Sukses

Food

Cara Membuat Rebusan Bunga Telang untuk Penurun Gula Darah dan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Bunga telang menjadi salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat kesehatan bahkan mampu memberikan efek pengobatan alami jika dikonsumsi dengan tepat, beberapa di antaranya adalah menurunkan kolesterol, gula darah hingga meningkatkan imun tubuh dan membantu menurunkan berat badan.

Belum lama ini teh bunga telang juga menjadi perhatian banyak orang karena selain khasiatnya yang baik untuk tubuh, juga karena penampilannya yang cantik jika disajikan secara estetik. Warnanya yang biru cerah akan berubah keunguan jika diberi perasan jeruk nipis atau lemon. Karena itulah banyak orang mulai giat minum teh bunga telang.

Cara terbaik untuk mendapatkan khasiat bunga telang adalah dengan minum aire rebusan atau seduhannya. Ini cara membuat rebusan bunga telang agar bisa menurunkan gula darah dan kolesterol.

1. Direbus segar

Bunga telang bisa dipanen segar, dipetik bunganya lalu dibilas air. Setelah itu direbus dengan air secukupnya untuk mendapatkan sari-sarinya. Cukup didihkan air, lalu masukkan beberapatangkai bunga telang, masak dengan api kecil hingga warna birunya keluar pekat. Angkat lalu saring air rebusannya. Minum selagi hangat untuk menurunkan kolesterol, darah tinggi, gula darah dan menjaga daya tahan tubuh terhadap penyakit.

2. Direbus kering

Jika tidak memiliki pohonnya di rumah, kita juga bisa mendapatkan bunga telang yang dijual kering. Cara merebus buang telang cukup mudah, didihkan air di dalam panci, masukkan beberapa bunga telang ke dalam air rebusan, aduk sesekali lalu matikan apinya. Tunggu hingga warnanya berubah menjadi biru. Tuang airnya ke dalam gelas dan minum selagi hangat. Jika ingin menyajikan dingin juga bisa, tinggal tunggu hingga dingin lalu tambahkan es batu. Bunga telang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga minum air rebusannya mampu memberikan asupan antioksidan tinggi untuk menangkal radikal bebas yang menjadi sebagai pemicu banyak penyakit di tubuh.

3. Dicampur bahan lain

Bunga telang juga lebih berkhasiat jika dicampurkan dengan tanaman obat lainnya yang juga memiliki sifat mengobati seperti jahe, serai, kayu manis, cengkeh, pandan atau bahkan jeruk nipis dan lemon. Banyak orang menjadikan bunag telang sebagai campuran wedang atau jamu tradisional. Cukup bersihkan bahan-bahan, rebus air hingga mendidih lalu masukkan bahan-bahan alami yang diinginkan. Jika sudah mendidih, masukkan bunga telang di akhir, aduk sesekali lalu matikan api dan tunggu hingga warna biru bunga telang keluar. Bunga telang tidak perlu direbus terlalu lama karena rentan hancur. Saring air rebusannya lalu konsumsi.

Itu dia cara membuat rebusan bunga telang untuk penurun kolesterol dan gula darah. Yuk coba di rumah!

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading