Sukses

Food

Begini Cara Ngulek Sambal Biar Cepat Halus dan Cita Rasanya Keluar, Wajib Dicontoh

Fimela.com, Jakarta Cara ngulek sambal yang tepat pastinya akan membantu kamu untuk bikin sambal yang nikmat tanpa perlu bersusah payah. Mengulek sambal sendiri merupakan salah satu rutinitas masyarakat Indonesia di dapur. Menurut banyak orang, sambal yang dihasilkan dari proses pengulekan dianggap lebih enak dan autentik. Selain itu, aroma dari sambal yang diulek pun lebih keluar, sehingga membuatnya semakin menggugah selera.

Meski demikian, proses pengulekan sambal yang mengandalkan kekuatan tangan terkadang belum tentu bisa dilakukan oleh semua orang. Apalagi, cara ngulek sambal hingga teksturnya halus juga membutuhkan kesabaran dan teknik yang tepat biar nggak bikin tangan pegal. 

Kabar baiknya, kamu bisa menggunakan tips ngulek sambal biar cepat halus dan pastinya mudah banget buat diterapkan. Selain bikin proses pengulekan sambal cepat, kamu juga bisa terhindar dari pegal-pegal tangan yang nggak banget. Baca informasinya berikut ini, yuk!

Cara Ngulek Sambal yang Bikin Hasilnya Cepat Halus dan Enak

Tips ngulek sambal biar cepat halus sebenarnya gampang banget, kok. Bahkan, cara bikin sambal ini bisa kamu terapkan saat membuat berbagai varian sambal pedas yang nikmat sehari-harinya. Contek dulu yuk rahasianya di sini.

1. Pilih Ulekan dari Batu

Cara ngulek sambal yang mudah dan bikin cepat halus adalah dengan memilih ulekan dari batu. Tips ngulek sambal biar cepat halus ini wajib banget diterapkan karena memang seampuh itu untuk bikin hasil ulekan yang maksimal dan pastinya enak. 

Dibanding dengan material lain, ngulek sambal di cobek akan lebih memudahkan kamu dalam menghaluskan bahan-bahan sambal pedasmu. Hal ini nggak terlepas pula dari permukaan ulekan dari batu yang keras dan kokoh, sehingga terasa lebih nyaman untuk digunakan. Permukaan ulekan yang keras ini juga sanggup menggiling bahan-bahan lebih cepat. Jadi, nggak bakal butuh waktu lama buat kamu membuat sambal pedas yang disukai.

2. Gunakan Sehelai Kain Lap sebagai Alas

Tips ngulek sambal biar cepat halus selanjutnya yaitu menggunakan sehelai kain lap sebagai alas. Seringkali orang-orang mengulek di atas permukaan licin, seperti lantai keramik. Padahal, hal tersebut justru akan membuat kegiatan mengulek jadi kurang nyaman karena bikin ulekan dari batu mudah bergerak ke mana-mana. Oleh karena itulah, kamu wajib menggunakan alas di bawah cobek sebagai cara ngulek sambal yang nyaman dan mudah.

Ngulek sambal di cobek yang beralaskan kain lap sebagai alas akan menghambat pergerakan ulekan. Selain itu, cara ini juga dapat membantu meminimalisir suara yang dihasilkan dari sentuhan lantai dan cobek saat mengulek sambal. 

3. Potong Kecil Bahan-Bahan untuk Bikin Sambal

Memotong bahan-bahan sambal menjadi kecil juga menjadi salah satu cara ngulek sambal biar nggak pegal. Cara ngulek sambal satu ini bisa mempersingkat proses pengulekan dan bikin tekstur sambal halus merata. Selain itu, cara bikin sambal seperti ini bisa pula menghindari bahan-bahan seperti bawang merah atau putih meloncat dari cobekan ketika diulek. Jadi, jangan lupa dicoba, ya.

4. Tambahkan Garam dan Bumbu Sambal Pedas Lainnya

Cara ngulek sambal selanjutnya adalah menambahkan garam dan bumbu sambal pedas lainnya ke dalam cobek sebelum menggiling sambal. Selain dapat menambah cita rasa pada sambal, cara bikin sambal seperti ini pun bisa pula membuat bahan-bahan jadi cepat hancur karena tekstur kasar yang dipunya. 

Walau begitu, cara ngulek sambal biar nggak pegal dengan menambahkan garam dan bumbu sambal lainnya sebaiknya jangan dilakukan secara berlebihan. Sebab, garam dan bumbu lainnya akan merusak cita rasa pedas dari sambal bila diberi tanpa takaran yang tepat. 

5. Bahan Sambal Diulek Satu Per Satu

Biar cepat selesai dan terbebas dari permasalahan tangan pegal, maka wajib banget mengulek bahan-bahan sambal satu per satu pakai ulekan dari batu. Cara ngulek sambal ini bisa dilakukan dengan mengulek terlebih dahulu bumbu dasarnya seperti garam, ketumbar, dan sejenisnya. Setelah itu, masukkan bawang-bawangan dan berbagai cabai yang digunakan. Jika sudah halus, kamu bisa masukkan bahan-bahan seperti tomat dan sejenisnya. Fyi saja kalau cara bikin sambal bisa bikin hasilnya cepat halus dan rasanya juga pasti enak.

6. Uleklah dengan Cara Digerus

Cara ngulek sambal biar nggak pegal satu ini wajib banget diterapkan. Sebab, mengulek dengan cara digerus akan bikin tekstur bahan-bahan sambal cepat hancur dan halus. Bahkan, cara bikin sambal ini nggak perlu pakai banyak tenaga, sehingga tanganmu bisa terhindar dari rasa letih setelah mengulek berbagai varian sambal pedas. 

Nah, sebelum menggerus sambal, jangan lupa pula untuk menumbuk bahan-bahan sebanyak 1-3 kali. Setelah lebih hancur, barulah kamu bisa menggerus bahan-bahan sambal hingga tekstur halusnya sesuai dengan apa yang dimau. 

Kumpulan Resep Sambal Enak dan Pedas

Setelah tahu bagaimana cara bikin sambal yang mudah, cepat, dan enak, kini waktunya kamu mencobanya sendiri. Hal ini bisa dilakukan dengan remake berbagai resep sambal ulek yang pedas, gurih, dan segar. Dengan berbagai varian sambal pedas berikut ini, dijamin skill mengulek sambal yang kamu miliki bisa semakin upgrade. Contek dulu yuk aneka ragam resep sambal yang dimaksud.

1. Sambal Terasi Matang

Resep Sambal enak pertama yaitu sambal terasi matang. Cara bikin sambal ini sendiri sangatlah mudah. Meski demikian, cita rasa dari terasi udang, tomat, cabai, dan bahan lainnya dijamin bakal bikin nafsu makanmu semakin bertambah. Jangan lupa pula untuk ngulek sambal di cobek, biar rasanya semakin autentik. Ini dia resepnya.

Bahan-bahan: 

30 cabai rawit merah

2 buah tomat merah

2 sachet terasi udang

12 siung bawang merah

5 siung bawang putih

Minyak goreng sedikit untuk menumis

Bumbu-bumbu:

½ sdm garam

½ sdm gula pasir

¾ sdm kaldu bubuk

1 ½ sdm gula jawa

Cara membuat:

- Cuci cabai rawit merah, tomat merah, serta bawang merah dan putih yang sudah dikupas kulitnya. Setelah itu, potong kecil-kecil semua bahan tersebut.

- Siapkan ulekan, tambahkan garam, gula, kaldu bubuk, dan terasi yang sudah dibakar. Lalu, masukkan bawang merah dan putih. Ulek hingga teksturnya lebih halus. 

- Selanjutnya masukkan lagi cabai rawit merah dan ulek kembali. Jika tekstur sudah lebih halus, masukkan tomat merah dan ulek kembali. Jangan lupa tambahkan gula jawa di akhir proses pengulekan.

- Apabila sambal sudah halus, panaskan sedikit minyak goreng di wajan. Jika sudah panas, tumis sambal sebentar hingga aromanya keluar. Sajikan.

2. Sambal Bawang Penyetan

 

Mencoba ngulek sambal di cobek dengan cara yang benar dan cepat bisa dipraktikkan pula dengan resep sambal bawang penyetan. Resep sambal ulek yang satu ini mudah banget dan rasanya pun juga mantap. Nah, buat yang mau tahu cara bikin sambal bawang penyetan, mari intip dulu resepnya berikut ini.

Bahan-bahan:

20 cabai rawit hijau

20 cabai rawit merah

10 siung bawang merah

3 siung bawang putih

1 bungkus terasi udang, bakar/goreng sebentar

Minyak goreng secukupnya

Bumbu sambal pedas:

1 sdt garam

1 sdt kaldu bubuk

½ sdt gula pasir

Cara membuat:

- Bersihkan cabai rawit hijau dan merah, serta bawang merah dan putih yang sudah dikupas kulitnya. Potong kecil-kecil semuanya.

- Siapkan ulekan dari batu, masukkan semua bumbu sambal pedas dan terasi. Lalu, masukkan bawang merah dan putih, ulek sampai cukup halus. Jika sudah, masukkan cabai rawit hijau dan merah. Ulek kembali, tapi jangan sampai tekstur cabai rawitnya halus. Cukup giling kasar saja.

- Panaskan minyak goreng sebentar. Bila sudah panas, tuangkan minyak goreng tersebut ke dalam ulekan. Campur rata sambal dan sajikan bersama nasi hangat serta aneka lauk yang enak.

3. Sambal Ijo

Menerapkan cara ngulek sambal di cobek yang benar bisa pula melalui resep sambal ijo. Resep sambal ulek ini memiliki cita rasa yang cocok dengan lidah banyak orang. Sehingga, sulit sekali untuk menolak kenikmatannya di atas meja makan. Mau tahu cara membuatnya, cek resep sambal enak di bawah ini.

Bahan-bahan: 

3 siung bawang putih

2 siung bawang merah

15 buah cabai rawit hijau

½ sdt garam

¼ gula pasir

½ kaldu jamur bubuk

2 sdm minyak sayur

Cara membuat:

- Cuci bersih bawang putih dan merah yang kulitnya sudah dikupas, serta cabai rawit hijau. Jangan lupa dipotong kecil-kecil semua bahan tersebut.

- Siapkan cobek dari batu, masukkan aneka bumbu sambal pedas seperti garam, gula pasir, dan jamur bubuk. Lalu, masukkan bawang putih dan merah. Ulek hingga halus. Selanjutnya, masukkan cabai rawit hijau, ulek hingga halus.

- Apabila tekstur sambal sudah halus, tambahkan minyak sayur yang sudah dipanaskan sebelumnya. Aduk rata dan sajikan.

4. Sambal Bajak 

Cara bikin sambal yang nggak kalah enak dan gampang pun juga bisa dicoba lewat sambal bajak. Resep sambal ulek memiliki rasa yang sangat autentik karena menggunakan berbagai macam bumbu sambal pedas yang berasal dari rempah-rempah. Simak resep sambal enak ini dulu, yuk.

Bahan-bahan:

10 buah cabai keriting merah

7 buah cabai rawit merah

5 siung bawang merah

5 siung bawang putih

2 buah kemiri, sangrai

2 cm lengkuas, iris tipis-tipis/diparut

1 bungkus terasi udang, bakar/goreng

1 sdt garam

1 sdt gula pasir

Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

- Bersihkan cabai keriting merah dan rawit merah, bawang putih dan merah yang kulitnya sudah dikupas, kemiri, dan lengkuas.

- Siapkan cobek, masukkan garam, gula pasir, dan terasi udang. Lalu, masukkan bawang merah dan putih, ulek. Setelah tekstur bawang sudah halus, masukkan cabai keriting, cabai rawit merah, dan kemiri untuk diulek. Jika sudah, masukkan lengkuas dan ulek kembali sampai tekstur sambal ijo benar-benar halus. 

- Panaskan sedikit minyak goreng. Jika sudah panas, tuangkan ke atas sambal dan sajikan.

Well, sudah tahu bukan kalau cara ngulek sambal nggak bisa sembarangan. Perlu adanya teknik yang tepat biar hasilnya bisa maksimal dan kamu pun dapat terbebas dari rasa pegal akibat mengulek sambal. Selain menerapkan tips ngulek di atas, jangan lupa pula untuk mencoba aneka macam resep sambal ulek yang nampol banget enaknya. Yuk, remake langsung resep sambal enak tersebut biar momen makan semakin happy dan berselera. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading