Sukses

Food

Resep Nugget Ayam Enak dan Praktis, Bisa Jadi Ide Menu Bekal Sekolah Buat Si Kecil

Fimela.com, Jakarta Memberikan bekal yang enak dan bergizi bisa membuat anak meminimalisir kegiatan jajan sembarangan saat di sekolah. Akan tetapi, menu bekal seperti apa sih yang bisa dibikin sendiri dan sekaligus disukai oleh si kecil? Jangan bingung, ibu bisa mencoba resep nugget ayam enak dan praktis untuk dibuat.

Seperti yang sudah diketahui bahwa nugget ayam jadi salah satu makanan yang digemari oleh banyak orang, termasuk pula anak-anak. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut di dalam serta krispi di luar bikin siapapun akan nagih saat menyantapnya. Nggak salah bila nugget ayam ini bisa jadi ide menu bekal sekolah yang lezat bagi anak kesayangan.

Menariknya lagi, resep nugget ayam satu ini ternyata nggak cuma enak doang, tetapi juga bergizi karena dibuat dengan campuran ayam yang kaya akan protein serta sayuran yang tinggi vitamin dan mineral. Penasaran dengan cara membuatnya? Simak dulu informasinya di bawah ini.

Resep Nugget Ayam yang Lezat dan Bergizi

Bahan-bahan:

300 gram ayam fillet, potong-potong kecil

50 gram udang, bersihkan kepala dan kulitnya

50 gram es batu

1 buah wortel ukuran kecil-sedang

5 kuntum brokoli

5 sdm tepung serbaguna

Bumbu-bumbu:

1 sdt gula pasir

1 sdt garam

½ sdt kaldu jamur

¼ sdt merica bubuk

Bahan pelapis:

6 sdm tepung serbabaguna

100 ml air

200 gram tepung roti

Cara membuat:

1. Haluskan ayam, udang, dan es batu menggunakan chopper. Untuk wortel bisa diparut hingga halus, sementara brokoli dapat dicincang menjadi kecil-kecil.

2. Pindahkan bahan-bahan yang sudah dihaluskan tersebut ke satu wadah bersih. Lalu, tambahkan tepung serbaguna, gula pasir, garam, kaldu bubuk, dan merica bubuk ke dalamnya. Campur hingga merata.

3. Jika sudah tercampur semua, taruh adonan ke dalam loyang yang sudah dilapisi sedikit minyak goreng dan kukus selama 20-25 menit. 

4. Jika sudah matang, potong-potong nugget ayam sesuai selera.

5. Siapkan bahan pelapis dengan mencampur tepung serbaguna dan air secukupnya. Aduk hingga rata dan nggak ada lagi gumpalan di dalamnya. 

6. Celupkan adonan nugget di campuran air dan tepung serbaguna. Lalu, gulingkan setiap sisinya di tepung roti. Lakukan langkah ini hingga semua adonan nugget ayam habis.

7. Jika sudah terlapisi dengan sempurna, nugget bisa langsung dimasak di api sedang hingga golden brown dan sajikan. Namun, bila ingin dijadikan stok lauk, ibu bisa menyimpannya di dalam freezer. 

Rahasia di Balik Kenikmatan Nugget Ayam Homemade

Mau bikin nugget ayam homemade yang lebih enak dan menggugah selera? Pilih dulu tepung serbaguna yang benar-benar tepat dan bisa bikin makanan apa saja jadi tambah kaya rasa. 

Untuk urusan satu ini, kamu bisa memilih produk tepung serbaguna yang terbuat dari berbagai kombinasi rempah pilihan yang dapat menghasilkan gorengan dengan kaya rasa, krispi, dan memiliki aroma yang khas dari bumbunya.

Selain itu, pilih juga produk tepung serbaguna yang telah dilengkapi dengan beragam kebaikan vitamin, seperti zink, zat besi, vitamin B2 & B9, dan serat pangan. Dengan begitu, bukan cuma enak saja, tetapi makanan yang kamu masak bisa menjadi lebih sehat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading