Sukses

Food

Cara Praktis Merebus Kacang Hijau yang Empuk Tapi Tidak Hancur

Fimela.com, Jakarta Bubur kacang hijau menjadi salah satu menu makanan yang disukai oleh hampir semua orang. Selain enak, ini juga kaya nutrisi. Ini bahkan dipercaya sebagai salah satu super food untuk anak-anak. Di bulan Ramadan seperti sekarang ini, bubur kacang hijau bahkan menjadi menu takjil idola sebagian besar orang. 

Untuk membuat bubur kacang hijau sendiri, sebenarnya bisa kita lakukan dengan mudah di rumah. Mau bubur kacang hijau dengan kacang yang merekah dan lumer di mulut, atau kacang yang masih utuh atau tidak pecah, itu semua bisa kita lakukan. Berikut beberapa cara merebus bubur kacang hijau yang empuk tapi tidak hancur.

Rendam Kacang Hijau Sebelum Memasak

Sebelum merebus, rendam kacang hijau dalam air hangat selama setidaknya 1-2 jam atau semalaman. Proses merendam ini membantu melembutkan kacang dan mempersiapkannya untuk proses memasak. Dengan teknik ini kacang hijau yang direbus bisa cepat empuk bahkan sebelum kulitnya pecah atau hancur. 

Masukkan Kacang Hijau Saat Air Mendidih

Memasukkan kacang hijau sebaiknya saat air sudah mendidih. Panas pada air akan membuat kacang lebih cepat empuk. Selain itu, ini juga meminimalisir hancurnya kacang hijau karena terlalu lama direbus.

Gunakan Api Sedang

Ketika merebus kacang hijau, penting untuk menggunakan api sedang atau api kecil. Menggunakan api terlalu besar bisa menyebabkan air mendidih terlalu keras. Dikhawatirkan hal ini bisa membuat kacang hijau mudah pecah atau hancur. Api sedang memungkinkan kacang untuk dimasak secara perlahan dengan kematangan yang merata. 

Tambahkan Garam Setelah Kacang Matang

Jangan menambahkan garam ke dalam air ketika merebus kacang hijau, karena garam cenderung membuat kulit kacang menjadi keras dan sulit dimasak. Sebaliknya, tambahkan garam setelah kacang matang dan sudah empuk. Ini akan membantu menghasilkan tekstur kacang yang lebih lembut tanpa membuatnya hancur.

Perhatikan Waktu Memasak

Waktu memasak kacang hijau sebenarnya bisa bervariasi tergantung pada jenis dan kondisi kacang. Namun, umumnya, kacang hijau akan matang dalam waktu 20-30 menit setelah dimasukkan ke dalam air mendidih. Penting untuk memeriksa kacang secara berkala dan menguji kelembutannya, demi memastikan kematangannya. 

Jangan Terlalu Sering Mengaduk

Ketika kacang sedang dimasak, hindari mengaduknya terlalu sering atau terlalu keras. Hal ini bisa menyebabkan kacang menjadi hancur. Sebaliknya, cukup biarkan kacang direbus dengan tenang. Sesekali aduk perlahan untuk memastikan kematangan kacang hijau.

Gunakan Panci yang Tepat

Pastikan untuk memilih panci yang cukup besar untuk memberi ruang lebih pada kacang untuk bergerak selama proses memasak. Ini akan membantu mencegah kacang saling bertabrakan dan pecah. Selain itu, pastikan panci memiliki penutup yang pas. Hal ini agar uap tidak keluar terlalu banyak dan membuat air rebusan cepat kering pun tekstur kacang yang tak lagi lembut. 

Tambahkan Gula kemudian Santan

Untuk membuat bubur kacang hijau, tambahkan gula dan santan saat kacang sudah empuk. Selain membuat rasa kacang hijau lebih lezat, ini akan membuat gula dan santan tidak terlalu kematangan hingga mengubah cita rasanya. 

Itulah sekian cara untuk merebus kacang hijau agar empuk tapi tidak hancur atau pecah. Semoga cara ini bermanfaat dan selamat mencobanya. Selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankannya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading