Sukses

Health

4 Cara Pendaftaran Vaksin Covid-19

Fimela.com, Jakarta Program vaksin Covid-19 kian digencarkan pemerintah dan berbagai pihak untuk mengurangi angkan terinfeksi virus. Kini pendaftraan pun bisa dilakukan melalui online, datang langsung ketempat, hingga melalui mobil vaksinasi Covid-19.

Pendaftraan bisa dilakukan Pendaftaran untuk mendapatkan vaksin Covid-19 tersebut melalui aplikasi Jakarta Kini (Jaki) ataupun melalui website corona.jakarta.go.id/vaksinasi.

Melansir website corona.jakarta.go.id, berikut ini beberapa persyaratan yang perlu dibawa saat akan melakukan vaksinasi:

Membawa KTP asli ke lokasi vaksinasi;

Membawa fotokopi Kartu Keluarga (KK) untuk warga yang belum memiliki KTP;

Bagi penerima vaksinasi yang mendaftar melalui JAKI atau website corona.jakarta.go.id, menunjukkan hasil pre-screening yang sudah dicetak sebagai bukti pendaftaran.

Cara Menemukan Faskes Terdekat untuk Vaksinasi Covid-19

Mengacu pada petunjuk teknis dari Kementerian Kesehatan, vaksinasi Covid-19 dilaksanakan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes/Faskes) milik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Vaksinasi juga bisa dilaksanakan di Faskes milik masyarakat/swasta yang memenuhi persyaratan. Adapun jenis Faskes yang melaksanakan vaksinasi Covid-19 sebagai berikut:

Puskesmas, puskesmas pembantu;

Klinik;

Rumah sakit; dan/atau

Unit pelayanan kesehatan di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Untuk mengetahui lokasi vaksinasi terdekat, kamu bisa menggunakan Google Maps. Kamu hanya perlu mengetik kata kunci seperti “Vaksinasi Covid-19”. Google Maps akan seketika menampilkan titik-titik lokasi vaksinasi Covid-19, beserta informasi pengingat bahwa pelayanan vaksinasi di setiap RSUD atau puskesmas hanya dapat dilakukan dengan janji temu dan dibatasi untuk pasien tertentu (pasien yang sudah terdaftar).

Cara Cek Jadwal Vaksinasi

Untuk melihat apakah kamu sudah terdaftar sebagai calon penerima vaksinasi Covid-19 sangat mudah, begini caranya:

Unduh JAKI lewat Google Play Store atau App Store di gawaimu.

Buka aplikasi JAKI.

Kemudian pilih banner “Pendaftaran Vaksinasi Covid-19”.

Masukkan NIK dan nama lengkap kamu. Setelah itu, klik Periksa

Daftar Vaksinasi Covid-19 dari Garuda Indonesia di Bandara Soetta

Lokasi vaksinasi digelar di Area Customer Service Garuda Indonesia, Terminal 3 - Keberangkatan Domestik Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK). Jam operasional setiap hari mulai pukul 08.00--17.00 WIB.

Sebelum vaksinasi Covid-19 dari Garuda Indonesia, ada beberapa persyaratan dan kriteria yang harus dipenuhi peserta vaksin. Pertama, peserta vaksin adalah penumpang Garuda Indonesia. Kedua, WNI (Warga Negara Indonesia) berusia 12 tahun ke atas.

Ketiga, harus memiliki tiket penerbangan dengan keberangkatan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta di hari yang sama saat pendaftaran. Keempat, belum check-in untuk penerbangan saat pendaftaran vaksin.

Kelima, memiliki KTP (NIK diperlukan untuk pendataan dan sertifikasi vaksin). Syarat terakhir untuk vaksinasi Covid-19 dari Garuda Indonesia, bagi peserta yang akan vaksinasi dosis kedua harus sudah berjarak minimal 28 hari dari vaksinasi dosis pertama.

Peserta yang akan vaksinasi Covid-19 dari Garuda Indonesia wajib mendaftar dulu. Registrasi dilakukan di lokasi pendaftaran vaksinasi Garuda Indonesia di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (di depan ruang Customer Service Garuda Indonesia - masuk Terminal 3 melalui Gate 5) dari pukul 08.00-16.00 WIB.

Peserta harus datang minimal dua jam sebelum keberangkatan penerbangan. Mereka juga harus membawa atau menunjukkan tiket penerbangan Garuda Indonesia yang berlaku, serta KTP asli.

Bagi yang sudah menjalani vaksin dosis pertama, wajib membawa atau menunjukkan sertifikat vaksin dosis pertama sebelum divaksinasi dosis kedua. Mereka lalu diminta mengisi formulir dan melalui proses medical screening oleh tim medis Garuda Indonesia.

Melalui loket.com

Salah satu link atau layanan yang bisa Anda gunakan adalah yang ada pada situs resmi https://vaksin.loket.com/. Cara daftar vaksinasi covid-19 untuk umum juga mudah seperti yang tertera pada poin-poin berikut ini.

Masuk ke laman tersebut dengan klik di sini (https://vaksin.loket/com).Pilih lokasi yang ingin digunakan sebagai lokasi vaksinasi.

Pilih tanggal kedatangan Anda serta jam kedatangan yang diinginkan.

Lakukan pengisian data dengan lengkap sesuai yang dibutuhkan.

Proses pendaftaran selesai, akan menerima formulir dan vocer pada email atau WhatsApp yang sudah dimasukkan tadi untuk dibawa ketika datang pada jadwal vaksin.

UNESA

Progam vaksinasi Covid-19 ini akan bertempat di Graha Unesa, Jalan Citra Raya Unesa, Lidah Wetan, Lakarsantri, Surabaya. Dan terbuka untuk warga KTP luar kota.

Tata cara pendaftaran vaksin Covid-19 Kegiatan vaksinasi akan dimulai pukul 09.00 WIB sampai selesai. Bagi masyarakat yang hendak mengikuti program vaksinasi di Unesa, berikut cara pendaftaran dan persyaratannya:

1. Usia 18-60 tahun

2. Mendaftar di link https://daftarvaksin.unesa.ac.id/register-umum.

3. Mengunduh Kartu Registrasi dan Lembar Vaksin.

4. Print out dan mengisi Kartu Registrasi dan Lembar Vaksinasi.

5. Pastikan Kartu Registrasi dan Lembar Vaksinasi terisi. 6. Saat kedatangan peserta membawa beberapa dokumen, yakni Kartu Registrasi Lembar Vaksinasi KTP asli dan fotocopy

7. Peserta vaksin datang ke lokasi sesuai jadwal vaksin yang ditentukan di form registrasi.

#elevate women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Amerika Serikat Siapkan Vaksin Covid-19 untuk Anak di Bawah 12 Tahun
Artikel Selanjutnya
Ditolak Masuk Restoran Gegara Enggan Divaksin, Presiden Brasil Makan di Trotoar