Sukses

Health

5 Jenis Minyak Goreng yang Bikin Rambut Sehat, Lebat dan Halus

Fimela.com, Jakarta Terkadang kita tidak perlu membeli produk perawatan rambut yang mahal atau bolak-balik ke salon hanya untuk mendapatkan rambut sehat, lebat, tidak mudah patah dan hitam alami. Seringkali yang kamu butuhkan adalah bahan-bahan alami yang bisa didapat di dapur, salah satunya adalah minyak. Ada banyak minyak yang mampu menutrisi rambut sehingga tumbuh lebat, hitam, panjang dan kuat.

Ada beberapa jenis minyak goreng yang ternyata bisa memberikan manfaat perawatan rambut. Memakainya mudah, cukup diaplikasikan di batang rambut, dibiarkan sejenak atau dipijat hingga meresap. Manfaatnya beraneka ragam, mulai dari mencegah rambut rontok, melembabkan batang rambut, merevitalisasi, serta menghilangkan keriting rambut. Ini beberapa jenis minyak goreng yang bikin rambut sehat dan lebat.

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa adalah minyak goreng yang paling umum digunakan sebagai perawatan kulit dan rambut. Minyak kelapa dapat bertindak sebagai kondisioner bagi rambut sehingga membantu menjaga kelembaban rambut sekaligus menutri sehingga rambut tumbuh kuat dan tak mudah patah. Jika rajin melakuka perawatan dengan minyak kelapa, mampu membantu melebatkan dan menyuburkan rambut, bahkan mencegah infeksi kulit kepala karena minyak kelapa memiliki kandungan antiseptik.

2. Minyak Wijen

Minyak wijen umumnya digunakan untuk tambahan saat mengolah makanan seperti mi pangsit dan tumisan, tapi ternyata kandungan gizinya juga baik untuk merawat rambut. Kandungan lemak dan vitamin dalam minyak wijen mampu membuat akar rambut kuat dan batang rambut tidak mudah patah. Penggunaan minyak wijen sebagai masker rambut juga akan membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu pertumbuhan rambut lebih baik dan lebat.

3. Minyak Zaitun

Minyak zaitun termasuk salah satu jenis minyak goreng paling sehat dalam dunia kuliner. Tidak heran harganya juga lebih mahal dibanding minyak masak lainnya. Minyak zaitun juga menjadi salah satu minyak terbaik untuk perawatan rambut, dan bahkan sudah sangat umum dijadikan komposisi dalam berbagai macam perawatan tubuh, baik kulit maupun rambut. Jadikan minyak zaitun sebagai masker rambut hingga keseluruhan batangnya, pijat perlahan dan diamkan selama 15-20 menit agar nutrisinya meresap. Cara ini akan membantu membuat rambut lebih lembut dan lembap.

4. Minyak Almond

Minyak almond mungkin jarang sekali bisa ditemukan di minimarket dekat rumah, tapi jika membeli di supermarket pasti ada banyak variasinya. Minyak almond umumnya digunakan sebagai tambahan salad, tambahan cream soup dan memanggang ikan. Tapi ternyata sebagai perawatan rambut juga sangat menyehatkan. Minyak almond membuat rambut tumbuh lebih tebal, lebat berkilau. Minyak almond efektif mengatasi rambut kusam dan kering.

5. Minyak Biji Bunga Matahari

Minyak biji bunga matahari berperan sebagai emolien yang dapat membantu menjaga kelembapan rambut dan agar kandungan minyak pada rambut tidak berlebih. Minyak ini juga meningkatkan pertumbuhan rambut sehingga tumbuh lebih lebat dan sehat. Rajin menggunakan minyak biji bunga matahari sebagai masker rambut juga mampu mencegah kerusakan rambut karena terlalu sering diproses bahan kimia seperti diluruskan dan diwarnai.

Jika kebetulan memiliki semua jenis minyak di atas, jangan hanya digunakan untuk memasak tapi bisa juga untuk merawat rambut agar sehat dan lebat.

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading