawa karsinogenik jika dipanaskan ulang. Ini tentu akan cukup berbahaya buat kesehatan jika kamu memaksa memanaskan ulang aneka makanan tersebut dengan dalih sayang jika harus dibuang. 

Telur

Telur rupanya juga sebagai makanan yang sebaiknya tak dipanaskan ulang. Baik telur rebus atau telur goreng, keduanya berpotensi mengeluarkan racun berbahaya jika dipanaskan berulang kali. Ini akan sangat mengganggu sistem pencernaan dan menyebabkan masalah yang membuat tidak nyaman. 

Nasi

Nasi yang belum dimasak rentan menyebarkan jamur yang bisa menyebabkan makanan menjadi beracun. Saat nasi dimasak, jamur itu tidak lagi berbahaya. Namun saat kamu membiarkan nasi yang sudah matang dalam suhu ruangan, jamur akan menyebar lagi. Ini bisa menghasilkan racun yang berbahaya bagi pencernaan dan rentan menyebabkan diare. 

Daging Ayam

Komposisi protein pada daging ayam matang yang didinginkan akan berubah saat makanan tersebut dipanaskan ulang. Hal ini rentan menimbulkan masalah pada pencernaan. Jika kamu ingin memanaskan ayam, pastikan kamu memasaknya sampai benar-benar matang. 

Itulah sekian makanan yang sebaiknya tak dipanaskan ulang karena bisa berpotensi berbahaya bagi kesehatan. Semoga informasi ini bermanfaat dan semoga kita semakin bijak dalam mengolah aneka makanan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading