Sukses

Food

Tanpa Direbus, Begini Cara Bikin Bihun Goreng yang Nikmat dan Kenyal

Fimela.com, Jakarta Bukan hanya mie, bihun juga sering dijadikan sebagai pengganti nasi karena mengandung karbohidrat yang tinggi.

Salah satu hidangan bihun yang sangat lezat ialah bihun goreng karena dapat dimasak dengan berbagai tambahan seperti ayam, sayuran, dan udang. Seperti halnya mie, bihun biasanya direbus terlebih dahulu sebelum dimasak agar menjadi lembut dan kenyal.

Namun, jika bihun direbus terlalu lama dengan banyak air, hasilnya akan menjadi lembek, berair, dan mudah basi.

Untuk menghindari hal tersebut, seorang pengguna TikTok bernama @ayusaidfamily mengusulkan metode alternatif yang cukup simpel. Bahkan, ia berbagi tutorial dan resep lengkapnya yang dirangkum pada Minggu (05/05/2024).

 

 

Rendam Bihun

Anda dapat mengolah bihun tanpa merebusnya terlebih dahulu. Caranya adalah dengan merendam bihun dalam air mendidih selama tiga hingga lima menit sehingga teksturnya menjadi lembut. Kemudian, saring bihun dan bersihkan dengan air mengalir. Biarkan bihun mengering dan mendingin sebelum diolah.

Aduk Bihun dengan Kecap

Sebelum proses penggorengan, bihun perlu dicampur dengan kecap terlebih dahulu. Di samping itu, perlu ditambahkan minyak wijen dan garam secukupnya ke dalam bihun. Kemudian, aduklah hingga merata agar bihun berubah warna menjadi kecoklatan.

Tumis Bumbu

Hanya bawang putih, bawang merah, dan cabai hijau yang sudah dipisahkan bijinya yang diperlukan untuk menyiapkan bumbu. Tumis bahan-bahan tersebut bersama irisan sayuran seperti wortel dan daun bawang.Top of Form

Goreng Bihun

Setelah bumbu ditumis, bihun dimasukkan ke wajan agar segera digoreng bersama dengan bumbu. Agar cita rasanya lebih tajam, bisa menambahkan garam dan merica bubuk.

Pengadukan bihun selama proses penggorengan sangat penting. Begitu tekstur bihun cukup kering, berarti bihun telah matang sempurna dan siap untuk disantap. Hal ini akan meningkatkan daya tahan bihun karena telah mengurangi kadar airnya.

Beberapa Pertanyaan Warganet Terkait Bihun Goreng

Bihun Direndam Pakai Air Apa?

Untuk menjaga kualitas dan kekenyalan bihun tanpa merusaknya, rendam bihun menggunakan air panas atau air dingin. Sesekali aduk agar tidak lengket. Sebaiknya, jangan melebihi 5 menit dalam proses perendaman bihun.

Apakah Bihun Harus Direbus?

Bihun memiliki kecenderungan untuk lebih rapuh dan cepat matang dibanding mie telur atau jenis mie lainnya. Untuk menjaga teksturnya yang kenyal dan mencegah agar tidak terlalu lunak, lebih baik hindari merebusnya.

Berapa Kalori dalam Bihun Goreng?

Sebuah porsi bihun goreng berukuran 300 gram mengandung 455 kkal kalori. Selain itu, terdapat pula nutrisi dalam bihun goreng seperti berikut: Energi sebesar 1903 kilo joule, dan kandungan lemak mencapai 17,04 gram.

Apa Bedanya Soun dan Bihun?

Meskipun serupa dalam penampilan, asal bahan dari soun dan bihun sudah berbeda. Bihun terbuat dari campuran tepung beras dan air, kadang-kadang ditambah tapioka dan tepung maizena untuk meningkatkan kekenyalannya. Sementara soun terbuat dari pati tepung kacang hijau.

Apakah Boleh Tiap Hari Makan Bihun?

Mengonsumsi bihun jagung dalam jumlah yang banyak dapat menyebabkan fluktuasi gula darah yang tidak diinginkan pada individu yang memiliki masalah dalam pengaturan gula darah. Salah satu dampak yang mungkin timbul setelah mengonsumsi bihun jagung adalah gangguan pada sistem pencernaan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading