Sukses

Food

Terungkap! Ternyata Ini Rahasia di Balik Kelezatan Nasi Goreng Pedagang Kaki Lima

Fimela.com, Jakarta Siapa sih yang nggak suka dengan nasi goreng? Makanan satu ini memang bisa memikat lidah banyak orang, dari mulai yang usia muda hingga yang tua. Selain itu, nasi goreng juga banyak disukai karena bisa dibikin sendiri atau dibeli dengan mudah di manapun, termasuk pula di pedagang kaki lima.

Akan tetapi, pernah nggak sih kamu bertanya-tanya mengapa ya banyak banget yang lebih memilih beli dan makan nasi goreng di pedagang kaki lima? Yup, terlepas dari harganya yang lebih terjangkau, ternyata nasi goreng yang sering dijual di pinggir jalan ternyata juga enak dan cocok dengan lidah orang Indonesia.

Siapapun yang mencicipi nasi goreng yang dibikin oleh pedagang kaki lima, pasti bakal kepincut dengan cita rasanya dan dijamin ketagihan. Nah, pertanyaannya, apa sih rahasia yang bikin nasi goreng buatan abang-abang atau bapak-bapak pedagang kaki lima ini istimewa dan nagih abis? Daripada penasaran, yuk bongkar jawabannya bersama berikut ini!

Ternyata Wajib Pakai Bumbu Ini Biar Nasi Goreng Lebih Enak

Tahu nggak sih yang bikin hidangan nasi goreng pedagang kaki lima lebih enak ternyata terletak pada bumbu racikan spesialnya. Setiap pedagang nasi goreng kaki lima memang biasanya memiliki racikan bumbu spesial yang berbeda-beda. Akan tetapi, racikan bumbu ini pada umumnya terbuat dari bahan-bahan dapur biasa seperti bawang putih, bawang merah, kemiri sangrai, dan nggak ketinggalan gunakan pula ebi kecil.

Semua bahan tersebut kemudian dihaluskan dan ditambahkan dengan minyak goreng secukupnya. Biar cita rasanya semakin kaya, bumbu ini pun juga diberikan kaldu ayam dan lada bubuk. Campur rata semuanya dan bumbu nasi goreng ala pedagang kaki lima siap digunakan.

Akan tetapi perlu diingat ya, kamu wajib memilih lada bubuk yang berkualitas biar hasil masakan semakin menggoda. Untungnya, saat ini ada lada bubuk yang terbuat dari lada asli pilihan dan mampu membuat masakan apapun jadi penuh cita rasa. Yuk, cobain sekarang juga!

Resep Nasi Goreng ala Pedagang Kaki Lima

Kalau sudah tahu bumbu rahasia yang bisa bikin nasi goreng semakin enak seperti dibuat pedagang kaki lima, kini waktunya kamu mempraktikkannya sendiri. Berikut resep nasi goreng ala pedagang kaki lima yang bisa dibikin sendiri dan pastinya punya rasa serta aroma yang menggoda.

Bahan-bahan:

3-4 centong nasi putih sisa kemarin

Racikan bumbu nasi goreng spesial

2-3 sdm kecap manis

2 lembar caisim, potong-potong selebar 2 ruas jari

⅕ kol putih kecil, iris tipis-tipis 

1 buah bawang bombay, iris tipis

1 potong dada ayam yang digoreng, suwir-suwir

2 telur ayam

4 buah cabai rawit, bisa disesuaikan dengan selera

1 buah timun kecil, potong kotak-kotak kecil

Kerupuk udang

Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

1. Tumis bumbu nasi goreng. Kemudian, masukkan bawang bombay dan cabai rawit. Aduk hingga aromanya keluar.

2. Orek 1 telur ayam di sisi wajan. Selanjutnya, masukkan caisim dan juga kol putih. Aduk semua bahan di dalam wajan hingga sayur-sayuran mulai layu. 

3. Masukkan nasi putih dan suwiran dada ayam, lalu aduk kembali dengan bahan-bahan lain yang ada di dalam wajan hingga rata. 

4. Tambahkan kecap manis dan jangan lupa diaduk kembali hingga rata. Masak menggunakan api besar biar nasi goreng yang dibuat semakin smoky. Jika sudah matang, sajikan di atas piring.

5. Goreng 1 telur ayam sesuai selera. Bisa dijadikan telur mata sapi atau telur dadar. Jika sudah matang, letakkan ke atas nasi goreng.

6. Taruh timun di sisi nasi goreng untuk memberikan kesegaran saat menyantap hidangan ini. Lalu, jangan lupa tambahkan kerupuk udang untuk memperkaya tekstur nasi goreng. Sudah deh, nasi goreng ala pedagang kaki lima siap disantap. 

Well, itu tadi rahasia di balik rasa lezatnya nasi goreng pedagang kaki lima. Bagaimana, ternyata gampang banget bukan cara bikinnya? Yuk, cobain resepnya sekarang juga!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading