Sukses

Food

5 Cara Menyimpan Gula Halus agar Tidak Mengeras dan Menggumpal

Fimela.com, Jakarta Brown sugar menjadi salah satu jenis gula yang mungkin sudah sering kamu dengar, lihat atau bahkan pakai. Warnanya yang cokelat menjadi salah satu ciri khas gula cokelat ini. Harap dipahami bahwa brown sugar berbeda dengan gula palem, sekilas memang mirip tapi jenisnya berbeda. Brown sugar terbuat dari tebu yang diproses sebagian, menghasilkan warna cokelat dan rasa karamel yang khas karena ditambahkan molases atau gula tetes. Sedangkan gula palem terbuat dari nira aren yang dikeringkan dan diproses, menghasilkan rasa manis yang lebih kompleks dengan sedikit rasa karamel dan asap.

Keduanya sama-sama berfungsi sebagai pemanis namun dengan cita rasa yang berbeda. Terkadang kendala banyak orang ketika beli brown sugar adalah gula mudah menggumpal atau mengeras menjadi satu bongkahan ketika disimpan. Nah, agar tak perlu mengalami al ini, bisa diatasi dengan beberapa tips berikut ini.

1. Simpan dalam wadah kedap udara

Untuk mencegah brown sugar mengeras, simpanlah dalam wadah kedap udara seperti toples kaca atau plastik yang rapat. Pastikan untuk menutupnya dengan rapat setelah digunakan agar tidak ada udara yang masuk. Ini adalah cara terbaik untuk menjaga kelembutan brown sugar. Pastikan juga wadah benar-benar bersih dan kering sebelum digunakan. Pindahkan brown sugar dari kemasan aslinya ke wadah kedap udara sesegera mungkin. Wadah kaca atau stoples plastik dengan tutup rapat adalah tempat penyimpanan ideal untuk digunakan.

2. Tambahkan bahan pelembut

Untuk menghindari brown sugar menggumpal, tambahkan benda lembut dan mampu menyerap kelembaban ke dalam wadah penyimpanan, seperti sepotong roti tawar atau marshmallow. Benda-benda ini akan membantu menjaga kelembaban di sekitar gula dan mencegahnya mengeras. Ganti rotinya setiap minggu jika disimpan lebih lama, dan gunakan 1-2 marshmallow kecil per cangkir brown sugar. Bisa juga menggunakan kulit jeruk, pastikan kulit jeruknya kering sepenuhnya sebelum digunakan.

3. Simpan di tempat yang sejuk dan kering

Hindari tempat yang lembap hangat atau panas, apalagi terkena paparan sinar matahari langsung dari jendela karena akan membuat brown sugar rentan meleleh. Hindari juga menyimpan gula di tempat yang lembab karena rentan berjamur dan basah. Simpan di lemari dapur yang sejuk dan kering. Hindari juga menyimpan gula di dekat kompor atau oven. Agar tak mengundang semut, pastikan wadahnya tertutup rapat.

4. Sesuaikan suhu penyimpanan

Suhu ideal untuk menyimpan brown sugar adalah sekitar 21°C (70°F), sedikit lebih dingin dari suhu ruangan. Jika tinggal di daerah yang lembab dan panas, sebaiknya jangan membeli dan menyimpan gula terlalu banyak di rumah. Boleh disimpan sebentar di kulkas tapi pastikan segera digunakan. Pastikan untuk mengeluarkannya beberapa jam sebelum digunakan agar mencapai suhu ruangan.

5. Gunakan secara teratur

Ini adalah cara terbaik untuk menjaga brown sugar agar tidak menggumpal, mengeras, atau meleleh karena sering dilihat dan 'diawasi'. Menggunakannya secara teratur akan membuatmu menyadari perlunya brown sugar diaduk atau tidak. Jika terlihat sedikit menggumpal. Jika tidak sering menggunakannya, pecahkan dengan sendok atau garpu. Pertimbangkan untuk membeli dalam porsi kecil agar bisa tidak perlu repot menyimpannya dan tidak mubazir terhadap gula itu sendiri.

Itu dia beberapa tips yang bisa diikuti jika ingin menyimpan brown sugar agar tidak tidak mengeras dan menggumpal. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading