Sukses

Food

2 Rahasia Kelezatan Sambal Kentang Ati khas Lebaran

Fimela.com, Jakarta Lebaran tinggal menghitung hari, sudah melakukan persiapan apa saja Sahabat Fimela? Sebagai keluarga muslim, menyambut tamu saat lebaran dengan berbagai hidangan khas adalah tradisi umum saat Hari Raya Idul Fitri. Mulai dari kelezatan makanan hingga beragam kue khas lebaran.

Beragam menu lebaran yang biasa disantap saat hari raya antara lain ketupat, opor ayam, sayur pepaya, rendang daging, dan semur daging. Tak ketinggalan, ada juga hidangan lebaran yang wajib ada di meja: sambal goreng kentang & ati. Hidangan khas ini penuh bumbu, nikmat dan langsung menggugah selera. Proses pembuatan sambal kentang ati membutuhkan beberapa bahan utama antara lain hati sapi, kentang, bumbu halus, dan tentunya MSG alami.

Kelezatan menu khas lebaran, yang terpadu antara ati sapi goreng kering dan kentang potong dadu pastinya menjadi salah satu hidangan populer. Beragam bumbu seperti seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, daun jeruk, daun salam, serai, lengkuas, dan jahe ditumis hingga harum. Selanjutnya masukkan bumbu ke dalam adonan hati sapi dan kentang lalu aduk hingga tercampur rata. Setelah matang, sajian lezat ini siap dihidangkan untuk orang tersayang.

Lalu, apa sih sebenarnya rahasia dari kelezatan sajian khas lebaran ini? Cek penjelasannya di bawah ini.

Merupakan Rahasia Turun Temurun

Di balik kelezatan Sambal Kentang Ati, ada rahasia yang diturunkan dari generasi ke generasi. Chef Leonie Susan, pemilik restoran ternama di Bali, mengungkapkan rahasia kelezatan hidangan ini tidak hanya terletak pada bumbu yang dipilih dengan cermat, tetapi juga pada kandungan MSG (monosodium glutamat) alami.

Dalam keterangan yang disampaikan di KapanLagi.com, Leonie menyebutkan jika MSG masih sering disalahpahami, MSG alami sebenarnya terbuat dari garam natrium asam glutamat, lanjut Leonie. “Proses fermentasi bahan baku alami seperti molase, tapioka, dan jagung menjadikan MSG alami sebagai elemen penting yang memperkaya cita rasa masakan,” kata Leonie.

Kelezatan MSG Alami

Dalam keterangannya, Leonie menjelaskan, MSG ditemukan pada tahun 1908 oleh Dr Ikeda dari Jepang. Sejak saat itu, MSG telah menjadi bumbu penting di dapur di seluruh dunia. MSG tidak hanya digunakan sebagai bumbu saja, tetapi juga memiliki nilai gizi yang penting bagi tubuh manusia.

MSG sebagai salah satu komponen gizi protein berupa asam amino non esensial memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kesehatan dan keseimbangan gizi tubuh. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang monosodium glutamat alami, masyarakat dapat menikmati hidangan lezat seperti sambal kentang ati saat Idul Fitri tanpa khawatir akan dampaknya terhadap kesehatan.

Penggunaan MSG alami memberikan cita rasa yang unik pada masakan, sehingga lebih berkualitas dan tahan lama. Jadi, masakan yang kamu buat pun lebih tahan lama.

Bagaimana Sahabat Fimela? Sudah tidak sabar untuk membuat Sambal Kentang Ati? Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading