Sukses

Food

Australia dan Cita Rasa Khasnya, Pengalaman Gastronomi Tak Terlupakan Menjajal Kuliner Autentik Langsung dari Produsen Lokal di Gippsland

Fimela.com, Jakarta ATE24 atau Australian Tourism Exchange 2024 baru saja selesai diselenggarakan. Tahun ini, FIMELA kembali berangkat untuk merasakan pengalaman langsung dari itinerary 4 hari 3 malam di Gippsland.

Gippsland adalah sebuah wilayah di tenggara Australia, terbentang dari pinggiran timur Melbourne hingga perbatasan New South Wales. Gippsland meliputi pantai, lahan pertanian, pegunungan, dan danau.

Itinerary yang kami pilih memiliki tema Gippsland Gastronomy, yang artinya aktivitas utama kami adalah mengeksplorasi kuliner atau cita rasa autentik di Gippsland. Memiliki bentang alam yang luar biasa, Gippsland terdiri dari banyak peternakan domba dan sapi, serta winerynya.

Berikut beberapa kuliner yang kami jajal langsung dan bisa jadi rekomendasimu untuk merasakan cita rasa khas Australia di Gippsland. Simak di sini.

1. Makanan lezat dari The Long Paddock Lindenow yang memanfaatkan bahan-bahan di sekitar

Santapan pertama yang kami jajal adalah dari The Long Paddock Lindenow, bersama wine pairing di winery Lightfoot Wines. Ini merupakan pengalaman santap berkesan yang menyambut kami di Gippsland.

Dibuat dan disajikan langsung oleh Tanya Bertino, pemilik sekaligus chef di The Long Paddock Lindenow, kami mencicipi 3 menu lezat yang bahan-bahannya langsung diambil dari daerah sekitar mereka. Ketiga menu yang dihadirkan Tanya Bertino adalah bukti pertama tentang keahlian masyarakat Gippsland untuk memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia bagi mereka.

Santap siang kami menjadi lebih lezat dengan wine pairing dari Lightfoot. Rob dan Tom Lightfoot mengambil alih kebun anggur milik orangtua mereka pada tahun 2007, kemudian menciptakan Lightfoot Wines.

Kebun anggur milik keluarga ini awalnya adalah peternakan sapi, yang mulai ditanami pada tahun 1995. Di sini, budidaya anggur tidak hanya berfokus pada buahnya, namun juga kesehatan tanah untuk meningkatkan keberlanjutan.

2. Private dinner by Chef Michelle Boyle at La Riva

Kami juga diajak menikmati santap malam yang intim di sebuah properti luar biasa, La Riva, bersama hidangan yang tak kalah menakjubkan dari Private Chef Michelle Boyle. Ada 6 menu lezat dan 1 dessert untuk menutup hari yang panjang dengan perut yang dimanjakan.

3. Sarapan dengan pemandangan peternakan pinggir danau yang menakjubkan di The Wool House

Berkesempatan memulai hari dengan menikmati sarapan di properti yang terletak di peternakan pinggir danau adalah sebuah pengalaman tak terlupakan. Kami mengunjungi The Wool House, sebuah akomodasi yang terletak di East Gippsland, untuk merasakan sarapan intim yang menenangkan.

Kami juga diajak berkeliling pertenakan Forge Creek Lamb di mana semua domba di sana dirawat dengan praktik berkelanjutan. Hasilnya, domba yang prima bisa dijadikan sebagai sumber bahan sandang dan pangan.

4. Fine dining seafood langsung di pinggir laut, di restoran Sodafish

Kesan pertama ketika kamu memasuki Sodafish adalah nuansanya yang santai dan menenangkan. Dimiliki oleh Nick Mahlook sebagai Executive Chef, Sodafish adalah sebuah restoran yang bertujuan mendukung komunitas lokal setempat dengan menampilkan apa yang ditawarkan wilayah tersebut.

 

5. Bersantap siang di Carranjung Estate, restoran fine dining di tengah kebun anggur

Hari berikutnya, kami berkesempatan bersantap siang di Carranjung Estate, sebuah restoran fine dining yang terletak di tengah perkebunan anggur. Semua menu yang dihadirkan menampilkan cita rasa unik dari Gippsland, di mana bahan-bahannya ditanam secara lokal, mulai dari sayuran, daging, hingga kejunya.

6. Merasakan cita rasa khas Italia Selatan di Gippsland, hanya di Trulli

Di satu kesempatan, kami juga diajak untuk mencicipi cita rasa khas Italia Selatan di restoran Trulli. Berbagai menu yang disajikan menceritakan kisah mereka yang terhubung erat dengan warisan Apulia dari dua bersaudara Francesco dan Claudio. Tidak hanya restoran, Trulli juga memiliki Trulli Pantry di mana roti dibuat langsung dengan tangan dan berbagai kue lezat dipanggang dalam oven di sana, ditenagai sinar matahari dan dikirim ke kafe dan restoran seluruh South Gippsland.

7. Menikmati santap pagi mengenyangkan dengan nuansa pedesaan di pinggir jalan raya di Moos, Meeniyan

Sebelum kembali ke Melbourne, kami sempat menikmati sarapan di sebuah restoran bernama Moos, di daerah Meeniyan. Saat kami datang, restoran ini baru saja buka dengan nuansa pedesaan yang kental, padahal terletak di pinggir jalan raya.

Tak hanya merasakan pengalaman kuliner yang luar biasa, kami juga sempat mampir ke Gurneys Cider dan Loch Brewery and Distillery. Gippsland menawarkan pengalaman tak terbatas untuk menikmati cita rasa lokal mereka, dengan keindahan bentangan alam yang tak mudah dilupakan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading