Sukses

Food

Selalu Ada, Berikut 5 Makanan Takjil khas Ramadan

Fimela.com, Jakarta Saat bulan puasa berlangsung, biasanya akan berjajar pedagang makanan takjil khas Ramadan, mulai dari kolak yang manis hingga gorengan bercita rasa asin-gurih. Bulan Ramadan sejatinya memang penuh berkah. Dengan meramaikan dagangan takjil, Sahabat Fimela bisa dibilang sudah berkontribusi dalam memajukan UMKM musiman.

Bisnis musiman berupa makanan takjil bulan Ramadan ini biasanya mengikuti tren. Sempat ada masanya pedagang takjil berlomba-lomba menjual es kepal milo dan donat mie instan. Meskipun demikian, terdapat makanan yang tak pernah absen di bulan puasa, lho! Apa saja itu?

Simak artikel berikut sampai tuntas, ya. Bisa saja panganan favorit Sahabat Fimela masuk ke dalam daftar ini. Atau, 5 makanan di bawah bisa menjadi ide jualan takjil bagi kamu yang ingin mencoba peluang bisnis kuliner!

Lontong Isi

Salah satu menu takjil yang banyak diminati selanjutnya adalah lontong isi. Berbahan dasar beras dan sayuran, kudapan ini kerap dipilih untuk mengatasi rasa lapar setelah berpuasa seharian.

Umumnya terdapat beberapa jenis isian lontong, mulai lontong berisikan sayur, oncom, daging ayam, dan sebagainya. Lebih enak lagi, jika kamu mengonsumsinya dengan sambal kacang yang disiram di atas lontong.

Bakwan Jagung

Gorengan menjadi menu andalan yang selalu ada di setiap menu berbuka puasa. Bakwan goreng adalah gorengan yang juga cocok jadi menu takjil yang sederhana. Rasanya yang renyah dipadukan cabai rawit, dijamin ini jadi menu favorit Sahabat Fimela dan keluarga untuk berbuka puasa nantinya.

Kolak Pisang dan Ubi

Kolak sudah pasti jadi juaranya takjil bulan puasa, apalagi kolak adalah salah satu menu yang hanya muncul di bulan puasa. Banyak sekali jenis kolak yang ada di pasaran, mulai dari pisang, ubi, kolang-kaling, dan ada juga kolak singkong. Cita rasanya yang manis dari gula merah dan gurih dari santan memang selalu berhasil memuaskan lidah.

Bubur Kampiun

Bagi yang suka minuman segar-segar, takjil untuk berbuka puasa ini juga bisa jadi pilihan. Sahabat Fimela yang ingin mencicipi beragam takjil sekaligus, rasanya tepat jika memilih bubur kampiun. Takjil khas Minang ini merupakan perpaduan aneka kolak, bubur sumsum, dan srikaya dalam satu mangkok. Dijamin puas deh!

Risoles

Risoles– atau biasa disebut dengan nama risol– tak ketinggalan menjadi menu takjil favorit saat bulan Ramadan. Umumnya risol berisikan daging cincang, dan sayuran yang dibungkus oleh kulit dan digoreng menggunakan kocokan telur ayam dan tepung panir. Kudapan risol biasanya disajikan dengan cabai rawit atau sambal kacang yang pedas.

Demikian pembahasan tentang 5 makanan takjil khas ramadan yang tak pernah lekang oleh waktu maupun tren. Karena kelima sajian di atas merupakan jajanan yang “timeless”, Sahabat Fimela bisa menjadikannya sebagai ide jualan!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading