Sukses

Food

Cara Membuat Rebusan Kencur untuk Penurun Kolesterol dan Gula Darah Alami

Fimela.com, Jakarta Kencur merupakan salah satu tanaman obat dan rempah yang bukan hanya memiliki aroma dan cita rasa yang unik tapi juga memiliki khasiat yang bagus untuk kesehatan, beberapa di antaranya adalah membantu meredakan gejala maag, meningkatkan imunitas tubuh, menurunkan kadar gula darah, meredakan nyeri dan peradangan. Itu karena kandungan vitamin, mineral dan berbagai senyawa alami di dalam kencur yang berperan penting dalam menjaga kesehatan.

Cara paling mudah mendapatkan manfaat kencur adalah mengonsumsi air rebusannya. Cara beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merebus kencur, ini dia caranya.

1. Diparut

Cuci bersih kencur, ambil secukupnya sekitar 3-4 ruas kencur untuk satu porsi air rebusan. Parut kencur, lalu rebus dengan air secukupnya. Setelah mendidih, saring ke dalam gelas sari-sari rebusan kencur lalu minum selagi hangat. Boleh tambahkan sedikit madu jika rasanya terlalu kuat dan asing di lidah.

2. Digeprek atau diiris

Jika tidak ingin rasa kencur terlalu pekat, boleh juga hanya digeprek dan diris tipis. Kupas secukupnya kencur sebanyak 3-4 ruas atau sekitar 5 cm, lalu rebus bersama air secukupnya. Jika sudah tidak terlalu panas, saring airnya dan minum air rebusan kencur selagi hangat.

3. Dikeringkan

Jika sulit menemukan kencur segar, boleh juga membeli kencur yang sudah dikeringkan. Cara mengolahnya cukup mudah. Rendam dahulu kencur kering di dalam air di panci. Tunggu hingga kencur tidak terlalu kering, lalu didihkan airnya. Tunggu hingga sari kencur keluar, lalu saring dan minum air rebusannya. Beberapa orang menjual versi kencur bubuk sehingga mudah diseduh dan diminum.

4. Dijadikan jamu

Kencur juga akan bertambah khasiatnya jika diolah bersama bahan-bahan berkhasiat lain seperti jahe, kunyit, pandan, kayu manis dan lain sebagainya. Kencur sudah sejak lama dijadikan bahan jamu untuk mengatasi berbagai penyakit dan masalah kesehatan, salah satunya menjadi beras kencur. Jadi boleh-boleh saja menambahkan rempah atau tanaman obat lain jika suka. Cukup bersihkan semua bahan, tumbuk, geprek atau iris tipis lalu rebus hingga harum. Nikmati air rebusannya.

Itu dia cara membuat rebusan kencur penurun kolesterol dan darah tinggi yang cocok diminum hangat. Cukup simpel kan? Yuk coba sendiri bikin di rumah air rebusan kencur untuk menjaga kesehatan.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading