Sukses

Food

4 Cara Mudah Mengolah Daging Sapi agar Nggak Alot dan Bau Amis, Penasaran?

Fimela.com, Jakarta Daging sapi merupakan salah satu makanan yang enak dan juga digemari oleh banyak orang. Jika dimasak dengan tepat, maka olahan dari daging ini akan bisa menghasilkan cita rasa juara yang memanjakan lidah siapa saja. Meski demikian, mengolah daging sapi untuk dijadikan sebuah hidangan enak ternyata bukanlah hal yang mudah dilakukan. 

Jika nggak diolah dengan benar, tekstur daging sapi bisa saja alot dan memiliki bau amis yang kurang sedap. Tapi, tenang saja, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengatasi dua permasalahan ini. Berikut 4 tips ampuh mengolah daging sapi biar lebih empuk dan nggak berbau. 

1. Potong Daging Secara Melintang

Biar daging sapi yang dimasak tidak alot, maka kamu harus memotongnya secara melintang atau melawan arah serat daging. Daging sapi yang mentah umumnya memiliki tekstur yang agak alot. Namun, dengan memotongnya secara melintang, tekstur daging akan bisa lebih empuk dan nggak menempel pada saat direbus.

2. Baluri dengan Parutan Nanas

Cara mudah dan efektif lainnya yang bisa membuat daging sapi tidak alot dan berbau amis saat dimasak adalah dengan penggunaan buah nanas. Aroma kuat dari nanas dipercaya dapat mengurangi bau amis pada daging sapi. Selain itu, buah satu ini juga memiliki kemampuan untuk bikin empuk daging sapi pada waktu dimolah. 

Untuk menggunakannya, cukup parut saja nanas dan taburkan dengan potongan daging sapi. Setelah itu, diamkan selama 20-30 menit hingga tekstur daging sapi melunak dan aroma amisnya memudar. Barulah, kamu bisa memasaknya menjadi berbagai hidangan daging sapi yang lezat.

3. Rebus dengan Campuran Rempah-Rempah

Membuat daging sapi jadi empuk dan nggak bau amis dapat pula dilakukan dengan merebusnya bersama campuran rempah-rempah yang harum. Rempah-rempah seperti jahe, kunyit, ketumbar, dan kayu manis dapat diandalkan untuk menghilangkan aroma kurang sedap dari daging sapi. Di sisi lain, proses perebusan sendiri dapat membuat tekstur daging sapi lebih lunak dan empuk saat disantap.

4. Bungkus dengan Daun Pepaya dan Masak di Dalam Presto

Tips terakhir yang bisa dicoba untuk menghilangkan aroma kurang sedap pada daging sapi serta membuatnya jadi lebih empuk adalah dengan membungkusnya menggunakan daun pepaya. Di dalam daun pepaya sendiri terdapat suatu enzim yang dapat menetralkan bau amis pada daging sapi sekaligus melembutkan dagingnya. Caranya cukup siapkan beberapa lembar daun pepaya bersih. Lalu, bungkus daging sapi yang telah dipotong-potong kecil menggunakan daun pepaya tersebut. 

Selain dengan daun pepaya, kamu juga bisa langsung menggunakan alat presto biar daging sapi bisa lebih empuk dan bebas dari aroma amis. Hanya dalam waktu 25-30 menit, daging sapi yang kamu masak akan matang dengan merata dan memiliki tekstur empuk dan pastinya bebas dari aroma kurang sedap. 

Akan tetapi, sebelum mencoba tips satu ini, pastikan dulu kamu sudah memiliki alat presto yang berkualitas, ya. Untuk urusan ini, bisa langsung kamu beli saja di berbagai ecommerce yang tersedia. Selain menyediakan berbagai produk yang dibutuhkan, terkadang e-commerce tertentu  juga menawarkan aneka macam promo yang menarik. Mulai dari diskon besar-besaran, cashback yang melimpah,  promo buy 1 get 1, hingga gratis ongkir yang bikin makin untung. Yuk, langsung checkout saja barang-barang kebutuhanmu di e-commerce kesayangan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading