Sukses

Health

Gampang Marah saat PMS, Makan 5 Makanan Ini Biar Tenang

Fimela.com, Jakarta Setiap bulan ada saatnya perempuan menjadi sangat lelah, sensitif, dan mudah marah karena merasakan PMS. Naik turunnya hormon yang tidak seimbang sangat bisa memengaruhi suasana hati. Untuk kamu yang mudah marah karena PMS selama menstruasi, ini makanan yang bisa dikonsumsi untuk membuat emosi lebih tenang.

1. Karbohidrat kompleks

Buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian adalah teman terbaik selama masa menstruasi. Buah dapat membantu mengurangi keinginan ngemil manis atau nafsu makan terhadap makanan tinggi gula. Makan sayuran mampu memenuhi serat sehingga pencernaan tetap lancar. Kandungan antioksidan, vitamin dan mineral pada buah, sayur dan biji-bijian juga dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh sehingga emosi lebih stabil dan mencegah rasa nyeri atau sakit fisik karena efek PMS.

2. Makanan kaya kalsium

Menurut studi, perempuan membutuhkan minimal 1200 mg kalsium setiap harinya. Konsumsi makanan tinggi kalsium seperti susu sapi, susu kedelai, tempe, jeruk, alpukat, oatmeal, bayam, sawi, kangkung, brokoli, dan yogurt. Untuk mengimbangi konsumsi kalsium yang cukup, sebisa mungkin kurangi minum minuman berkafein. Mengurangi asupan kafein dapat membantu mencegah perut kembung dan masalah pencernaan lainnya karena kafein ternyata dapat meningkatkan asam lambung dan melukai dinding usus.

3. Konsumsi coklat

Coklat mengandung antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan serotonin. Serotonin merupakan salah satu hormon kebahagiaan yang berfungsi menjaga dan memperbaiki suasana hati yang baik. Makan coklat mampu meningkatkan pelepasan serotonin ke dalam tubuh sehingga kamu tidak gampang marah, sedih, tersinggung dan mengalami suasana hati buruk lainnya. Cukup batasi porsinya jika kamu tidak mau menjadi gemuk karena terlalu banyak makan coklat.

4. Perbanyak minum air

Minum banyak air putih dapat menjaga tubuh dari dehidrasi, karena dehidrasi bisa memicu PMS yang parah selama menstruasi. Minum air putih hangat dengan bahan-bahan herbal mampu mengurangi gejala perut kembung dan nafsu makan sekaligus memberikan efek relaksasi sehingga emosi lebih stabil. Semakin banyak kamu mengonsumsi air, semakin sehat pula tubuh Anda karena membantu mengeluarkan racun di dalam tubuh sekaligus menjaga berat badan selama menstruasi.

5. Konsumsi makanan kaya magnesium

Makanan yang kaya magnesium seperti kacang-kacangan, tahu, tempe, pisang, gandum utuh, ikan, coklat hitam, dan sayuran hijau dapat mengurangi ketidaknyamanan selama menstruasi, mulai dari masalah fisik seperti perut kembung, sakit kepala, sembelit dan bahkan membantu mengatur respon tubuh terhadap stres dan emosi yang naik turun. Untuk mengimbanginya, usahakan jangan makan terlalu banyak garam karena kelebihan kadar garam di tubuh bisa menghambat kelancaran aliran darah dan meningkatkan gejala PMS.

Konsumsi makanan tersebut untuk menghindari emosi yang buruk karena PMS selama menstruasi.

#Women for Women

What's On Fimela
Loading