Sukses

Food

5 Alasan Harus Memanaskan Oven Sebelum Memanggang Kue dan Makanan

Fimela.com, Jakarta Ketika membaca resep atau membuat kue, mungkin kamu pernah membaca perintah memanaskan oven terlebih dahulu sebelum memanggang kue atau makanan yang akan diproses. Beberapa orang bisa jadi bertanya, apa pentingnya memanaskan oven sebelum memanggang kue dan makanan sebelum dipanggang? Ternyata ada beberapa alasan mengapa oven perlu dipanaskan lebih dahulu, dan terkadang langkah ini sangat dibutuhkan agar hasil kue atau pun makanan yang dipanggang menjadi bagus dan matang sempurna seperti yang diinginkan. Ini dia beberapa alasan pentingnya memanaskan oven sebelum memanggang.

1. Bikin roti mengembang

Memanaskan oven lebih dulu sebelum memasukkan adonan kue atau roti akan membantu bahan pengembang mengembang dengan sempurna untuk terakhir kalinya sehingga menghasilkan roti yang berserat, berongga dan lembut di dalam serta lentur dan tidak kering di luar. Ragi yang ada di dalam adonan akan menguap dan membentuk roti yang menggugah selera. Uap tersebut tidak akan didapat dari oven yang langsung dinyalakan dan dipakai untuk memanggang.

2. Mencegah bahan pengembang mati

Suhu yang tidak kunjung ideal saat proses pemanggangan justru akan membuat bahan pengembang mati karena terlalu lama menunggu. Hasilnya, kue dan roti akan bantat dan tampilan luarnya tidak seperti yang diharapkan. Jadi memanaskan oven akan memberikan lingkungan yang pas untuk mengembang sempurna, sehingga bahan pengembang tetap aktif dan bisa membantu menghasilkan tekstur dan tampilan yang sukses sesuai harapan. Tidak bantet dan gagal jadi roti yang enak.

3. Adonan atau makanan cepat matang

Ketika adonan kue dan roti yang dipanggang mendapatkan paparan panas segera dari dalam oven, maka proses pemanggangan dan pematangan akan lebih cepat sehingga makanan tidak gosong di luar dan kering di dalam. Begitu pula jika memanggang makanan seperti daging sapi, ayam, pizza dan makanan lainnya. Jika dipanggang di dalam oven yang sudah dipanaskan, maka hasil daging akan tetap juicy di dalam dan krispi di luar dengan tingkat kematangan yang sempurna dan merata.

4. Mencegah makanan gosong

Hasil kue, roti atau makanan yang dipanggang di dalam oven yang sudah sudah dipanaskan akan mencegah terjadinya fluktuasi suhu yang bisa mengacaukan proses adonan mengembang. Oven akan bekerja secara langsung dengan suhu yang stabil sehingga matangnya roti, kue dan makanan akan merata, tidak cepat gosong. Bagian luarnya matang cantik dan bagian dalamnya tidak kering. Paparan suhu panas yang stabil juga akan menghasilkan kue yang enak, tidak bantat. Bagian dalamnya juga akan matang menyeluruh dan teksturnya lembut.

5. Hemat waktu dan energi

Memanaskan oven dahulu sebelum dipakai juga berguna untuk menghemat waktu dan energi karena bisa dilakukan sembari menyiapkan adonan. Jika oven dipanaskan belakangan, adonan cenderung akan over proofing atau mengembang berlebihan di suhu ruangan dan menyebabkan ragi mati sehingga saat dipanggang tidak akan mengembang dan jadi bantat. Waktu yang digunakan juga lebih efisien dan tenaga tidak terkuras habis untuk menunggu.  

Ternyata itu dia sekian alasan perlunya memanaskan oven lebih dulu sebelum memanggang. Jadi jangan sampai diabaikan ya!

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading