Sukses

Food

Tips Masak Nasi Jagung yang Enak, Ternyata Beda dengan Masak Nasi Putih

0(0)

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Fimela.com, Jakarta Bagi beberapa orang, menu nasi jagung mungkin menjadi bagian dari hidangan makan sehari-hari. Nasi jagung juga merupakan variasi nasi khas bagi masyarakat Madura dan terkenal di daerah-daerah pedesaan karena harganya yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan nasi beras.

Jagung yang digunakan dalam membuat nasi jagung adalah jagung yang sudah tua atau dikenal dengan istilah jagung pipil. Nasi jagung sama dengan nasi putih biasa dimakan dengan lauk-pauk lainnya. Di beberapa wilayah di Indonesia, seperti Nusa Tenggara Timur dan Jawa bagian Timur, serta berasal dari Madura, nasi jagung merupakan makanan pokok.

Walau sama-sama nasinya, ternyata cara masak nasi jagung tidak sama dengan nasi putih pada umumnya. Lantas, bagaimana cara nasi jagung yang enak?

Cara Masak Nasi Jagung yang Enak

Persiapan Bahan

Pastikan beras jagung dan bahan tambahan lainnya sudah disiapkan dengan baik sebelum dimasak. Campur beras dan jagung dengan perbandingan 1:1. Salah satu cara membuat nasi jagung gurih dan wangi adalah dengan menggunakan beberapa jenis daun aromatik seperti daun salam, serai, dan daun pandan.

Proses Memasak

Rendam jagung bersama beras dan garam menggunakan air yang sudah disediakan. Tumis bawang merah, bawang putih, daun salam, serai, dan daun pandan hingga harum. Masukkan beras dan jagung, aduk-aduk hingga tercampur rata. Tuang air secukupnya, masak hingga menjadi nasi aron.

Jika menggunakan rice cooker, cara memasaknya sama seperti memasak nasi putih tanpa perlu diaron. kamu dapat memeriksa tekstur nasi jagung dengan mencoba memijaknya atau merasakan kelembutannya. Nasi jagung yang sudah matang akan memiliki tekstur yang lembut dan tidak terlalu keras.

Perhatikan kondisi nasi jagung, pastikan bahwa air telah terserap dengan baik dan nasi terlihat kering serta siap disajikan. Cobalah mencicipi nasi jagung untuk memastikan bahwa teksturnya sudah cukup lunak dan matang sesuai dengan seleramu. 

Penyajian

Setelah matang, nasi jagung dapat disajikan bersama dengan berbagai lauk pauk nikmat, seperti urap sayur, ikan asin, mendol, oseng kikil, bakwan jagung, sayur lodeh tahu tempe, dan lain sebagainya. Nasi jagung juga dapat disajikan dengan lauk pauk khas Madura untuk menciptakan hidangan yang gurih dan lezat.

Kamu juga dapat bereksperimen dengan variasi penyajian nasi jagung sesuai dengan selera dan preferensi masing-masing, seperti menambahkan urap, ikan asin, tempe goreng, tahu goreng, sambal bajak, rempeyek, dan lainnya.

 

Resep Nasi Jagung Khas Madura

Bahan-bahan:

  • 1 bagian beras jagung
  • 1 bagian beras putih
  • Garam secukupnya
  • Air

Langkah-langkah:

  1. Rendam beras jagung dengan air selama 1/2 jam atau lebih sebelum dimasak.
  2. Cuci beras jagung dan beras hingga bersih, lalu tiriskan.
  3. Campur beras jagung dan beras putih, kemudian masak dalam air hingga menjadi aron.
  4. Bubuhi garam sesuai selera, lalu angkat.
  5. Didihkan air dalam dandang, kukus campuran beras jagung dan beras putih dalam dandang selama 30 menit hingga matang, lalu angkat.
  6. Hidangkan dengan urap sayur, ikan asin, mendol, oseng kikil, bakwan jagung, sayur lodeh tahu tempe, dan lain sebagainya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Berikan Rating Untuk Resep Ini

Thanks For Rating!

Terima kasih sudah membantu banyak orang dengan ratingmu

Loading