Sukses

Food

Tips Menggoreng Kentang agar Renyah Tahan Lama dan Sedikit Serap Minyak

Fimela.com, Jakarta Kentang goreng seringkali lembe setelah digoreng dan bahkan sangat berminyak sehingga kurang enak disantap. Tapi bagaimana jika kita sangat suka dan ingin makan kentang goreng tapi tetap renyah tahan lama sekaligus tidak berminyak? Ternyata ada beberapa cara yang bisa dicoba agar menggoreng kentang tetap renyah tahan lama dan sedikit menyerap minyak.

1. Bilas bersih kentang

Salah satu penyebab kentang goreng menyerap banyak minyak dan tidak renyah tahan lama adalah pati yang ada pada kentang. Jadi setelah memotong-potong kentang sebaiknya bilas bersih hingga airnya bening. Jika air rendaman sudah bening, tiriskan kentang dan rendam di dalam air bumbu. Simpan kentang di kulkas sambil menunggu bumbu meresap. Menggoreng kentang dingin juga membuat testurnya lembut di dalam dan krispi di luar.

2. Tabur tepung

Sebelum menggoreng kentang, balur dengan tepung maizena sehingga bisa mengurangi air pada kentang sekaligus mencegah kentang menyerap banyak minyak. Membalur tepung maizena tidak perlu terlalu banyak atau tebal, asal merata pada permukaan kentang saja. Caranya, tiriskan kentang dari rendaman air bumbu, keringkan dengan tisu lalu tabur tepung maizena. Ayak agar tepung bisa melapisi dengan merata. Beberapa orang menggunakan teknik merebus setengah matang dulu, baru membaluri kentang dengan tepung maizena, kemudian melanjutkan menggoreng kentang hingga matang krispi.

3. Rendam air cuka

Boleh juga mencoba teknik merendam dengan air cuka selama semalam agar kentang renyah tahan lama. Caranya mudah, campurkan satu sendok makan cuka ke dalam air secukupnya untuk merendam kentang. Simpan di dalam kulkas selama semalam. Merendamnya akan membantu menghilangkan kelebihan pati dan membuat tekstur kentang goreng lebih renyah. Merendam dengan air cuka juga membantu mencegah kentang teroksidasi dan berubah warna. Setelah itu tiriskan lalu rendam air bumbu sebelum digoreng.

4. Minyak panas

Agar kentang goreng tidak menyerap banyak minyak, cara terbaik yang bisa dilakukan adalah memastikan memanaskan minyak dengan baik. Memasukkan kentang saat minyak sebelum panas bisa membuat kentang menyerap banyak minyak dan membuat kentang lama renyahnya. Pastikan juga penggorengan yang digunakan cukup besar dan minyak yang digunakan cukup banyak hingga merendam kentang sehingga bisa matang krispi merata.

5. Tiriskan di atas tisu dapur

Segera setelah mengangkat kentang goreng dari minyak panas, langsung tiriskan di atas piring yang sudah dialasi tisu agar kelebihan minyak bisa diserap dan tidak menyerap ke dalam kentang. Jika tisu sudah basah dengan minyak, pindahkan ke piring lain yang sudah dialasi tisu baru. 

Itu dia beberapa tips menggoreng kentang agar sedikit serap minyak dan tetap renyah lama. Semoga bermanfaat.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading