Sukses

Health

2 Terapi Sederhana untuk Pulihkan Indra Penciuman Akibat Covid-19

Fimela.com, Jakarta Beberapa pekan terakhir, penyebaran virus Covid-19 di tanah air semakin marak terjadi. Gejala yang paling umum dialami oleh penderita Covid-19 adalah anosmia atau kehilangan indra penciuman.

Mengutip WebMD, anosmia berarti kehilangan total kemampuan indra penciuman. Hilangnya kemampuan ini membuat makanan terasa berbeda, bahkan seseorang menjadi tidak dapat memposisikan diri dalam situasi yang berbahaya.

Misalnya, tanpa kemampuan mendeteksi bau, maka seseorang akan kesulitan mencium kebocoran gas, asap dari api, atau susu basi. Anosmia sebenarnya bisa membaik dalam beberapa waktu, ada yang dalam hitungan minggu, ada pula yang membutuhkan waktu hingga beberapa bulan.

Namun kamu tak perlu khawatir, kehilangan indra penciuman akibat Covid-19 bisa diatasi dengan melakukan beberapa terapi. Dikutip dari National Health Center, berikut ini 2 terapi sederhana untuk pulihkan indra penciuman akibat Covid-19.

1. Membilas hidung dengan larutan air asin

Terapi pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membilas bagian dalam hidung menggunakan larutan air asin. Cara ini disebut lebih efektif jika penyebab anosmia adalah infeksi atau alergi.

Berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan:

  • Rebus satu liter air, lalu biarkan hingga dingin.
  • Campurkan 1 sdt garam dan 1 sdt soda kue ke dalam air.
  • Cuci bersih tanganmu.
  • Tuangkan sedikit larutan ke telapak tangan
  • Hirup sebgian larutan ke 1 lubang hidung dan biarkan keluar kembali. Agar lebih mudah, maka kamu bisa menutup satu lubang hidung yang lain dengan jari.
  • Ulangi langkah-langkah di atas utnuk mengetahui apakah cara ini efektif untukmu atau tidak.

2. Mengirup aroma esensial

Cara kedua untuk membantu redakan gejala anosmia adalah dengan menghirum 4 aroma esensial. Beberapa jenis aroma yang disarankan adalah aroma mawar, lemon, cengkeh, dan kayu putih.

Caranya mudah:

  • Hirup secara lembut selama 20 detik pada setiap aroma.
  • Pastikan kamu fokus pada aroma yang kamu hirup.
  • Beri jeda dengan beberapa tarikan napas sebelum beralih ke aroma lainnya.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Kasus Baru Covid-19 Bertambah 915 Orang, DKI Terbanyak
Artikel Selanjutnya
Menurut Menkes, Ini Penyebab Penularan COVID-19 di Kalangan Atlet PON XX Papua