Sukses

Food

Resep Nasi Lapola Praktis khas Maluku

Fimela.com, Jakarta Belum banyak orang yang tahu tentang nasi lapola. Nasi Lapola adalah makanan pokok khas Maluku Utara yang dibuat dengan nasi, kacang tolo, dan kelapa parut yang masih muda. Nasi Lapola terkenal dengan rasa gurih dan pulen yang wangi. Selain bahan utama tersebut, Nasi Lapola biasanya juga dibumbui dengan menggunakan serai, daun jeruk, dan daun pandan untuk menambah aroma sedap. Nasi lapola bisa disajikan dengan berbagai macam lauk sesuai selera, tapi biasanya dipadukan dengan sambal colo-colo dan kohu-kohu. Jika ingin mencoba membuat nasi lapola, ini dia resep yang bisa dicoba.

Bahan:

  • 200 gram beras
  • 150 gram kelapa parut muda
  • 150 gram kacang tolo 
  • 1 batang serai
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 sdt garam

Cara membuat:

  1. Cuci bersih beras dan tiriskan. Kukus selama 10 menit kelapa parut dengan 1 sdt garam.
  2. Sebelumnya sudah merendam kacang tolo selama paling selama 2 jam lalu bilas bersih dan rebus hingga matang atau cukup empuk.
  3. Campurkan beras, kelapa parut, kacang tolo, serai geprek, daun jeruk dan 1 sdt garam. Aduk rata di dalam panci rice cooker.
  4. Tekan tombol "masak" pada rice cooker lalu tunggu nasi lapola hingga matang.
  5. Jika sudah matang, jangan langsung dibuka. Tunggu nasi tanak selama 15 menit, baru buka dan aduk rata agar lebih pulen.

Sajikan nasi lapola dengan sambal colo-colo, ayam, dan kohu-kohu. Yuk coba resep nasi lapola praktis ini, dijamin bikin nagih. 

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading