Sukses

Food

Bikin Nasi Basi, Ini Tanda-Tanda Rice Cooker Minta Diganti

Fimela.com, Jakarta Rice cooker boleh dibilang salah satu peralatan wajib di dapur. Rice cooker membuat proses memasak nasi menjadi lebih praktis dan otomatis. Kamu hanya perlu mencuci beras, memasukkannya ke dalam rice cooker, menekan tombol, dan beberapa saat kemudian nasi hangat siap untuk dinikmati.

Rice cooker juga dilengkapi dengan fitur penghangat dapat digunakan untuk menjaga nasi tetap hangat setelah dimasak. Hal ini memungkinkan untuk menikmati nasi hangat kapan saja. Selain memasak nasi, rice cooker juga dapat digunakan untuk memasak makanan lain seperti sup atau bubur.

Beberapa rice cooker modern bahkan dilengkapi dengan fitur untuk memasak makanan lain seperti mie instan dengan cepat dan tanpa memerlukan kompor. Bahkan, beberapa jenis rice cooker memiliki kemampuan untuk memasak makanan tambahan seperti kue, brownies, macaroni and cheese, dan camilan sehat.

Hal tersebut memperluas fungsionalitas rice cooker dalam memasak berbagai jenis makanan. Walau begitu, rice cooker juga bisa mengalami kerusakan. Salah satu dampaknya bikin nasi menjadi basi. Lantas, sudahkah mengetahui apa saja tanda-tanda rice cooker yang minta diganti ini?

Tanda-Tanda Rice Cooker Minta Diganti

Bagian Luar yang Terkelupas atau Tergores

Bagian luar rice cooker yang terkelupas atau tergores dapat menjadi tanda bahwa rice cooker mengalami kerusakan. Meskipun terlihat sepele, hal ini dapat menjadi indikasi bahwa rice cooker perlu diperiksa lebih lanjut.

Panci Rice Cooker yang Tergores atau Terkelupas

Goresan atau kelupasan pada bagian dalam panci rice cooker dapat memengaruhi tingkat kematangan nasi. Meskipun dalam kasus goresan yang parah dapat mempengaruhi kualitas nasi, hal ini juga dapat menjadi tanda bahwa rice cooker perlu diperiksa lebih lanjut.

Tanda-Tanda Rice Cooker Minta Diganti

Bau dan Kelembaban yang Tidak Biasa

Jika rice cooker mengeluarkan bau yang tidak biasa atau terasa basah saat dalam mode penghangatan, ini dapat menjadi tanda adanya masalah pada elemen penghangat atau komponen lainnya. Periksa kabel sambungan ke elemen penghangat dan limits switch untuk memastikan tidak ada kerusakan yang menyebabkan masalah tersebut.

Tidak Bisa Menanak Nasi atau Menghangatkan Nasi

Jika rice cooker tidak dapat menanak nasi dengan baik, lampu indikator mati, atau nasi menjadi kelewat kering, ini dapat menjadi tanda bahwa rice cooker mengalami kerusakan. Hal ini dapat disebabkan oleh sekring termal yang putus permanen atau tidak optimal lagi kerjanya.

Tanda-Tanda Rice Cooker Minta Diganti

Tidak Beralih Mode

Jika rice cooker tidak beralih dari mode memasak nasi ke mode penghangat setelah proses memasak selesai, ini dapat menjadi tanda bahwa sensor termal di dalam rice cooker mengalami kerusakan. Sensor termal yang rusak dapat mengakibatkan rice cooker tidak berfungsi dengan baik.

Kabel Listrik Rusak atau Aus

Kabel listrik yang rusak atau aus, terutama jika sering dibengkokkan atau ditangani dengan kasar, dapat menjadi penyebab rice cooker tidak berfungsi dengan baik. Periksa kabel listrik untuk memastikan tidak ada kerusakan yang menyebabkan masalah tersebut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading