Sukses

Food

Resep Sambal Tomat Segar yang Bisa Dibikin Dalam Waktu 5 Menit Saja, Tertarik Mencobanya?

Fimela.com, Jakarta Ayo ngaku, siapa di sini yang nggak nafsu makan kalau nggak ada sambal? Memang benar kalau keberadaan sambal sendiri sudah jadi ‘hukum wajib’ bagi sejumlah orang Indonesia. Selain karena bikin cita rasa makanan jadi tambah kaya, keberadaan sambal di atas meja makan juga dipercaya mampu meningkatkan selera yang dipunya. Nah, berbicara soal sambal, pasti kamu sudah nggak asing lagi bukan dengan sambal tomat segar?

Sambal tomat segar faktanya sering jadi pilihan banyak orang untuk menemani waktu makan. Selain rasa pedas, sambal tomat enak ini juga sanggup tawarkan kesegaran dari bahan-bahan yang digunakan. Misalnya saja, bawang merah, cabai rawit, bawang putih, serta tambahan bahan lainnya seperti terasi dan berbagai jenis bumbu penyedap.

Di sisi lain, cara membuat sambal tomat segar juga gampang dan cepat banget. Bahkan, ada sejumlah resep makanan atau cara membuat sambal tomat yang segar dan enak dalam waktu 5 menit saja. Dengan begitu, kamu nggak perlu bingung lagi mencari ke sana kemari sambal tomat enak dan segar. Sebab, jenis sambal ini sudah bisa dikreasikan di dapur sendiri. Yuk, simak informasi berikut ini.

Alasan Mengapa Harus Memilih Sambal Tomat Segar

Kenapa sih harus menjadikan sambal tomat segar sebagai teman makan kapanpun itu? Kamu harus tahu bahwa sambal ini memiliki keistimewaan yang belum tentu dimiliki oleh jenis sambal lainnya. Misalnya saja, sambal tomat segar mentah punya tingkat kesegaran yang lebih baik ketimbang jenis lainnya. Selain itu, beberapa varian sambal tomat yang segar juga sanggup memberikan rasa asam yang bikin nagih dan susah banget buat digantiin. 

Bukan cuma itu saja, banyak orang yang menganggap sambal tomat yang segar ini cocok untuk dikombinasikan bersama aneka ragam menu bersantap lainnya. Mulai dari makanan yang digoreng, dipanggang, dibakar, bahkan berbagai sup hangat yang nikmat. Kalau mau dicampurkan dengan nasi panas bersama tahu tempe, dan kerupuk pun juga ide yang menarik. Pokoknya, itu kembali lagi ke bagaimana cara kamu ingin menikmati jenis sambal segar ini.

Kumpulan Resep Sambal Tomat Segar

Buat yang mau tahu cara membuat sambal tomat segar, kamu tinggal intip saja beragam resep makanan berikut ini. Ada sejumlah resep sambal tomat yang segar untuk kamu coba bikin sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan yang nggak banyak dan waktu pembuatan yang singkat, dijamin berbagai resep ini bakal gampang dan praktis banget buat diterapkan. Simak dulu yuk di bawah ini!

1. Sambal Tomat Hijau Segar

Sambal tomat hijau segar bisa menjadi pilihan tepat buat kamu yang mau makan siang dengan lauk cukup berat, seperti ayam goreng atau ikan bakar. Rasa asem, manis, dan sedikit gurih pada sambal tomat segar mentah tentunya akan membuat cita rasa yang kaya pada aneka lauk yang kamu santap. Untuk cara membuat sambal tomat segar menggunakan tomat hijau bisa kamu cek berikut ini.

Bahan-bahan:

500 gram buah tomat hijau 

1 ons cabai merah

12 siung bawang putih

Garam secukupnya

Gula secukupnya

Penyedap rasa secukupnya

Cara membuat:

- Kupas bawang merah dan bawang putih. Lalu, cuci bersama dengan tomat hijau dan cabai merah.

- Potong tomat hijau yang sudah bersih berbentuk kotak kecil. 

- Giling bahan-bahan yang sudah dicuci tersebut menggunakan ulekan, kecuali tomat hijau. 

- Jika sudah, tumis sebentar di api yang kecil. 

- Tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa. Aduk hingga merata dan lakukan koreksi rasa.

- Jika sudah setengah matang, masukkan tomat hijau ke dalamnya. Aduk kembali dan tunggu hingga matang. Jangan terlalu lama agar tekstur tomat hijau nggak terlalu lembek.

- Bila sudah matang, pindahkan sambal ke dalam mangkuk atau piring. Selamat menikmati sambal tomat hijau yang menyegarkan.

2. Sambal Tomat Segar Belacan

Selanjutnya, ada sambal terasi tomat segar dan enak yang dibuat dengan menambahkan belacan atau terasi. Dengan aroma khas udang rebon dan gurih yang pas pada terasi menjadikan sambal tomat enak ini wajib untuk dicoba. Mengkreasikannya pun juga semudah sambal tomat hijau, lho. Mau tahu cara membuatnya?

Bahan-bahan:

8 buah tomat hijau kecil

6 buah cabai rawit merah (jumlahnya bisa disesuaikan lagi dengan level kepedasan yang disukai)

3 bawang merah

1 buah cabai keriting segar

20 gram belacan

1 sdt penyedap rasa ayam

1 sdt kaldu jamur bubuk

Minyak untuk menumis secukupnya

2 sdm air putih

Cara membuat:

- Cuci bersih tomat hijau, cabai rawit merah, cabai keriting, dan bawang merah. 

- Ulek semua bahan, mulai dari bawang merah, cabai rawit merah, dan cabai keriting. Setelah tekstur sudah lebih halus, masukkan tomat hijau yang sudah dipotong-potong kecil dan kemudian ulek kembali. 

- Panaskan minyak di dalam wajan, lalu masukkan belacan yang sudah dihancurkan. Jika belacan sudah setengah matang, waktunya memasukkan semua sambal yang sudah dihaluskan tadi. Masak hingga matang dan aroma sambal keluar.

- Tambahkan penyedap rasa ayam, kaldu jamur bubuk, dan air putih. Aduk hingga rata dan jangan lupa koreksi rasa. 

- Jika sudah matang, tinggal dihidangkan saja di atas meja makan. Gimana, simpel bukan?

3. Sambal Tomat Campur Cencalok

Sambal tomat segar mentah yang dicampur dengan cencalok juga bisa jadi inspirasi sambal sedap untuk pendamping makan di atas meja makan. Cencalok sendiri merupakan salah satu hidangan khas Melayu, yang berbahan dasar udang rebon yang difermentasikan. Rasanya yang unik dan nggak biasa membuat cencalok jadi sebuah sajian yang cukup asing untuk beberapa orang. Tapi bila kamu tertarik dengan sambal tomat enak ini, maka wajib banget mengintip resep sambal tomat goreng dengan cencalok seperti berikut.

Bahan-bahan:

1 ons cencalok 

7 siung bawang merah

5 siung bawang putih

3 buah tomat merah 

15 buah cabai rawit merah

3-4 batang serai

2-3 batang daun bawang

1 buah jeruk nipis (boleh ganti 2-3 jeruk sambal)

4-5 sdm atau secukupnya minyak goreng

Cara membuat:

- Cuci bersih bawang merah dan putih yang sudah dikupas kulitnya. Jangan lupa pula untuk mencuci tomat merah, cabai rawit merah, batang serai, dan daun bawang. 

- Ulek kasar 8 cabai rawit dan 5 bawang putih. Untuk sisa cabai rawit, bawang putih, dan semua bawang merah, tinggal diiris agak tebal saja seperti membuat acara bawang. Untuk daun bawang dan batang serai juga cukup diiris tipis saja. 

- Setelah itu, tumis semua bahan yang diiris tersebut (kecuali daun bawang) ke dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan terlebih dulu. Masak sebentar. 

- Jika sudah sedikit layu, masukkan bahan-bahan yang sudah diulek kasar. Masak lagi sebentar.

- Masukkan cencalok ke dalam wajan memasak, dan aduk sebentar. Nggak perlu menambahkan garam ataupun micin, karena cencalok sudah cukup asin. Tetapi, bila ingin rasanya sedikit manis, bisa kamu tambahkan gula sedikit ke dalam sambal tersebut.

- Masukkan irisan daun bawang dan aduk sebentar. Jika sudah matang, tambahkan jeruk nipis dan tinggal disajikan.

4. Sambal Tomat Segar Kemangi

Sambal terasi tomat segar dengan tambahan daun kemangi yang berharum khas juga bisa jadi pilihan bagi keluarga di rumah. Cara membuat sambal tomat segar dengan terasi dan daun kemangi ini juga terbilang mudah dan gampang ditiru, bahkan untuk para pemula sekalipun. Mau tahu resep sambal tomat hijau dengan terasi dan daun kemangi ini? 

Bahan-bahan:

2 buah cabai merah besar

7 buah cabai rawit merah

3 siung bawang merah

2 buah tomat hijau

1 sachet kecil terasi udah yang sudah digoreng/dibakar

1 sdm gula pasir

½ sdt garam

¼ kaldu jamur

1 jeruk nipis

1 genggam daun kemangi

Cara membuat:

- Bersihkan cabai merah besar, cabai rawit merah, bawang merah yang sudah dikupas kulitnya, tomat hijau, dan daun kemangi.

- Siapkan ulekan dan haluskan terasi serta semua bahan yang sudah dicuci tadi, kecuali tomat hijau dan daun kemangi.

- Jika sambal sudah halus, masukkan irisan tomat hijau dan ulek lagi hingga tercampur rata.

- Beri perasan jeruk nipis dan lalu masukkan daun kemangi. Ulek hingga teksturnya lebih halus.

- Tambahkan gula pasir, gara, dan kaldu jamur. Jangan lupa koreksi rasa. Jika sudah enak, sambal tomat segar kemangi siap untuk disantap.

5. Sambal Tomat Tanpa Terasi

Sambal terasi tomat segar tanpa terasi menjadi rekomendasi sambal berikutnya yang wajib kamu bikin sendiri di rumah. Sama seperti jenis sambal sebelumnya, cara membuat sambal tomat segar ini juga gampang dan cepat banget. Nah, untuk resep sambal tomat tanpa terasi bisa langsung kamu cek di sini.

Bahan-bahan:

1 buah tomat merah

10 cabai rawit merah

5 siung bawang merah

4 siung bawang putih

1 buah jeruk sambal

Garam, gula, dan kaldu jamur bubuk secukupnya

Cara membuat:

- Cuci bersih tomat merah, cabai rawit merah, bawang merah dan putih yang sudah dikupas kulitnya.

- Rebus semua bahan yang sudah dibersih di dalam air mendidih. Cukup 2-3 menit saja 

- Siapkan cobek/ulekan, haluskan bahan-bahan tersebut dan tambahkan garam, gula, dan kaldu jamur bubuk. Aduk yang rata.

- Setelah itu, peras jeruk sambal ke atas sambal dan jangan lupa dicampur kembali. Resep sambal tomat tahan lama yang satu ini siap disajikan. Jika kebanyakan, kamu tinggal simpan saja kembali ke dalam kulkas. Jika ingin disantap kembali, tinggal panaskan saja dengan sedikit minyak goreng.

6. Sambal Tomat Jeruk Limau

Sambal tomat enak dan segar juga bisa dibikin dengan tambahan jeruk limau. Resep sambal tomat tahan lama ini bisa kamu pilih karena keawetannya yang terjaga hingga beberapa hari. Bahkan, sambal tomat hijau ini dapat kamu bawa pergi ke mana-mana sebagai pendamping momen bersantap yang asyik. Yuk, langsung buat saja menggunakan resep makanan yang satu ini!

Bahan-bahan:

7 buah cabai rawit merah

2 buah cabai merah besar 

3 siung bawang merah

3 siung bawang putih

2 buah tomat hijau segar

1 buah jeruk limau

Gula jawa secukupnya

Garam dan penyedap rasa secukupnya

Minyak secukupnya untuk menumis

Cara membuat:

- Bersihkan cabai rawit merah, cabai besar merah, tomat hijau, dan bawang merah dan putih yang sudah dikupas kulitnya. Setelah itu, potong menjadi beberapa bagian, jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil.

- Goreng semua bahan-bahan yang telah dipotong tersebut dalam sedikit minyak. Jika sudah layu, sisihkan ke dalam wadah bersih.

- Siapkan cobek, masukkan garam dan penyedap rasa secukupnya. Kemudian, masukkan bahan-bahan yang sudah digoreng tadi, dan ulek hingga halus. 

- Jika sudah halus, tambahkan gula jawa dan ulek lagi sebentar. Setelah itu, tambahkan perasan jeruk limau dan aduk hingga rata. Sajikan. 

7. Sambal Tomat Segar Matang

Sambal tomat enak yang matang juga nggak kalah enaknya dan buatnya pun mudah. Dengan prosesnya yang dimasak dulu membuat resep sambal tomat tahan lama ini harus banget untuk dicoba. Yuk, intip dulu resep sambal tomat goreng berikut ini.

Bahan-bahan:

4 siung bawang merah, cincang kasar

3 siung bawang putih, cincang kasar

2 cabai merah besar, potong-potong

7 cabai rawit merah

4 tomat merah, potong-potong

1 sachet terasi, bakar/goreng sebentar

Gula, garam, dan penyedap rasa secukupnya

Minyak goreng secukupnya

Cara membuat: 

- Goreng bawang merah dan putih, cabai merah besar, cabai rawit merah, dan tomat merah. 

- Siapkan cobek, ulek semua bahan-bahan yang sudah digoreng tersebut beserta terasi, gula, dan garam secukupnya. 

- Koreksi rasa, bila ada yang kurang bisa ditambahkan lagi dengan bumbu-bumbu yang ada.

Nah, itu dia beberapa jenis sambal tomat segar yang bisa kamu bikin sendiri dalam waktu 5 menit saja. Yuk, cobain berbagai resep makanan di atas!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading